7 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan, Jangan Sepelekan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat daun katuk selain bisa dijadikan sebagai pelancar asi. Khasiat daun katuk juga sangat bermanfaat bagi penyembuhan gejala lainnya

Indiffs – Daun katuk sangat banyak manfaat. Pasalnya manfaat daun katuk dapat dimanfaatkan sebagai pelancar asi. Maka tak heran jika daun katuk banyak dikenal sebagai obat memperlancar asi untuk ibu menyusui. 

Daun katuk (Sauropus androgynous) dapat dikenali dari ukurannya yang kecil, berwarna hijau gelap, dan disertai corak keperakan pada bagian tengahnya. Di Indonesia, daun katuk biasa digunakan sebagai bahan masakan, dikonsumsi langsung sebagai menu lalapan, atau dikonsumsi sebagai teh herbal dan suplemen.

Manfaat Daun Katuk

Daun katuk ini mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti protein, kalsium, fospor, Vitamin A dan C, Serta zat antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Berkat kandungan tersebut, daun katuk menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Yakni sebagai berikut:

1. Mencegah Obesitas 

Gejala obesitas adalah masalah kesehatan ketika penderita memiliki berat bedan yang berlebih, akibat penumpukan jaringan lemak yang ada di dalam tubuh. Daun katuk ini dapat mencegah terjadinya obesitas atau dipercaya dapat mengurangi pembentukan jaringan lemak, sehingga baik untuk mengatasi masalah obesitas secara alami.

2. Mengobati Peradangan

Peradangan merupakan respons alami dalam tubuh terhadap infeksi atau cedera, yang cenderung akan membaik dengan sendirinya. Walau begitu, peradangan ini dapat berlangsung dalam waktu lama. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan seperti penyakit jantung ataupun kanker.

Pasalnya daun katu ini mengandung zat antiradang yang dapat mengurangi peradangan secara efektif.

3. Menambah Produksi Asi

Produksi ASI yang dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Daun katuk ini memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar hormon prolaktin, sehingga produksi ASI juga meningkat.

Tak hanya itu, ibu menyusui juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih yang cukup, beristirahat yang cukup, dan mengurangi stres.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat daun katuk ini bisa dijadikan sebagai makanan alami untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan baik serta efektif. Pasalnya, antioksidan, Vitamin C dan A yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dan kandungan ekstrak nya yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur juga sangat baik bagi kesehatan imun tubuh.

Dan salah satu manfaat vitamin C yang dapat mendukung sistem kekebalan imunitas tubuh dengan asupan vitamin C tertentu yang dapat menjaga kekebalan tubuh serta melawan infeksi dari virus, bakteri dan parasit yang mengganggu.

5.  Menurunkan Gula Darah

Kandungan zat yang bersifat antidiabetes yang mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Pasalnya, kadar gula darah tinggi, dalam jangka panjang bisa menyebabkan diabetes.

Seperti yang diketahui diatas, bahwa daun katuk ini dapat mencegah terjadinya obesitas sehingga dapat mengendalikan berat badannya, hal ini dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes dan diabetes cenderung akan menurun.

6. Penyembuhan Luka 

Daun katuk memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Karena kandungan Vitamin C pada daun katuk dapat membantu dalam pembentukan kolagen dan protein pentung dalam pembangunan kulit. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi daun yang memiliki Vitamin C ini yang dapat membantu dalam proses perbaikan luka, sehingga luka lebih cepat sembuh.

7. Meredakan Flu

Kandungan Vitamin C nya tak hanya baik dalam proses penyembuhan luka, kandungannya juga bisa di jadikan sebagai obat flu. Sebab, daun katuk ini juga mengandung efedrin sehingga imun tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan bakteri serta virus jahat yang ada.

Nah, itulah 7 manfaat atau khasiat daun katuk yang wajib kamu ketahui bagi kesehatan tubuh agar tetap sehat dan terjauh dari masalah kesehatan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru