7 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui!

Admin 0 Komentar

Daun kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap dan memiliki aroma yang khas, kuat sehingga banyak disukai orang.

indiffs – Daun kemangi dikenal sebagai salah satu lalapan, bagi pecinta lalapan pastinya selalu memakannya. Kalau kamu membeli pecel ayam di pinggir jalan atau di mana pun, salah satu jenis lalapan yang disajikan adalah daun kemangi. Biasanya lalapan yang tersedia adalah kol, timun, daun kemangi, ada juga yang menambahkan sayuran lainnya.

Kemangi tumbuh di berbagai tempat di seluruh dunia. Banyak orang yang juga menanamnya sendiri untuk kebutuhan dapur, guna digunakan sebagai bumbu masak dan penyedap makanan.

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau manfaat daun kemangi untuk kesehatan ternyata banyak sekali lho. Berikut ini manfaat daun kemagi bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Selera Makan

Aromawangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika banyak orang mengonsumsinya sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau trancam. Manfaatnya yaitu bisa meningkatkan selera makan dan membuat makan menjadi lahap, karena aromanya yang khas.

2. Menyehatkan Kulit

Kemangi dapat membantu membersihkan kulit dari dalam, terutama bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan juga dapat membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan beta-karoten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi kemangi secara berkala juga dapat memperkuat jantung.

4. Melawan Diabetes

Kandungan glikemik yang sangat rendah dapat menyebabkan pelepasan gula dalam darah secara lambat, maka sangat berfungsi bagi penderita diabetes.

5. Mengatasi Flu, Sakit Kepala, Cacingan, dan Sembelit

Berdasarkan penelitian, khasia daun ini ampuh untuk mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit hingga penyakit ginjal.

6. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dipercaya dapat menghambat efek buruk dari paparan radikal bebas setiap hari. Radikal bebas juga diketahui dapat menyebabkan penuaan dini, sehingga dengan rutin mengonsumsinya, maka dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah dan tubuh.

7. Mengatasi Radang Sendi

Radang sendi atau athritis dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kemangi ini dapat membantu untuk meredakan radang sendi karena mengandung beta-caryophyllene yang dapat menjadi senyawa penahan sakit.

Demikianlah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru