7 Manfaat Daun Mint Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Resa Azzahra 0 Komentar

Meskipun ukurannya kecil, manfaat daun mint sudah tak diragukan lagi. Karena memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Wajib diketahui

IndiffsDaun mint merupakan satu di antara herbal populer yang banyak diminati. Daun mint termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh. Meskipun ukurannya kecil, manfaat daun mint sudah tak diragukan lagi. Karena memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Pappermint atau daun mint memiliki nama latin Mentha piperita L. merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat, sehingga sudah dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Pantas saja jika di beberapa produk sehari-haru terdapat kandungan daun mint, seperti pasta gigi, permen karet, obat kumur, penyegar mulut, hingga dijadikan sebagai minyak angin.

Manfaat Daun Mint

Berdasarkan kandungan nutrisinya, ada beberapa kandungan yang menunjukkan potensi daun mint bagi kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut tentunya sangat mengganggu penampilan dan membuat diri menjadi tak percaya diri. Namun, sebaiknya Anda jangan khawatir, karena kandungan yang ada di dalam daun mint dapat membantu untuk menghilangkan bau mulut secara alami.

Wangi dari daun ini mampu menutupi bau mulut. Akan tetapi daun ini tak dapat mengurangi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain dapat menggunakan produk yang terdapat kandungan pappermint, Anda bisa mencobanya dengan mengunyah daun ini mentah-mentah atau bisa juga dengan di jadikan sebagai rebusan teh.

2. Mengatasi Keluhan Pernapasan

Daun mint ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi asma, karena memiliki fungsi sebagai relaksan yang baik dan meredakan hidung tersumbat. Konsumsi daun mint setiap hari dapat memberikan efek menenangkan bagi penderita asma. Mint juga dikenal dapat membersihkan hidung tersumbat, karena kandungan mentolnya dapat membuat pernapasan lebih mudah. Ini juga mengurangi iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun mint juga dapat berperan dalam menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Daun mint akan meningkatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme untuk membantu menurunkan berat badan. Teh mint adalah minuman bebas kalori yang menyegarkan dan akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

4. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat lainnya juga bisa menjadi cara meredakan sakit kepala secara alami. Anda bisa menggunakan minyak esensial daun mint yang bisa dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi kepala akut pada orang dewasa dan anak di atas 6 tahun. Karena minyak esensial daun mint sama khasiatnya dengan asam asetilsalisilat atau parasetamol dalam meredakan sakit kepala tegang.

5. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Minyak esensial dari daun mint bisa meredakan kecemasan dan stres. Khasiatnya ini juga berdampak pada kualitas tidur pada orang yang sedang stres atau memiliki gangguan kecemasan.

Orang dengan kondisi tersebut kerap kali mengalami insomnia. Mereka kadang kesulitan untuk memulai tidur, terus terbangun di malam hari, atau bangun sangat pagi dan tidak bisa melanjutkan tidur kembali. Dengan manfaat dari daun mint, kemungkinan mereka dapat tidur dengan nyenyak. Ada mungkin juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan minum teh ini sebelum tidur.

6. Meredakan Sakit Saat Menyusui

Bagi ibu menyusui pastinya mengalami luka atau pecah-pecah pada bagian puting. Hal ini dapat membuat kegiatan menyusui menjadi lebih sulit. Nah, daun mint ini bisa menjadi cara mengatasi luka pada puting. Karena dengan mengoleskan minyak esensial mint bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan rasa sakit dan puting pecah-pecah.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Khasiat daun mint selanjutnya, dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh seseorang. Daun mint kaya akan fosfor, kalsium, dan vitamin seperti C, D, E, dan A yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi daun ini juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit kronis. Maka dari itu, konsumsilah daun mint secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat daun mint bagi kesehatan yang belum banyak orang menyadari. Jika Anda sudah mengetahui manfaatnya, Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi daun ini secara rutin setiap hari. Karena kandungannya sangat bauk untuk meningkatkan sistem imun.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru