7 Manfaat Daun Selada Bagi Tubuh, Mengandung Banyak Nutrisi!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Daun selada adalah sumber vitamin yang baik seperti vitamin A, vitamin K. Berikut ini manfaat daun selada untuk kesehatan tubuh.

INDIFF.COMSelada memiliki rasa atau aroma yang kurang menggugah selera sehingga daun selada ini kerap dianggap membosankan oleh sebagian orang. Akan tetapi, meskipun begitu daun selada ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Daun Selada

Daun selada merupakan sumber vitamin yang baik seperti vitamin A dan vitamin K. Selain itu, sayuran berdaun hijau ini mengandung mineral zat besi, kalium, folat, kalsium, dan serat yang dapat membantu kebutuhan asupan gizi harian Anda. Berikut ini  manfaat daun selada bagi kesehatan:

1. Mencegah Dehidrasi

Salah satu manfaat selada yang utama adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Kandungan air dalam selada sangat tinggi, bahkan mencapai 96%. Selain itu, selada juga mengandung mineral, vitamin, dan serat, yang bisa membantu tubuh menyerap cairan lebih baik.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada umumnya, kita mendapatkan vitamin C dari buah-buahan. Namun, sayuran hijau yang satu ini juga mengandung sumber vitamin C. Kandungan vitamin C dalam selada juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena memiliki antioksidan yang tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun selada mengandung vitamin A dan vitamin C. Keduanya merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas. Kandungan selada ini juga bermanfaat mencegah kerusakan sel-sel yang dapat berujung pada penyakit jantung.

4. Merawat Kecantikan Kulit

Kekurangan asupan vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang. Sementara itu, kekurangan vitamin C bisa membuat kulit cepat keriput, kendur, dan kusam. Dengan rutin mengonsumsi daun selada yang kaya kandungan vitamin A dan vitamin C berkhasiat membantu merawat kulit Anda agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut.

Kandungan air yang tinggi dalam daun selada juga bisa menjaga kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak kering atau bersisik.

5. Mencegah Terjadinya Alzheimer

Manfaat daun selada selanjutnya adalah mencegah alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara. Nah, dengan mengonsumsi daun selada akan mencegah terjadinya penyakit alzheimer ini. Pasalnya, selada kaya akan vitamin K yang sangat baik untuk mencegah kerusakan saraf otak. Selain baik untuk otak, vitamin K juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan sel tulang.

6. Menurunkan Berat Badan

Meski belum ada penelitian yang secara khusus mengaitkan selada dengan penurunan berat badan, kandungan air dan serat yang tinggi di dalam selada bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Oleh karena itu, selada dapat dimasukkan sebagai bagian dari menu diet sehat Anda.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Selada diketahui mampu meningkatkan ketajaman penglihatan, mencegah kerusakan retina, dan menjaga kesehatan mata secara menyeluruh. hal tersebut berkat kandungan beta karoten dan vitamin A yang ada didalam daun selada ini. Oleh sebab itu, Anda disarankan menambahkan 1-2 porsi selada ke dalam menu makan guna memenuhi kebutuhan vitamin ini.

Demikian manfaat daun selada bagi kesehatan tubuh. Namun perlu diketahui, sebelum mengonsumsi selada, pastikan Anda mencucinya dengan bersih. Saat akan mencuci selada, tarik daunnya untuk mencuci kotoran yang terdapat di sela-sela daun, kemudian keringkan. Pilihlah daun selada yang baik dan segar, selain itu sebaiknya konsumsi selada yang sudah dimasak.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru