7 Manfaat Frugal Living, Gaya Hidup Yang Cocok Buat Anak Muda

Wiwin Indriani 0 Komentar

Gaya hidup hemat ini tentunya memiliki manfaat bagi mereka yang ingin menerapkannya. Berikut manfaat frugal living yang perlu diketahui.

INDIFFS.com – Sering kali frugal living disebut sebagai orang yang pelit. Padahal, gaya hidup ini adalah lebih mengedepankan kebutuhan ketimbang keinginan semata. Orang-orang yang hidup dengan frugal living ini tahu dan cermat dalam mengaloaksikan uangnya. Terdapat sejumlah manfaat frugal living bila menerapkan nya.

Manfaat Frugal Living

Kebiasaan hidup hemat ini tentunya memiliki manfaat bagi mereka yang ingin menerapkan nya. Berikut manfaat frugal living yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Mempercepat Proses Menabung

Frugal living adalah tentang bagaimana kamu bisa menghabiskan lebih sedikit uang, maka secara alami pengeluaran bulanan kamu pun akan ikut berkurang. Dengan mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak menjadi prioritas, kamu bisa memiliki budget lebih banyak untuk pengeluaran yang memang prioritas. Jika kamu tidak atau mengurangi membeli barang konsumtif, kamu dapat mempercepat proses menabung untuk mencapai tujuan finansial.

2. Pensiun Dini

Bagi kamu yang berencana untuk pensiun dini, bisa mulai menerapkan gaya hidup frugal untuk membantu mu mencapai tujuan tersebut. Jika kamu menghitung jumlah biaya yang harus kamu siapkan untuk pensiun nanti, tentu jumlahnya akan sangat banyak.

Apabila kamu sudah mulai menerapkan gaya hidup hemat sejak dini, maka kamu tidak perlu merasa kewalahan saat mendekati waktu pensiun yang telah kamu tentukan. Apalagi jika kamu juga sudah giat berinvestasi, kamu sekaligus bisa mendapatkan keuntungan yang bisa dimanfaatkan sebagai biaya hidup saat sudah pensiun nanti.

3. Banyak Uang untuk Ditabung dan Diinvestasikan

Manfaat utama dari frugal living adalah kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Dengan kata lain, semakin sedikit uang yang kamu habiskan, akan semakin banyak pula uang yang bisa kamu simpan. Kebiasaan menabung dan berinvestasi dengan menerapkan gaya hidup hemat bisa membantu kamu meningkatkan situasi finansial.

4. Hidup Lebih Hemat

Sudah dapat dipastikan kamu akan lebih berhemat ketika menerapkan gaya frugal living di kehidupan sehari-hari. Sebelum membeli sebuah barang yang dibutuhkan, tentunya kamu akan mempertimbangkan aspek kualitas ketimbang harga murah. Kamu juga pasti tidak akan melewatkan tawaran atau promo menarik yang kebetulan tengah berlangsung.

5. Dapat Menahan Diri

Hal yang paling terasa adalah kamu mampu menahan diri dari godaan belanja setiap hari. Setelah menerapkan gaya hidup ini, pikiran kamu adalah bagaimana mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga murah.

Namun, kamu juga bisa membatasi diri untuk tidak membelanjakan uang lebih banyak karena sudah memiliki target di depan mata. Misalkan saja kamu akan menyiapkan dana pensiun dini atau malah ingin merdeka finansial di usia muda.

6. Baik untuk Lingkungan

Frugal living bisa membuatmu punya lebih sedikit barang. Gaya hidup seperti ini baik untuk lingkungan. Barang yang tidak terpakai jadi sedikit. Hal ini tentu saja baik, karena barang-barang tersebut sering kali berakhir di tempat pembuangan.

Padahal, produksi sebuah barang membutuhkan banyak energi. Salah satunya adalah bensin yang dipakai untuk transportasi barang tersebut. Itulah mengapa, ketika tidak punya banyak barang, kamu melakukan kebaikan untuk lingkungan.

7. Bantu Meraih Kemandirian Finansial

Menerapkan gaya hidup frugal bisa membantu mu agar dapat mandiri secara finansial. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak menjadi prioritas dan tidak berutang untuk membeli barang konsumtif, artinya kamu telah bergerak menuju kemandirian finansial. Lewat frugal living, kamu bisa memanfaatkan uang dengan skala prioritas yang sesuai dengan cara mu sendiri.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru