7 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan, Lebih dari Sekadar Rempah

Hannii 0 Komentar

Dikenal sebagai rempah yang menjadi pengobatan herbal jaman dulu, Inilah manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh.

IndiffsKapulaga adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan dan pengobatan tradisional. Beberapa manfaat kesehatan dari rempah-rempah yang pedas dan beraroma jeruk ini sekarang sedang dipelajari secara modern. Lantas, apa saja manfaat Kapulaga untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Kandungan Kapulaga

Berbagai nutrisi yang dikandungnya adalah alasan mengapa kapulaga telah diandalkan sejak lama. Berikut kandungan yang terdapat di dalamnya:

  • 18 kalori
  • 2 gram (g) karbohidrat
  • 0,6 kalori
  • 22,2 g kalsium
  • 64,9 miligram (mg) kalium
  • 10,3 fosfor
  • 13,3 magnesium

Kapulaga juga mengandung senyawa alami dengan sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jadi, tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba rempah yang satu ini.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Tak hanya membuat masakan semakin terasa lezat, kapulaga juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan:

1. Melindungi Hati dan Turunkan Berat Badan

Tingkat antioksidan dalam kapulaga cukup tinggi sehingga ekstrak kapulaga dapat menurunkan peningkatan enzim hati, trigliserida dan kadar kolesterol. Mereka juga dapat mencegah pembesaran hati dan berat hati, yang mengurangi risiko penyakit hati berlemak.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen kapulaga dapat menurunkan lingkar pinggang dan mencegah perilaku cemas maupun per-lemakan hati. Manfaat ini memiliki hubungan dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada rempah tersebut.

2. Menghilangkan Halitosis atau Bau Mulut

Kapulaga adalah rempah-rempah aromatik yang meninggalkan aroma segar yang tertinggal di mulut kamu saat kamu mengunyah nya. Mengunyah biji atau daun kapulaga setelah makan atau kapan pun, dapat membantu menyegarkan napas maupun mulut Sehingga Anda terhindar dari bau mulut dan membantu menghilangkan halitosis.

3. Membantu Atasi Masalah Pencernaan

Selama ribuan tahun, manfaat kapulaga telah digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Kapulaga juga sering dicampur dengan rempah-rempah herbal lain untuk menghilangkan ketidak-nyamanan pada perut, mual, dan muntah.

Dalam sebuah penelitian terhadap tikus, kapulaga juga telah terbukti mengurangi jumlah dan ukuran tukak lambung.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kapulaga dianggap dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah studi di mana 20 orang dewasa penderita hipertensi diberi 3 gram bubuk kapulaga per hari.

Setelah 12 minggu, tekanan darah para penderita pun menurun secara signifikan dalam angka normal. Temuan ini dipengaruhi oleh tingginya tingkat antioksidan dalam kapulaga.

4. Mengandung Senyawa Penangkal Kanker

Senyawa dalam rempah ini dapat membantu melawan sel kanker. Studi pada tikus menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas enzim tertentu yang membantu melawan kanker.

Rempah-rempah ini juga dapat menyerang sel penyebab tumor. Satu penelitian turut menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang terdapat dalam rempah-rempah ini, dapat menghentikan sel kanker agar tidak berkembang biak.

5. Mengobati Infeksi

Manfaat kapulaga memiliki efek antibakteri yang dapat mengobati infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga dan minyak atsiri mengandung senyawa yang dapat melawan beberapa jenis bakteri.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat kapulaga yang satu ini.

6. Melindungi Diri dari Penyakit Kronis

Kapulaga memiliki senyawa yang dapat melawan peradangan. Peradangan jangka panjang yang terjadi dalam tubuh tentu dapat menyebabkan penyakit kronis.

Antioksidan yang dapat melawan peradangan yang ditemukan dalam kandungan nutrisi kapulaga. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan peradangan terjadi.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa manfaat kapulaga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini dipengaruhi oleh aktivitas antioksidannya yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung.

Dalam penelitian tersebut, tikus yang mendapat kapulaga memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

Itulah kandungan dan manfaat kapulaga untuk kesehatan. Bagaimana? Sudah tertarik mencoba rempah ini untuk menjaga tubuh selalu sehat dan bugar? Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru