7 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan, No.4 Paling Dicari!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kayu secang merupakan tanaman herbal yang biasanya diolah dengan cara direbus dan diminum. Apa saja manfaat kayu secang? Yuk, cari tau.

Indiffs – Manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh sangat baik, khasiat dari kayu ini dapat menangkal radikal bebas serta mencegah berbagai penyakit seperti diabetes. Kayu secang ini sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional yang dikonsumsi dengan memanfaatkan kayu atau batang tanaman.

Tanaman yang bernama ilmiah Caesalpinia sappa ini merupakan salah satu pohon yang merupakan keluarga dari polong-polongan yang tumbuh di wilayah pegunungan atau belerang. Kayu pohon secang ini dapat diolah menjadi minuman herbal yang dicampur dengan rempah-rempah, ekstrak, direbus dan bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan.

Namun banyak yang tak menyangka, bahwa kayu secang ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kayu secang memiliki kandungan Saponin, Brazilin, Flavonoid, Tanin dan Polifenol yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kayu Secang

Umumnya, khasiat kayu secang tersebut dianggap hanya bekerja jika diracik dengan bahan-bahan tertentu seperti jahe, serai, dan lain sebagainya. Namun, ternyata ada beberapa manfaat tersendiri dari tanaman secang tersebut.

Lalu, apa saja manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh tersebut? Simak berikut ini:

1. Obat Bisul Alami

Kayu secang ini dipercaya dapat mengobati bisul. Akan tetapi, jika kamu ingin memanfaatkan kayu secang, sebaiknya ketahui dulu kandungan kayu secang dan pastikan penderita penyakit kulit tak memiliki alergi dari salah satu atau beberapa kandungannya. Jika aman, kamu bisa menggunakan khasiat nya secara rutin dengan meminum air rebusan nya.

2. Menjaga Dari Radikal Bebas

Radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya risiko penyakit mematikan, hal nya seperti kanker yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Radikal bebas dapat terkandung dari dalam polusi udara dan sebagainya. Manfaat kayu secang dapat membantu mengatasinya dengan menawarkan kandungan antioksidan di dalamnya, dan dipercaya kandungan antioksidan di dalamnya diklaim lebih tinggi dari pada buah blueberry.

3. Obat Diare Alami

Selain beberapa manfaat diatas, kayu secang ini bisa di jadikan sebagai obat alami untuk mengobati diare. Pasalnya, kandungan di dalamnya terbukti dapat mengobati diare yang disebabkan adanya bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Sifat antibakteri mampu membunuh bakteri penyebab diare dan meningkatkan bakteri baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Mengatasi Jerawat

Manfaat yang lainnya, kayu secang bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat secara alami yang berfungsi sebagai obat jerawat alami. Jerawat adalah salah satu gangguan kulit akibat dari adanya kotoran. Kandungan Brazilin kayu secang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

5. Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi air rebusan kayu secang mampu mengontrol sekaligus menurunkan gula darah dalam tubuh. Jika gula darah dalam tubuh sudah ter-kontrol dengan baik, risiko diabetes tipe 2 dapat diturunkan. Manfaat kayu secang yang satu ini sangat baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin.

6. Mencegah Kerusakan Sel Saraf

Tanaman herbal yang satu ini dipercaya dan dinilai mampu mencegah kerusakan sel saraf. Jika ingin mengonsumsi kayu secang, disarankan untuk tidak dibarengi dengan obat lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya interaksi obat terhadap kandungan dalam kayu secang.

7. Mencegah Terjadinya Sel Tumor

Tumor dikenal oleh medis dengan 2 kategori, yakni tumor jinak dan ganas serta akan tumbuh menjadi kanker. Dari kandungan ekstrak kayu secang dapat mencegah terjadinya tumor pada tubuh. Sehingga, kayu secang dapat dikonsumsi dalam takaran yang tepat dalam mengatasi masalah perkembangan sel tumor dan kanker.

Nah, itulah 7 manfaat kayu secang atau khasiat kayu secang yang perlu diketahui bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru