7 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan Tubuh, No.4 Wajib Kamu Tau!

Hani Hnsa 0 Komentar

Manfaat kismis bisa kamu dapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalam nya. Dalam 28 gram kismis terdapat 84 kalori dan beragam nutrisi.

Indiffs – Kismis merupakan salah satu makanan yang bisa dengan sangat mudah dijumpai di banyak toko di Indonesia. Baik dijual secara eceran maupun sebagai hiasan di atas roti, kita bisa menemui kismis dengan sangat mudah. Ternyata, manfaat kismis bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak, lho!

Kismis menjadi salah satu buah kering yang sehat dan bergizi. Anggur yang dikeringkan ini berasal dari Timur Tengah dan perlahan menjadi populer di negara-negara Eropa.

Dulunya, kismis dijadikan sebagai obat untuk mengatasi keracunan makanan. Saat ini, kismis semakin sering dikonsumsi oleh banyak orang karena bisa ditambahkan ke dalam smoothie, oatmeal, atau yogurt untuk meningkatkan energi.

Kandungan Nutrisi Kismis

Manfaat kismis bisa kamu dapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalam nya. Dalam 28 gram (3 sendok makan) kismis terdapat 84 kalori dan beragam nutrisi lainnya, seperti:

  • Karbohidrat dan gula
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin, yaitu vitamin C dan vitamin B6
  • Mineral, yaitu zat besi, magnesium, dan kalsium

Selain itu, kismis juga tinggi akan kandungan antioksidan. Jenis antioksidan yang banyak terkandung dalam kismis adalah fenol dan polifenol.

Manfaat Kismis

Kismis mengandung vitamin, serat dan mineral, serta bebas dari lemak dan kolesterol jahat. Kandungan nutrisi kismis ini bisa memberikan berbagai khasiat kesehatan untuk tubuh. Maka, kismis dalam porsi tepat dapat membantu kamu memperoleh beberapa manfaat berikut ini:

1. Mencegah Anemia

Kismis kaya akan zat besi yang berperan untuk mencegah anemia. Selain zat besi, kismis juga mengandung tembaga atau vitamin lainnya yang diperlukan dalam proses pembentukan sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

2. Membantu Pencernaan

Kismis mengandung serat yang memiliki efek laksatif pada perut dan melegakan konstipasi. Konsumsi harian kismis mampu membantu melancarkan buang air besar dan membantu pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Beberapa kandungan nutrisi dalam kismis, seperti asam oleanolat, asam linoleat dan asam linolenat memiliki sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini dapat bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab masalah pada gigi, seperti gigi berlubang dan radang gusi.

4. Mencegah Kanker

Seperti yang telah disebutkan bahwa kismis mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah penyebaran dan juga pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Dengan kata lain, manfaat buah ini yang lainnya adalah mencegah penyakit kanker pada tubuh.

5. Membantu Diet

Jurnal Food and Nutriotion Research menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi kismis memiliki berat badan lebih rendah dan lingkar badan lebih kecil.

Penelitian ini pun mengungkapkan, orang yang mengonsumsi salah satu jenis buah yang dikeringkan ini pun memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami obesitas. Mengonsumsi buah kering memang sering dikaitkan dengan memiliki berat badan yang lebih rendah, tidak mengalami obesitas dan lingkar pinggang yang lebih kecil.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kismis bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi karena kismis mengurangi tekanan darah dan kadar gula darah. Lalu, kismis yang mengandung potasium berkontribusi untuk merelaksasi pembuluh darah, penyakit jantung dan stroke.

7. Melancarkan Buang Air Besar

Kamu yang memiliki masalah pencernaan, bisa mengkonsumsi kismis sebagai obat alaminya. Mengapa? Buah kismis mengandung serat yang tinggi. Serat ini merupakan salah satu makanan yang diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan BAB atau sembelit. Dengan rutin memakan buah kismis sebagai camilan, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat kismis untuk mencegah BAB keras.

Itulah 7 manfaat kismis bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru