7 Manfaat Minyak Alpukat Bagi Kesehatan, Bantu Atasi Keriput!

Resa Azzahra 0 Komentar

Minyak alpukat memiliki kandungan omega-9 yang bisa digunakan dalam menjaga kesehatan. Untuk itu simak, beikut manfaat minyak alpukat lainya

INDIFFS.COM – Alpukat yang sering dianggap sebagai salah satu makanan teratas untuk gaya hidup sehat. Dan minyak alpukat adalah salah satu minyak paling sehat, untuk itu manfaat dari minyak alpukat ini memang sudah tak diragukan lagi akan khasiat nya.

Minyak alpukat tak hanya sehat. tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan aroma untuk makanan, dan dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng, mentega dan margarin lainnya. Minyak ini dibuat dari ekstrak buah alpukat yang mengandung asam oleat, yakni jenis asam lemak omega-9.

Asam oleat merupakan jenis minyak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan serta diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Selain asam oleat, minyak alpukat juga mengandung vitamin A dan vitamin E serta sumber lutein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

Manfaat Minyak Alpukat

Tak hanya bermanfaat bagi pengidap kolesterol dan darah tinggi saja, berikut beberapa manfaat minyak alpukat bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Minyak alpukat kaya akan asam oleat, asam lemak omega-9 dan secara alami ditemukan dalam minyak hewani dan nabati, yang diyakini oleh para ilmuwan dapat meningkatkan aliran darah ke otot selama berolahraga, dan senyawa tersebut membantu merangsang enzim yang mengangkut lemak ke otot, di mana ia dapat disimpan untuk energi.

Selain itu, minyak alpukat kental dan dikemas dengan nutrisi, sehingga dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Vitamin, mineral, dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak alpukat juga membantu meningkatkan pencernaan, membantu memproses makanan dengan lebih efisien.

2. Menurunkan Kolesterol

Minyak alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal dan rendah lemak jenuh. Ini juga bebas kolesterol. Menambahkan minyak ini ke dalam makanan Anda dapat membantu menurunkan kadar lemak densitas rendah (LDL) atau kolesterol “jahat”. Ini adalah pilihan diet yang sangat baik untuk penderita diabetes.

3. Dapat Mengatasi Kanker

Minyak alpukat kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal, omega 9 EFA yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun. Salah satu dari banyak manfaat asam oleat adalah menurunkan risiko kanker. Asam lemak omega 3, juga ditemukan dalam minyak alpukat, dikenal sebagai anti-karsinogen yang membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker, khususnya yang menyebabkan kanker payudara dan usus besar. Alpukat juga mengandung glutathione antioksidan anti-karsinogenik.

4. Mengatasi Keriput

Kadar protein tinggi yang ditemukan dalam minyak alpukat dikombinasikan dengan berbagai kandungan asam amino membuat minyak ini sangat baik untuk regenerasi jaringan dan pembaruan sel. Minyak alpukat meningkatkan tingkat produksi kolagen tubuh. Vitamin A dan D, yang ditemukan dalam minyak alpukat, dapat meningkatkan produksi dan pengikatan kolagen. Mengkonsumsi atau mengoleskan minyak alpukat secara topikal dapat memperlambat proses penuaan kulit Anda.

5. Mengobati Kerusakan dan Iritasi

Minyak alpukat sangat penetratif dan diyakini diserap melalui epidermis dan ke dalam lapisan dermal kulit, yang sebagian besar pelembab dan minyak tidak dapat melakukannya. Minyak alpukat telah dikenal untuk mengobati kulit kering, bersisik dan terbakar sinar matahari. Digunakan dari waktu ke waktu, minyak init dapat mengurangi munculnya kerusakan ringan akibat sinar matahari, bintik-bintik penuaan dan jaringan parut.

Kandungan Omega 3 dan vitamin E yang ditemukan dalam minyak alpukat juga menjadikannya pilihan tepat untuk mengobati iritasi kulit, seperti eksim, psoriasis, tumit pecah-pecah, ketombe, serta gigitan dan sengatan serangga. Lapisan tipis minyak alpukat pada kulit Anda sangat membantu.

Pijat langsung ke kulit Anda atau tambahkan beberapa tetes saja, atau dengan minyak essential ke air mandi Anda, terutama selama musim dingin untuk membantu mempertahankan kelembapan. Untuk menangkal kulit kering, coba campurkan minyak alpukat dan minyak zaitun dan pijatkan ke kulit Anda setelah mandi.

6. Membantu Mengobati Penyakit Periodontal

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak alpukat menghambat elemen yang dikenal sebagai molekul sitokin pro-inflamasi, sehingga mengurangi peradangan. Cobalah menarik minyak dengan kombinasi minyak alpukat dan minyak kedelai untuk membantu mengendalikan peradangan, yang dapat membantu dalam menghambat erosi tulang pada gigi Anda.

7. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Nutrisi yang sama yang memberi makan kulit Anda, juga memberi makan rambut Anda. Setelah membersihkan rambut, oleskan minyak alpukat saja, atau dicampur dengan minyak essential, ke rambut dan kulit kepala Anda. Ini akan memperbaiki struktur rambut Anda yang sudah ada, sekaligus mendorong pertumbuhan rambut baru. Minyak alpukat juga merupakan sumber lesitin, yang merupakan zat lemak yang bertindak sebagai pelumas dan pengemulsi. Ketika dioleskan, lesitin memberikan lapisan pelindung pada folikel rambut dan kulit, yang membantu mencegah hilangnya kelembapan akibat angin dan iklim yang keras. Untuk perawatan rambut

Dan itulah 7 manfaat minyak alpukat yang mungkin belum Anda ketahui.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru