7 Manfaat Okra Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Resa Azzahra 0 Komentar

Okra adalah buah polong-polongan berbentuk kapsul yang dihasilkan dari tanaman berbunga. Manfaat okra sangat baik bagi kesehatan tubuh

IndiffsOkra adalah buah polong-polongan berbentuk kapsul yang dihasilkan dari tanaman berbunga bernama Abelmoschus esculentus. Okra ini sama seperti sayur dan buah yang lainnya. Namun manfaat okra ini sangat beragam, karana memiliki sumber makanan nabati yang kaya akan antioksidan serta mempunyai sifat antimikroba dan antiradang yang baik. 

Okra dilapisi bulu karena sebetulnya masih termasuk ke dalam keluarga perdu atau kapas-kapasan (Malvaceae). Tanaman induk okra masih bersaudara dengan pohon kapuk randu, pohon cokelat (kakao), tembakau, serta bunga kembang sepatu.

Manfaat Sayur Okra

Jika Anda sering mengonsumsi sayur okra akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

1. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Kandungan Vitamin K yang dapat berperan dalam proses pembekuan darah serta pembentukan tulang. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi cukup Vitamin K akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan tak akan mudah pada maupun sakit pinggang.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sayur okra ini sangat bermanfaat dalam mencegah konsipasi dan menjaga saluran cerna agar tetap sehat. Serat dalam kandungannya dapat membuat Anda lebih kenyang dengan jangka waktu yang lama, sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan proses diet.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Okra termasuk salah satu sumber makanan yang baik dalam mengurangi kadar kolesterol. Kandungan polisakarida dapat menurunkan kolesterol karena mempunyai kemampuan untuk mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati. Diketahui juga, kandungan minyak biji okra dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Pektin dapat membantu menurunkan kolesterol hanya dengan mengubah cara pembuatan empedu di dalam usus. Empedu akan bekerja lebih efisien untuk menyerap lebih banyak lemak dari sisa makanan di usus. Kolesterol dan lemak yang berlebih pada akhirnya akan dikeluarkan bersama hasil sisa makanan lainnya dalam bentuk feses.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain tinggi serat tidak larut, sayur bendi juga cukup tinggi kandungan serat larutnya. Terutama dalam bentuk gum dan pektin. Kedua jenis serat ini membantu menurunkan serum kolesterol dalam darah, yang mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Serat nya juga dapat memperlambat perkembangan penyakit jantung pada pengidap.

5. Mencegah Kanker

sejumlah protein di dalamnya, dan bisa mengatasi lektin. Lektin adalah jenis protein yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Jenis protein ini berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker dan menghentikan perkembangannya. Dengan memperlambat pertumbuhan el kanker hingga 62&, 72% membunuh pertumbuhannya.

6. Dapat Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Okra merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, tapi kaya akan serat dan beragam nutrisi, seperi protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, okra baik dikonsumsi untuk mendukung keberhasilan program diet. Namun, agar manfaat okra ini bisa Anda peroleh secara optimal, Anda juga perlu rutin berolahraga dan membatasi asupan kalori.

7. Meredakan Asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membantu mengatasi masalah penyakit asma. pasalnya penderita asma yang kekurangan Vitamin C lebih sering mengalami kambuh yang menandakan kurang nya kebutuhan Vitamin C. Untuk itu, dengan rutin mengonsumsi okra bisa menjadi pilihan dalam menjaga kesehatan asma.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru