7 Manfaat Sayur Kale Untuk Kesehatan Tubuh, Perlu Diketahui

Wiwin Indriani 0 Komentar

Berkat kandungan nutrisinya seperti kaya akan karbohidrat, serat, kalium, dan vitamin. Terdapat manfaat sayur kale untuk kesehatan tubuh.

INDIFFS.com – Nutrisi yang ada dalam kale dapat menjadi asupan bagi tubuh. Kale merupakan sayuran silangan seperti kubis, brokoli, kembang kol, collard greens, dan kubis Brussel. Nah, simak berikut untuk mengetahui manfaat sayur kale untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Sayur Kale

Berkat kandungan nutrisi nya seperti kaya akan karbohidrat, serat, kalium, vitamin, hingga antioksidan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat sayur kale untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Vitamin K

Vitamin K adalah nutrisi yang sangat penting untuk pembekuan darah, dan melakukan ini dengan “mengaktifkan” protein tertentu dan memberi mereka kemampuan untuk mengikat kalsium.

Bentuk vitamin K pada kale adalah K1 yang berbeda dengan vitamin K2. Vitamin ini ditemukan dalam makanan kedelai yang difermentasi dan produk hewani tertentu. Ini membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kale mengandung sequestrants asam empedu, yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Ini dapat menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung dari waktu ke waktu. Salah satu studi menemukan bahwa minum jus kale setiap hari selama 12 minggu meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik sebesar 27% dan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat sebesar 10%.

3. Melawan Sel Kanker

Di dalam sayur kale sebenarnya sarat dengan senyawa yang dipercaya memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Salah satunya adalah sulforaphane, zat yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler. Kale juga mengandung indole-3-carbinol, zat lain yang dipercaya dapat membantu mencegah kanker.

4. Membantu Turunkan Berat Badan

Kale sangat rendah kalori tetapi masih memberikan jumlah signifikan yang akan membantu merasa kenyang. Karena rendah kalori dan kandungan air yang tinggi, kale memiliki kepadatan energi yang rendah.

Makan banyak makanan dengan kepadatan energi rendah telah terbukti membantu penurunan berat badan menurut banyak penelitian. Sayuran kale juga mengandung sedikit protein dan serat, yang merupakan dua nutrisi terpenting dalam hal menurunkan berat badan.

5. Sumber Mineral yang Baik

Kale mengandung potasium, mineral yang membantu menjaga gradien listrik dalam sel-sel tubuh. Asupan kalium yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Keuntungan yang dimiliki kale dibandingkan sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah rendahnya oksalat, zat yang ditemukan di beberapa tanaman yang dapat mencegah penyerapan mineral.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang fungsinya cukup vital karena sangat penting dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata yaitu bisa dengan rutin mengonsumsi sayuran daun kale.

Manfaat daun kale untuk kesehatan mata dibuktikan dengan adanya kandungan lutein dan zeaxanthin, sebagai dua jenis karotenoid untuk melindungi mata dari risiko degenerasi makula serta katarak

7. Kaya Vitamin C

Kale mengandung vitamin C yang lebih tinggi daripada kebanyakan sayuran lainnya, bahkan mengandung sekitar 4,5 kali lebih banyak dari bayam. Manfaat sayur kale sebenarnya adalah salah satu sumber vitamin C terbaik di dunia. Dalam ukuran berat yang sama, kale mentah mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk utuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru