7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Dini NHaH 0 Komentar

Wortel merupakan sayuran bergizi yang paling mudah didapatkan. Ternyata tak hanya untuk mata, wortel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

indiffsWortel merupakan salah satu sayuran yang digemari oleh banyak orang. Sebab, dibalik kerenyahan dan kelezatannya, ada banyak manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh, mulai dari menjaga kesehatan mata hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Wortel dengan warna khas orange ini merupakan sayuran yang kaya akan serat, vitamin, antioksidan, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ini pastinya sudah lama dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Memang benar wortel adalah jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata. Sebab, memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Konsumsi sayuran ini juga dapat menurunkan risiko untuk penderita penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara. Hal ini karena wortel merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, antosianin. Kandungan tersebut mampu melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh, sehingga dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

3. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan vitamin B  dalam sayuran ini dapat memecah lemak, glukosa, dan protein. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat memastikan energi dipakai secara efisien oleh tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan

Enzim pencernaan bermanfaat mencegah diuretik. Diuretik merupakan obat untuk membuang kelebihan garam dan air. Wortel ini bisa menjadi diuretik alami untuk melancarkan buang air kecil.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan beta karoten yang tinggi dan flavonoid memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan hati. Kedua kandungan ini, sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi kesehatan. Untuk memudahkan konsumsinya berbagai olahan wortel seperti jus atau diolah menjadi minuman agar lebih menyenangkan.

6. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Dengan gula darah yang terkontrol, penyakit diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf. Nah jadi sayuran ini sangat baik untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Melalui kandungan kalsium, fosfor, vitamin A, dan beta karoten bisa mengambil manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Zat tersebut dinilai mampu untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Demikianlah mengenai manfaat wortel untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan sehat selalu ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru