7 Obat Alami Reumatik yang Bisa Di Terapkan Dalam Sehari-Hari

Resa Azzahra 0 Komentar

Memiliki gejala rematik yang sulit untuk disembuhkan? Berikut obat alami reumatik yang bisa meringankan rasa sakit yang dirasakan.

INDIFFS.COM – Reumati atau Rheumatoid Arthriistis (RA) merupakan penyakit auto imun yang secara signifikan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Obat-obatan dapat membantu mengelola gejala dan beberapa orang juga mendapatkan manfaat dari pengobatan atau obat alami reumatik.

Penyakit reumatik atau yang sering dikenal dengan istilah rematik adalah nyeri pada otot, jaringan ikat, sendi atau tulang. Penyakit ini biasanya menyerang sendi kaki dan tangan, ruas jari-jari kaki dan tangan, lutut, tumit serta leher. 

Perlu diketahui bahwa penyakit rematik susah untuk disembuhkan. Akan tetapi pemberian obat medis dan beberapa bahan alami mampu untuk membantu mengurangi nyeri rematik.

Obat Alami Reumatik

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), terapi fisik yang ditargetkan dapat bermanfaat bagi orang yang hidup dengan RA. Ini mungkin melibatkan peregangan, olahraga, dan bergantian antara panas dan dingin. Untuk itu berikut beberapa obat alami reumatik yang bisa kamu gunakan dalam sehari-hari:

1. Peregangan

Peregangan otot disekitar sendi yang terkena dapat meredakan gejala RA, karena peregangan sederhana dan latihan penguat dapat membantu meringankan gejala RA di tangan dan dipergelangan tangan.

2. Latihan

Selain melakukan peregangan yang ditargetkan, beberapa bentuk latihan dinamis dan rendah stres dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki gejala RA. aktivitas seperti bersepeda dan berenang dapat memperkuat otot-otot di sekitar sendi yang terkena. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak keseluruhan pada sendi dan memperlambat perkembangan RA.

3. Panas dan Dingin

panas atau dingin untuk meredakan nyeri pada persendian. Beberapa orang mungkin menemukan bantuan sementara dari pemanasan atau pendinginan area yang sakit ini. Di rumah, seseorang dapat menggunakan kompres panas atau es. Akan tetapi, jangan pernah menaruh es langsung di kulit. Bungkus terlebih dahulu dengan handuk.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat penting untuk mengobati nyeri sendi. Namun, terlalu banyak istirahat atau gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat memperburuk nyeri sendi. Bekerja dengan dokter atau ahli terapi fisik dapat membantu memastikan bahwa seseorang menemukan keseimbangan yang tepat antara istirahat dan latihan penguatan.

5. Menjaga Pola Makan

Efek dari pola makan nabati pada kadar protein yang diketahui menyebabkan peradangan. Para peneliti menyimpulkan bahwa pola makan vegan yang kaya buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian secara signifikan mengurangi peradangan sistemik pada peserta. Seseorang juga harus menghindari makanan olahan, mentega, minyak, gula, dan produk hewani.

6. Yoga

Yoga juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan RA dan meningkatkan kualitas hidup, menurut tinjauan penelitian 2017. Seperti halnya latihan lainnya, lakukan modifikasi yang kamu butuhkan untuk meminimalkan stres sendi dan menghindari rasa sakit. Kamu juga dapat mencoba menggunakan alat peraga jika memerlukan bantuan dengan pose tertentu.

7. Konsumsi Minyak Ikan Omega-3

Dr. Rosian mengatakan dosis khas untuk mengatasi peradangan adalah 1.000 miligram dua kali sehari. Namun, minyak ikan dapat mengganggu obat resep tertentu lainnya, jadi kamu harus selalu berbicara dengan dokter sebelum mulai meminumnya.

Dan itulah 7 obat alami reumatik yang bisa kamu ketahui dan kamu terapkan dalam sehari-hari.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru