7 Olahraga Yang Bisa Membantu Kurangi Nyeri Saat Haid, Ampuh!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Jika seringkali mengalami nyeri saat haid, di sarankan untuk melakukan olahraga yang bisa membantu kurangi rasa sakit.

INDIFFS.COMNyeri haid merupakan keluhan yang umum dirasakan oleh wanita selama menstruasi. Jika seringkali mengalami nyeri saat haid, kamu di sarankan untuk melakukan olahraga. Karena, olahraga dapat meningkatkan mood dan melancarkan sirkulasi darah. Terdapat beberapa olahraga yang bisa membantu kurangi nyeri haid.

Olahraga Kurangi Nyeri Haid

Berikut ini ada beberapa olahraga yang dapat membantu kurangi nyeri haid:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki diketahui dapat membantu masalah kardiovaskular dan kesehatan umum jika dilakukan selama 30 menit setiap hari. Olahraga ringan seperti jalan santai ini terbukti dapat meringankan keluhan yang muncul saat menstruasi. Misalnya nyeri atau kram perut, sakit kepala, perut kembung, dan nyeri payudara.

Menurut sebuah penelitian, sebuah kelompok yang melakukan latihan aerobik menemukan adanya peningkatan gejala haid. Selama gejala haid terburuk, aktivitas ringan seperti berjalan kaki mungkin merupakan pilihan terbaik.

2. Pelvic Tucks

Gerakan ini mengharuskan kamu merebahkan diri di lantai atau matras yoga, sambil melebarkan kaki. Setelah itu lakukan gerakan pinggang naik-turun, seperti halnya push-up, namun hanya pinggang saja yang bergerak.

Hal ini menyebabkan darah untuk bersikulasi ke otot punggung bawah, sehingga nyeri haid yang muncul di area itu bisa diringankan. Dengan melakukan pelvic tucks, diharapkan gerakan ini dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

3. Yoga

Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas seperti yoga. Jenis olahraga tersebut dapat membantu merilekskan tubuh dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara, serta kelelahan dan nyeri otot.

Jika kamu tidak mengalami ketidaknyamanan selama haid, kamu bisa melanjutkan dengan rutinitas olahraga yang normal. Berhati-hatilah dengan penyesuaian yang dilakukan tubuh selama periode haid. Jika ternyata kinerja tubuh tidak seperti biasanya, istirahatkan diri dan kurangi intensitasnya.

4. Berenang

Ada mitos yang menyebutkan bahwa wanita tidak boleh berenang saat haid, padahal mitos tersebut tidak terbukti benar. Nyatanya, berenang saat haid termasuk aman jika kamu menggunakan produk menstruasi yang tepat, seperti tampon atau menstrual cup.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengurangi kram dan kelelahan selama haid. Durasi renang yang dianjurkan adalah sekitar 10–30 menit sebanyak 2–5 kali seminggu.

5. Zumba

Olahraga untuk mengatasi nyeri haid yang lainnya adalah zumba. Zumba merupakan olahraga yang melibatkan latihan aerobik dan tarian. Salah satu penelitian tahun 2019 mengatakan, zumba bermanfaat untuk membantu mengurangi keparahan dan durasi nyeri haid. Melakukan zumba secara rutin dapat menjauhkan kamu dari dismenore.

6. Top Taps

Cara melakukannya yaitu kamu harus rebahan, sambil menempelkan tangan hingga siku ke lantai. Kemudian, angkat kaki kanan kamu sampai 90 derajat. Lalu, kembali ke posisi semula, dan gantilah gerakan ini dengan kaki kiri. Otot perut kamu akan dilatih untuk bisa meredakan nyeri haid.

7. Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga aerobik ringan yang baik untuk mengurangi nyeri haid. Jika rutin dilakukan, bersepeda akan membuat aliran darah lebih lancar dan membuat kamu lebih rileks, sehingga nyeri saat haid pun akan berkurang.

Jika belum terbiasa, kamu bisa memulainya dengan bersepeda selama 15–20 menit, lalu tingkatkan secara perlahan hingga sekitar 30 menit setiap harinya.

Nah itulah beberapa olahraga yang dapat mengurangi sakit saat nyeri haid, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru