7 Penyebab Alis Menipis, Salah Satunya Penyakit Berbahaya!

Admin 0 Komentar

Penyebab alis menipis ini dapat disebabkan oleh faktor usia dan penyakit lainnya yang dapat menganggu dan menghambat pertumbuhan rambut alis

INDIFFS.COM – Pada zaman ini, banyak orang yang sangat mempedulikan penampilannya. Menebalkan alis menjadi cara utama agar tampilan menjadi lebih menarik, terutama bagi para wanita. Penyebab alis menipis ini dapat disebabkan oleh salah satu kondisi tubuh yang kurang sehat.

Dengan alis tipis, banyak wanita yang berusaha untuk memperoleh alis tebal secara permanen dengan melakukan sulam alis. Walaupun begitu, sama seperti hal nya rambut, terdapat banyak kemungkinan bahwa alis juga dapat menipis. 

Penyebab Alis Menipis

Salah satu faktor yang tak dapat dihindari adalah seiring nya bertambah usia. Hal ini dapat terjadi dalam bentuk kebotakan alis atau ujungnya yang semakin memendek. Jika ingin mengetahui beberapa penyebab lainnya, intip ulasan berikut ini:

1. Gejala Autoimun

Gejala autoimun seperti alopecia yang dapat menjadi penyebab dari sistem kekebalan tubuh yang salah mengenali folikel rambut sebagai benda asing dan menyerang nya, hal ini menampakkan pada rontok nya alis serta munculnya kebotakan.

2. Rasa Gatal Pada Alis

Rasa gatal yang dirasakan pada alis mungkin dapat menjadi  tanda adanya masalah kulit yang menyebabkan kebotakan. Rambut membutuhkan kulit yang sehat untuk tumbuh ketika terjadi masalah kulit, hal ini mungkin dapat terjadi adanya kebotakan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti eksim, psoriasi atau hal lain.

3. Kekurangan Vitamin dan Sebum

Kekurangan vitamin serta sebum bisa menjadi penyebab yang sering terjadi, hal ini karena kurangnya vitamin A dapat menghindari produksi sebum yang sangat penting untuk melembabkan rambut dan menumbuhkan nya. Sedangkan, sebum memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu untuk pertumbuhan rambut. 

4. Kehamilan dan Persalinan

Kehamilan serta persalinan juga dapat membuat hormon dan aspek laun dari biokimia sehingga tubuh menjadi kacau balau. Fluktuasi liar ini dapat mengacaukan siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan pada alis.

5. Masalah Tiroid

Penyakit tiroid adalah penyebab umum kerontokan rambut alis. Kelenjar tiroid dapat menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme. Ketika kelenjar ini menghasilkan terlalu banyak atau sering sedikit hormon, tubuh akan menjadi tidak seimbang dan mengganggu sejumlah proses normal. Termasuk pertumbuhan rambut.

6. Penyakit kurap

Penyakit kurap ini dapat menghasilkan bercak merah, gatal dan bentuknya seperti cincin serta mengalir dan melepuh. Ketika hal ini muncul di atas alis, rambut biasanya akan rontok, meninggalkan tambalan botak.

7. Penyakit Eksim

Eksim adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan gatal, kemerahan, mengeluarkan cairan, dan iritasi. Ini didorong oleh sistem kekebalan yang terlalu sensitif dan dapat muncul sebagai serangan satu kali atau kondisi yang sedang berlangsung. Karena folikel rambut tertanam di kulit, eksim dapat mengganggu pertumbuhan rambut yang tepat.

Itulah beberapa penyebab mengapa alis menjadi tipis. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru