7 Penyebab HP Mati Sendiri, Salah Satunya Menjadi Kebiasaan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kamu bingung kenapa hp sering mati sendiri? Yuk ketahui penyebab HP mati sendiri berikut ini, salah satunya sering diabaikan!

INDIFFS.COM Penyebab HP mati sendiri adalah hal yang sering terjadi, banyak yang kebingungan dan bertanya “kenapa hp sering mati sendiri?”. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kondisi baterai, memori atau RAM dan yang lainnya.

Salah satu masalah yang banyak dialami pengguna HP adalah HP tiba-tiba mati dengan sendirinya. Situasi ini tentunya sangat mengganggu dan membuat kesal. Terlebih lagi, jika HP sedang digunakan untuk berkepentingan dan tiba-tiba saja HP mati dengan sendirinya yang membuat pengguna kesal.

Penyebab HP mati sendiri ini bisa saja berasal dari masalah pada perangkat keras, gangguan perangkat lunak atau pengaturan yang tidak tepat. Jika kamu ingin mengetahui kenapa HP tiba-tiba mati sendiri? Simak lebih lanjut tentang penyebab ponsel mati sendiri berikut ini:

1. Baterai Rusak

Seperti yang diketahui, baterai adalah salah satu bagian terpenting dari ponsel, hal pertama yang harus diperiksa ketika ponsel mati dengan sendirinya adalah baterai. Hal ini karena situasi dimana arus baterai tidak mencukupi dan dapat memicu perangkat untuk sering mati.

Salah satu solusinya adalah dengan mengisi daya ponsel, karena kemungkinan baterai kamu melemah. Cukup ambil kabel USB dan pengisian daya, colokkan ke soket dan biarkan perangkat terisi daya selama beberapa jam, lalu periksa apakah sekarang dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika ponsel masih berfungsi dengan baik, berarti ponselmu memiliki masalah yang lebih besar. Baterai nya mungkin rusak dan perlu dibawa ke pusat perbaikan untuk diperiksa dan diganti. Sebaik nya jangan pernah mencoba untuk membongkar baterai bawaan sendiri, karena dapat menyebabkan kehancuran pada seluruh perangkat.

2. Pengaturan Ulang Internal

Sistem terkadang mati setelah lama digunakan untuk memuat ulang memorinya dan itu normal, karena tidak membahayakan telepon. Kamu bisa untuk sesekali me-restart perangkat setelah menggunakannya selama beberapa hari untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi, yang mungkin akan membuat perangkat berjalan dengan lancar juga.

3. Tinggi CPU

CPU ponsel mampu menjalankan banyak aplikasi di latar belakang. Namun, penggunaan arus tinggi dalam jangka panjang oleh suatu aplikasi akan membutuhkan CPU untuk mengatur ulang dan membuat ponsel terus mati secara otomatis. Jika kamu melihat setelah baru saja menginstall aplikasi baru, dapat mencoba dengan mencopot pemasangan aplikasi dan memulai ulang perangkat ponsel untuk memeriksa apakah itu penyebab masalahnya.

Atau bahkan, dapat mencoba dengan membekukan beberapa aplikasi satu per satu dan memulai ulang ponsel untuk memeriksa apakah masalahnya hilang. Kamu dapat membekukan aplikasi Anda dengan menyeretnya ke dalam aplikasi freezer di layar beranda Ponsel.

4. Dijadwalkan untuk Menghidupkan dan Mematikan

Pengaktifan dan penonaktifan terjadwal merupakan fitur praktis pada ponsel Android yang membantu untuk mematikan ponsel secara otomatis di malam hari dan menyalakannya di pagi hari berdasarkan preferensimu. Mematikan perangkat ponsel di malam hari dan menyalakannya di pagi hari saja, itu juga bekerja berdasarkan waktu yang sudah tetapkan. Misalnya, dengan mematikan ponsel pada tepat pukul 1 siang jika itu yang di atur.

Hal lain untuk memeriksa apakah ponsel mati sendiri secara otomatis adalah pengaturan daya hidup dan mati yang dijadwalkan. Mungkin saja telah menyalakannya secara tidak sengaja atau telah dinyalakan oleh orang lain, dan harus menonaktifkannya sekarang untuk menghindari shutdown otomatis lebih lanjut.

5. Faulty Power On dan Off Button

Jika  telah mencoba salah satu dari perbaikan di atas dan telepon terus mati dengan sendirinya, kamu harus melanjutkan untuk memeriksa tombol daya perangkat keras.

Biasanya, sebagian besar ponsel android dirancang untuk memulai ulang setelah 8-10 detik menahan tombol daya. Oleh karena itu, tombol daya yang tidak berfungsi dapat memicu perangkat ponsel untuk sering restart atau mati secara otomatis.

Untuk menghilangkan nya, pertama-tama lepaskan casing ponsel untuk sementara waktu jika kamu memilikinya. Maka perlu untuk memeriksanya, apakah casingnya menahan tombol daya. Jika sudah menemukan tombol daya rusak, bawa saja ke konter seluler untuk diperiksa dan perbaiki agar perangkat dapat berfungsi kembali.

6. Bug Firmware

Terlepas dari malfungsi perangkat keras, gangguan perangkat lunak dan bug firmware juga dapat menyebabkan perangkat ponsel mati secara otomatis. Pabrikan perangkat mu selalu bekerja untuk memperbaiki bug firmware apa pun yang dapat menyebabkan perangkat ponsel berjalan lambat, menguras baterai, dan bahkan menyebabkan ketidakstabilan pada sistem.

Itulah mengapa kamu diminta untuk memperbarui perangkat secara teratur ketika mereka muncul. Ini dapat membantu memperbaiki perangkat agar tidak mati secara otomatis setelah pembaruan yang diinstall.

7. Game Berat atau Memori Tak Mencukupi

Game Berat atau memori yang tidak mencukupi untuk menjalankan sistem operasi dapat menyebabkan ponsel mati secara otomatis. Jika hal ini terjadi setelah memainkan game berat atau menjalankan beberapa aplikasi, coba batasi jumlah aplikasi yang sedang di jalankan pada satu waktu agar ponsel tetap berjalan dengan lancar. Kamu juga dapat menghapus aplikasi terbaru untuk melepaskan memori dan juga membiarkan ponsel beristirahat setelah berjam-jam penggunaan berikutnya.

Itulah 7 penyebab HP mati sendiri padahal baterai penuh yang perlu dihindari, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru