7 Penyebab Linglung Atau Kebingungan, Banyak Yang Gak Sadar!

Resa Azzahra 0 Komentar

Banyak orang yang gak sadar bahwa ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab linglung atau kebingungan pada diri. Apa saja? Simak berikut ini

Indiffs – Linglung adalah jenis kebingungan atau ketidakmampuan untuk berpikir jernih, ketika kamu memiliki kurang nya kejelasan. Saat pertama kali bangun, kamu mungkin akan merasakan linglung. Penyebab linglung ini memang bisa di sebabkan karena pada saat bangun tidur atau ketika memiliki perasan tertekan atau tak percaya diri.

Linglung adalah kondisi yang dapat terjadi pada pengidap dengan usia berapa pun, dan hal ini sering terjadi pada orang tua selama menjalani perawatan di rumah sakit.

Penyebab Linglung

Beberapa orang yang linglung mungkin memiliki perilaku yang aneh atau tidak biasa. Tidak menutup kemungkinan pula, orang dengan kondisi ini bertindak lebih agresif. Dan ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini, hal ini bisa dilihat dari masalah kesehatan serius hingga defisiensi vitamin. 

Untuk mengetahui apa saja penyebab lainnya? Simak ulasan berikut ini:

1. Kecemasan Berlebih

Kecemasan adalah kekhawatiran dan ketakutan yang intens dan terus-menerus tentang situasi sehari-hari. Ada banyak bentuk gangguan kecemasan, termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial, gangguan panik, dan banyak lagi, masing-masing menunjukkan tanda dan gejala yang berbeda, termasuk kesulitan berkonsentrasi.

2. Diet Yang Buruk

Kebiasaan makan yang buruk dapat meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit terkait yang dapat mengganggu fungsi kognitif, dan kelebihan berat badan atau obesitas membuat lebih sulit untuk tetap aktif, yang penting untuk kesehatan otak. Hal ini dapat membuat kamu menjadi linglung atau kebingungan di saat kamu sedang memikirkan atau melakukan apapun.

3. Gangguan Migrain atau Vertigo

Penyebab linglung yang kedua adalah gangguan migrain. Bila terjadi karena migrain. Aura juga bisa visual, dalam hal ini orang tersebut akan mengalami kilatan cahaya atau struktur yang muncul dalam penglihatan mereka. Sementara beberapa orang akan mengalami vertigo bersamaan dengan gejala sakit kepala, orang lain mungkin mengalami migrain vestibula, yang mungkin atau mungkin tidak melibatkan sakit kepala yang dikombinasikan dengan vertigo, masalah keseimbangan, mual dan muntah. Vertigo terkait migrain dapat diobati dengan obat harian, seperti penghambat saluran kalsium.

4. Insomnia

Setiap orang pastinya membutuhkan waktu untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Kekurangan tidur atau insomnia juga dapat membuat otak terus bekerja, hal ini dapat menyebabkan kamu sering merasa kebingungan atau linglung. Untuk itu sebaiknya cukupi waktu tidur agar otak dapat beristirahat dengan baik, sehingga hal ini akan menjaga ingatanmu.

5. Kekurangan Nutrisi Baik

Setiap tubuh tentu membutuhkan nutrisi yang seimbang, beberapa nutrisi tentu dapat membantu serta melindungi fungsi kognitif otak. Jika, seseorang kekurangan nutrisi maka dapat mengalami beberapa masalah dengan daya ingat otak.

6. Dehidrasi

Kebutuhan air mineral sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Tubuh manusia yang mengandung sekitar 60% air dan adapun seluruh sel tubuh, termasuk sel otak bergantung pada air untuk menjalankan fungsinya. Bila kadar air berkurang dan terjadi dehidrasi, fungsi otak pun akan terganggu, sehingga menimbulkan gejala linglung atau kebingungan tanpa sebab.

7. Lapar

Linglung juga dapat disebabkan karena keadaan perut yang kosong, sehingga otak sulit bekerja dan kita akan mengalami bingung ketika akan berpikir sesuatu. Untuk itu, sebaiknya biasakan untuk sarapan setiap pagi agar terjauh dari kebingungan dan sulit nya berkonsentrasi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru