7 Penyebab Migrain Yang Perlu Diketahui, Faktor Kebiasaan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kenali penyebab penyakit migrain yang sering dirasakan, dan salah satunya bisa disebabkan oleh kebiasaan yang buruk yang sering terjadi

INDIFFS.COM – Migrain adalah sakit kepala yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut parah. Serangan sakit kepala sebelah yang ekstrem dan melemahkan, sering di sertai dengan gangguan panca indera dan pencernaan. Bila tidak di kontrol, serangan tersebut akan terus berulang dan semakin sering dapat menyebabkan kronis. Penyebab migrain ini salah satunya bisa disebabkan oleh adanya faktor genetik atau kebiasaan yang buruk.

Gejala utama migrain adalah nyeri kepala yang sangat hebat di salah satu sisi kepala. Nyeri yang dirasakan umumnya berdenyut dengan intensitas sedang hingga berat. Kemunculan migrain dapat di picu oleh peningkatan kadar hormon estrogen tau faktor emosional, seperti stres atau cemas.

Pencegahan migrain dapat dilakukan dengan menghindari faktor pemicu-nya, antara lain dengan memperbaiki kualitas tidur, berhenti merokok, olahraga secara rutin dan memeriksakan kesehatan sesering mungkin.

Penyebab Migrain Penyakit Migrain

Migrain adalah salah satu jenis penyakit yang umum terjadi. Dan hal ini lebih berisiko kepada wanita jika dibandingkan pada pria. Penyebab penyakit migrain masih belum bisa di pastikan. Namun, salah satunya bisa dari beberapa hal ini:

1. Perubahan Cuaca Ekstrem

Penderita migrain cenderung lebih sensitif terhadap perubahan cuaca. Badai dan panas yang berlebih serta cuaca yang sangat dingin, perubahan udara ini bisa menjadi penyebab serangan migrain pada sebagian orang. Karena kelembapan dan panas yang tinggi dapat dengan mudah menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi ini merupakan salah satu pemicu migrain.

2. Paparan Cahaya

Bagi penderita migrain, pancaran sinar matahari adalah faktor yang wajib dihindari. Kondisi ini disebut fotofobia dan menjadi salah satu kriteria untuk mendiagnosis migrain. Sumber cahaya ini berupa sinar buatan, seperti lampu dan sinar matahari terik dari pantulan nya. 

3. Stres

Stres bisa menjadi faktor dan penyebab dari gejala migrain, cobalah untuk mengatur stres dengan baik atau lakukan rutinitas yoga, meditasi atau kegiatan relaksasi lainnya agar terjauhkan dari stres.

4. Pola Diet

Konsumsi makanan olahan atau makanan dengan rasa asin, makanan yang ditambahkan pemanis serta perasa gurih bisa menjadi salah satu penyebab nya. Minuman kafein yang berlebihan serta beralkohol dapat meningkatkan risiko gejala tersebut.

5. Perubahan Hormon

Kadar hormon yang cenderung fluktuatif pada wanita, terlebih estrogen ternyata memiliki keterkaitan erat dengan gejala migrain. Dan beberapa wanita mengaku terkena migrain ketika kadar hormon estrogen mengalami penurunan.

6. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk ini adalah salah satu pemicu utama gejala migrain. Kebiasaan buruk seperti kelelahan, kualitas tidur yang buruk dan postur tubuh yang tak dijaga, mengalami gangguan tidur, hypoglycemia dan sehabis olahraga berat. 

7. Menggetarkan Gigi

Gangguan sendi dan menggetarkan gigi dapat menyebabkan nyeri rahang dan memicu ketegangan atau sakit kepala migrain. Karena Temporomandibular sendiri merupakan 2 sendi yang dekat dengan telinga dan rahang. Orang yang mengalami ini sebagian akibat dari stres, jika kamu sering melakukan ini saat tidur atau di siang hari, sebaiknya konsultasi kan ke dokter terpercaya.

Dan itulah 7 penyebab penyakit migrain yang bisa kita ketahui1

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru