7 Peristiwa Penting di Bulan Safar Dalam Sejarah Islam

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Alangkah baiknya kita sebagai umat islam mengetahui beberapa peristiwa dan sejarah yang terjadi dalam islam terkhusus pada bulan Safar ini.

Indiffs – Bulan Safar ini merupakan bukan kedua dalam Islam yang terjadi setelah bulan Muharram. Banyak sekali sejarah dan peristiwa yang terjadi di bulan Safar ini pada masa Jahiliyah dahulu. Masa Jahilyah atau masa kebodohan dahulu merupakan masa dimana penduduk Mekkah berada dalam ketidaktahuan (kebodohan) dalam artian kebodohan didalam petunjuk ke jalan yang benar.

Orang Arab Jahiliah dahulu mempunyai kebiasaan memuji suatu bulan dan mencela bulan yang lain. Misalnya, pada bulan Safar ini orang Arab Jahiliah mencelanya karena dianggap bulan sial dan banyak bencana terjadi. Selain kepercayaan tersebut, orang jahiliah juga mempercayai penularan penyakit dan roh orang yang mati akan menjadi burung.

Kemudian, setelah agama Islam datang Nabi Muhammad SAW menghapus semua kepercayaan orang jahiliyah tersebut yang dianggap menyesatkan.

Peristiwa Peristiwa Penting Bulan Safar

Adapun beberapa kejadian atau peristiwa penting yang terjadi pada bulan Safar adalah:

1. Pernikahan Rasulullah dengan Sayyidah Khadijah

Pada bulan Safar ini lah beliau Rasulullah menikah dengan istrinya yakni Sayyidah Khadijah. Beliau Nabi saat berusia 25 tahun menikah dengan Siti Khadijah binti Khuwailid Al-Asadiah, yang kala itu berumur 40 tahun. Beberapa sumber menyebut, Khadijah berusia 28 tahun saat menikah dengan Nabi SAW.

مُبْتَدِئًا زَوَاجَهُ مِنْ أُمِّنَا # خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى بِأَيَّامِ صَفَرْ وَكَانَ هَذَا قَبْلَ وَحْيِ رَبِّنَا...

Artinya: “Dimulai dengan pernikahan beliau dengan Sayyidah Khadijah al-Kubra di hari-hari bulan Safar, dan pernikahan itu berlangsung sebelum datang wahyu dari Allah (sebelum masa kenabian).”

2. Rasulullah Menikah kan Putrinya Sayyidah Fatimah dengan Sahabatnya Ali bin Abi Thalib

Rasulullah menikah kan putrinya Fatimah dengan sahabat nya Ali yang berumur 25 tahun, dan Beliau Nabi sedang berumur 35 tahun,

وَزَوَّجَ الزَّهْرَاءَ فِيْهِ فَرِحَا ...

Artinya: “Rasulullah menikahkan Az-Zahra (Siti Fatimah) di bulan Safar dengan senang…”

3. Hijrah nya Beliau Nabi dari Makkah ke Madinah

Rasulullah melakukan hijrah nya dari Mekkah ke Madinah bersama dengan kaum Muhajirin adalah dengan tujuan, agar beliau memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah serta ibadah. Hijrah Nabi ini terjadi pada Bulan Safar.

 وَهِجْرَةُ الرَّسُوْلِ فِيْمَا ذَكَرُوا # بِآخِرِ الْأَيَّامِ فِي غَارِ الْحَجَرْ

Artinya: “Hijrah nya Rasulullah pada akhir bulan Safar di goa al-Hajar sebagaimana para ulama sebutkan.”

4. Terjadinya Perang Pertama Dalam Islam

Perang Abwa atau perang waddan perang pertama ini terjadi pada bulan Safar yang bertepatan dengan bulan Agustus, tahun 623 M. Yang dimana yang melibatkan pasukan Muslim dan Nabi Muhammad.

 وَغَزْوَةُ الْأَبْوَاءِ فِيْهِ صَدَرَتْ ...

Artinya: “Perang Abwa di bulan Safar yang terjadi di permulaan.”

5. Terjadinya Perang Khaibar

Pertempuran Khaibar ini adalah peperangan antara umat muslim yang dipimpin oleh Nabi Muhammad melawan orang-orang Yahudi yang tinggal di Khaibar. Yang terjadi pada tahun 629 M atau tahun 7 Hijriah. Adapun Penyebab perang ini adalah orang-orang Yahudi Khaibar melindungi orang-orang Yahudi yang diusir Rasulullah saw dari Madinah, terlebih setelah adanya provokasi dari sebagian kabilah Arab. Dan pada Perang khaibar ini dimenangkan oleh Islam dan berhasil mengusir penduduk yahudi yang berada pada di kota tersebut.

6. Menaklukkan Bangsa Romawi oleh Usamah bin Zaid

Pada saat bulan Safar juga Rasulullah mengutus Usamah bin Zaid kepada pimpinan prajurit Rum tahun 11 Hijriah, itu terjadi beberapa hari pra-wafat nya Rasulullah. Usamah bin Zaid merupakan panglima perang termuda pada saat Rasulullah.

7. Terjadinya Perang Dzi Amar

Faktor penyebabnya terjadinya perang ini ialah intelijen Madinah menyampaikan berita kepada Rasulullah SAW , bahwa ada sekelompok besar dari bani Tsa’labah dan Maharib berkumpul untuk melancarkan serangan di pinggiran Madinah. Maka, pada saat itu terjadi perang Dzi Amar yang merupakan operasi militer yang di pimpin oleh Rasulullah, setelah perang badar terjadi.

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Safar ini, alangkah baiknya kita sebagai umat Islam mengetahui peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah yang pernah terjadi. Wallahu a’lam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru