7 Sungai Terpanjang di Dunia, Melintasi Berbagai Negara

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut deretan Sungai Terpanjang yang ada di penjuru dunia yang panjangnya membentang dan melewati beberapa Negara yang dilaluinya.

INDIFFS.COM – Ada beberapa sungai yang masuk dalam kategori sungai terpanjang di Dunia. Yang dimana, keberadaan sungai tersebut di manfaatkan untuk menopang kehidupan manusia.

Mulai dari pasokan air, kebutuhan tenaga listrik, sampai sumber pangan. Tentunya aliran air yang memanjang dan mengalir dari sumbernya memiliki debit air yang besar hingga ke muara secara terus-menerus. Hingga pada akhirnya keberadaannya menjadi sumber kehidupan bagi berbagai ekosistem.

Sungai Terpanjang di Dunia

Dibalik keberadaannya yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, sungai juga memiliki banyak fungsi. Salah satunya, sebagai batas wilayah alami yang memisahkan satu daerah dengan daerah lain. Saking panjangnya sungai ini membentang dan melewati satu daerah ke daerah lain, aliran sungai bahkan bisa melintasi beberapa negara.

Lantas apa saja sungai yang masuk dalam kategori terpanjang di Dunia?

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai Amazon – Superlive.id

Berada di Amerika Selatan, sungai ini membentang sejauh 6.992 km. Meski begitu panjang, ternyata di Sungai Amazon tidak ada jembatan yang melintas di atasnya. Sejauh ini, belum ada kebutuhan mendesak untuk membangun jembatan melintasi Sungai Amazon.

Tak hanya itu, sungai ini mengalir melalui enam negara. Diantaranya, Peru, Bolivia, Venezuela, Kolombia, Ekuador, dan Brasil. Bahkan lebih dari 30 juta orang tinggal di lembah sungai.

Mengutip dari Mongabay, Sungai Amazon ini berkelok-kelok melalui sejumlah daerah yang berpenduduk jarang. Artinya, hanya sedikit jalan utama yang dapat dihubungkan dengan jembatan mana pun. Di kota-kota yang berbatasan dengan sungai, perahu dan kapal feri merupakan sarana nyaman dan memadai, untuk menyeberangkan orang dan barang.

2. Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai Nil – Didikan Islamic

Membentang dari Timur Benua Afrika hingga Laut Mediterania, sungai ini memiliki panjang sejauh 6.650 Km. Bagaimana tidak, saking panjangnya, sungai ini melewati 11 negara. Diantaranya yaitu, Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir.

Meski begitu, ternyata sungai ini memiliki sejarah dan peranan penting, terutama bagi penduduk Mesir. Dimana kehidupan dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Aliran air dari sungai Nil merupakan kemampuannya dalam memproduksi tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah arus sungai nya. Tanah yang subur ini memungkinkan penduduk Mesir mengembangkan pertanian dan peradaban sejak ribuan tahun yang lalu.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze – Minews.ID

Memiliki aliran sungai yang panjang membentang sejauh 6.300 Km, sungai ini menjadi salah satu sungai terpanjang yang ada di penjuru Dunia. Sungai yang berada di China ini menjadi tempat lahirnya kebudayaan kuno Tiongkok selama berabad-abad lamanya.

Yang menariknya, terdapat fakta bahwa aktivitas di sungai ini sudah ada sejak 27.000 tahun lalu yang merupakan awal bermula peradaban di Tiongkok.

Tak hanya itu, di Sungai Yangtze bisa ditemukan bendungan yang sangat besar, yakni Bendungan Tiga Ngarai atau Three Gorges Dam. Dimana panjang bendungan ini mencapai 2.335 m dan tinggi sekitar 185 m yang sekaligus dinobatkan sebagai bendungan terbesar di dunia.

Tentunya sungai ini memiliki peranan yang sangat penting, apalagi bagi China. Bahkan sungai tersebut mencakup 19 provinsi dan menyediakan air untuk hampir 600 juta orang. Sungai itu juga menyokong 45% produksi ekonomi di China. Itulah mengapa banyak perusahaan ekspor di China berlokasi di sekitar sungai tersebut. Beragam produk mengalir melalui sungai itu.

4. Sungai Yellow River atau Sungai Kuning

Yellow River

Sungai Yellow River – Pinterest

Berada di China sungai ini membentang sepanjang 5.464 km, dan menjadi sungai terpanjang kedua di China setelah sungai Yangtze. Keberadaannya yang sangat penting , menjadikan sungai sebagai sumber air yang penting di wilayah Barat Laut dan Cina Utara. Dimana untuk melindungi keamanan dan stabilitas ekologi setempat.

Disebut dengan sungai kuning, karena airnya membawa lumpur yang memberi warna kuning kecokelatan. Ketika sungai meluap, terdapat residu kuning. Namun, di balik kekayaan alamnya, Sungai Kuning ini telah merenggut jutaan jiwa akibat banjir besar. Bahkan, Sungai Huang He dijuluki dengan “Kesedihan China”.

5. Sungai Parana

River Parana

Sungai Parana – United Nations University

Memiliki panjang sejauh 4.880 km, Sungai Parana ini merupakan sungai utama di Amerika Selatan yang mengalir dari Brasil melintasi Paraguay hingga bermuara di Rio de la Plata yang terletak pada pesisir Uruguay dan Argentina.

Meski menjadi salah satu sungai terpanjang, kekeringan pada sungai ini terus terjadi di Amerika Selatan. Padahal selama ini Sungai Parana menjadi tumpuan ekonomi masyarakat sekitar sekaligus sebagai jalur transportasi barang dan jasa yang menghubungkan bagian selatan Brasil, Argentina dan Paraguay menuju ke Samudera Atlantik.

6. Sungai Kongo

 Kongo

Sungai Kongo – Science

Berada di Afrika Tengah bagian Barat, aliran sungai ini membentang panjang sejauh 4.700 km. Selain menjadi sungai terpanjang, sungai Kongo atau juga disebut dengan Sungai Zaire ini menjadi sungai terdalam di Afrika Tengah bagian Barat. Bahkan, kedalamannya mencapai 220 meter hingga tak dapat ditembus oleh cahaya.

Selain itu, sungai ini memiliki perairan yang sangat luas, dimana mampu menyediakan makanan, air, dan transportasi bagi sekitar 75 juta orang di sekitarnya. Tak hanya itu, sungai ini mengalir melalui sembilan negara Afrika yaitu Zambia, Angola, Rwanda, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Burundi, dan Tanzania.

Sepanjang alirannya, Sungai Kongo mendukung kelangsungan keanekaragaman hayati di hutan hujan Kongo serta padang rumput Afrika.

7. Sungai Mississippi

River Mississippi

Sungai Mississippi – The Nature Concervancy

Berada di Amerika Serikat, sungai Mississippi menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Bahkan, merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Utara. Sungai Mississippi ini memiliki panjang 3,734 km  dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Sonder.

Meski begitu, kini beredar kabar bahwa sungai Mississippi telah mengalami kekeringan yang sangat drastis. Mengutip dari detik 18/10/22, biasanya lokasi itu dikelilingi air dan hanya dapat diakses dengan perahu. Tetapi ketika kekeringan parah menyebar di Midwest dan membuat permukaan sungai berada di rekor terendah.

Tak hanya itu, lebih dari 55% wilayah yang berdekatan mengalami kekeringan, terbesar sejak April. Ada lebih dari 133 juta orang tinggal di daerah yang dilanda kekeringan itu, populasi terbesar yang terkena dampak sejak 2016.

Itulah beberapa deretan sungai terpanjang yang ada di Penjuru Dunia. Bahkan saking panjang dan deras nya aliran sungai, keberadaan sungai tersebut di jadikan sebagai sumber kehidupan masyarakat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru