7 Tips Agar Tetap Sehat di Tengah Cuaca Ekstream Akhir Tahun

Resa Azzahra 0 Komentar

Menurut BMKG, salah satu penyebab munculnya cuaca ekstrem yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Maka ketahui tips tubuh sehat ini yuk!

INDIFFS.COM – Tips agar tetap sehat ini sepertinya sangat penting untuk kita terapkan. Pasalnya menurut BMKG, salah satu penyebab munculnya cuaca ekstrem di Indonesia pada akhir tahun 2022 ini yaitu adanya peningkatan Monsun Asia yang menyebabkan peningkatan jumlah awan hujan yang signifikan. Hal ini tentu saja memengaruhi kesehatan tubuh kita. Potensi cuaca ini sejak 28-30 Desember 2022.

Cuaca ekstrem memang kerap melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Dalam kondisi cuaca ekstrem ini, berbagai penyakit bisa bermunculan. Jika tubuh kita tidak dijaga, maka akan rentan terserang penyakit.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesehatan fisik yang optimal agar tidak terjangkit penyakit karena perubahan cuaca ekstrem. Sebab perubahan suhunya dapat meningkatkan risiko penyakit bawaan seperti, flu, demam, alergi, infeksi virus dan bakteri.

Tips Sehat

Berikut beberapa hal yang bisa dipersiapkan agar tetap sehat di tengah cuaca ekstrem jelang tahun baru 2023.

  1. Tidur yang cukup membuat tubuh memiliki kesempatan untuk beristirahat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menghilangkan racun. Pastikan tubuh mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari. Orang dewasa disarankan tidur selama 7-9 jam setiap malam.
  2. Gunakan pakaian hangat tetap hangat di tengah cuaca yang tidak menentu. Kenakan pakaian yang lebih tebal, jangan biarkan hawa dingin membuat tubuh jatuh sakit.
  3. Perbanyak asupan vitamin di tengah cuaca ekstrem, utamanya vitamin C. Lengkapi juga asupan vitamin dengan makanan bergizi dan banyak air. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap risiko paparan virus atau bakteri yang bermunculan saat musim hujan.
  4. Mengonsumsi buah dan sayur akan meningkatkan imun pada tubuh. Buah dan sayur ini memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk mendukung sistem imunitas pada tubuh kita.
  5. Olahraga teratur selama masa cuaca eskstrem menjadi pilihan yang tepat. Berolahraga dapat mengontrol sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh dari penyakit.
  6. Menjaga kebersihan itu wajib kita lakukan demi terciptanya badan yang sehat. Badan yang sehat berawal dari pola hidup yang bersih.
  7. Yang terakhir yaitu jangan lupa untuk rajin minum air putih setiap hari. Karena sangat bermanfaat bagi keseimbangan tubuh, mengeluarkan racun dan meningkatkan energi. Porsi ideal dalam mengonsumsi air putih bagi orang dewasa adalah 2 liter air perhari, atau sekira delapan gelas perhari.

Demikianlah ulasan mengenai tips menjaga kesehatan semasa akhir tahun menjelang 2023. Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru