7 Tips Lulus Seleksi Kerja di BUMN, Bukan Soal Keberuntungan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Lulus seleksi rekrutmen kerja di BUMN itu cukup sulit. Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut agar bisa lulus seleksi kerja BUMN!

INDIFFS.COM – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memang selalu membuka lowongan pekerjaan setiap tahunnya. Kendati demikian, penerimaan pekerja tersebut berdasarkan seleksi rekrutmen dari pihak BUMN.

Dikenal sebagai perusahaan bonafide, BUMN banyak menjadi incaran para pencari kerja. Bagaimana tidak, BUMN menawarkan fasilitas maupun jenjang karier yang sangat menjanjikan.

Namun karena statusnya sebagai perusahaan milik negara, untuk bisa masuk BUMN punya banyak tahapan dan dikenal cukup sulit.

Tips Agar Lulus Seleksi Rekrutmen BUMN

Bagi kamu yang tertarik melamar di perusahaan BUMN, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips berikut agar lulus dan diterima bekerja di BUMN.

1. Lengkapi Dokumen Sesuai Syarat

Seperti melamar kerja pada umumnya, untuk mengikuti proses seleksi masuk BUMN juga perlu menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Adapun beberapa berkas yang umumnya dibutuhkan ialah ijazah, SKCK, TOEFL, dan lainnya.

Perusahaan Badan Milik Negara Ini akan menggelar rekrutmen secara serentak. Dengan itu kamu sebagai pelamar harus lebih teliti berkas apa saja yang harus di siapkan. Untuk segala dokumen yang harus di-scan, cek ulang kembali kualitasnya yang akan di-upload agar informasi dari dokumen, agar bisa lebih jelas terbaca.

2. Kenali Lebih Dalam Perusahaan BUMN yang Kamu Pilih

Memahami perusahaan BUMN dan posisi yang nantinya akan dipilih tidak boleh asal. Untuk itu, sesuaikan perusahaan dan posisi dengan kualifikasi yang kamu punya.

Tentunya, hal ini akan sangat menguntungkan nantinya ketika kamu berhasil masuk ke tahap wawancara. Kamu akan bisa menguasai informasi perusahaan dengan lebih dalam dan membuktikan antusiasme yang besar terhadap perusahaan tersebut.

3. Cari Tahu Minat Pekerjaanmu

Memang banyak pilihan dan posisi yang di buka oleh perusahaan milik negara tersebut. Dengan itu, kamu perlu menentukan pilihan karir yang tepat. Jika bisa, masuk kerja di BUMN adalah tujuan karirmu. Yang mana, dapat masuk BUMN sekaligus dapetin posisi yang sesuai minat akan sangat menguntungkan untuk karir kamu kedepannya.

4. Menyiapkan Sertifikat Tes Bahasa

Melamar pekerjaan di BUMN bukan berarti tidak membutuhkan keahlian berbahasa terutama bahasa inggris. Alangkah baiknya, kamu sudah dibekali diri dengan sertifikat TOEFL atau IELTS.

Adapun standar skor TOEFL antara 450-500, tapi akan lebih baik kalau kamu bisa mencapai lebih dari 500. Hal ini agar lebih yakin dan percaya diri ketika berhadapan dengan kandidat lain. Lebih dari pada itu, mempunyai sertifikat tes bahasa juga kemungkinan menjadi peluang untuk bisa masuk di BUMN.

5. Selalu Update Tentang Informasi Terbaru

Jika kamu ingin bekerja di BUMN, ada baiknya kamu harus pintar-pintar mencari informasi terbaru. Pasalnya, saat ini banyak sekali lowongan palsu atau penipuan dan mengatasnamakan perusahaan yang sudah terkenal.

Untuk itu, kamu harus jeli melihat apakah lowongan kerja itu memang benar-benar dari perusahaan BUMN atau tidak. Terutama, kamu harus selalu update informasi terbaru soal lowongan pekerjaan di BUMN dengan langsung mengaksesnya di website resminya.

6. Diskusikan Pilihan dengan Orangtua

Salah satu syarat penerimaan kerja di BUMN adalah harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, kamu butuh pertimbangan untuk memutuskan bekerja di BUMN.

Yakinkahlah dan diskusikanlah pilihanmu dengan orang tua. Satukan pula pendapat kamu dengan pendapat orang tua, agar mendapat bantuan semangat dan doa.

7. Berdoa

Ini menjadi hal yang tak kalah penting untuk dilakukan, ya berdoa. Dalam agama mana pun mengajarkan kita untuk selalu memulai kegiatan dengan doa. Begitu pula ketika ingin mencoba melamar dan mengikuti tes seleksi masuk BUMN. Pasalnya, kita hanya manusia yang bisa berserah diri kepada-Nya.

Demikianlah beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan BUMN. Jika ingin terlihat lebih menonjol dari pada pelamar lainnya, sebaiknya kamu selalu update skill yang dimiliki.

Perlu diperhatikan pula bahwa rekrutmen BUMN semuanya gratis, tidak dipungut biaya. Jadi waspada, jika ada oknum yang mengatasnamakan BUMN dan meminta sejumlah biaya sebagai syarat rekrutmen. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru