7 Tips Memilih Car Seat Untuk Bayi Yang Tepat Dan Nyaman!

Resa Azzahra 0 Komentar

Dengan mengetahui tips memilih car seat untuk bayi, maka sang buah hati ini akan merasakan kenyamanan dan keamanan dalam menggunakannya.

INDIFFS.COM – Aturan keselamatan saat membawa bayi jalan-jalan menggunakan mobil, tentu membutuhkan ekstra pengaman. Salah satu yang dapat digunakan ialah Car Seat khusus bayi, namun harus diperhatikan juga keselamatan si kecil dengan mengetahui tips dalam memilih alat tersebut.

Car Seat sendiri, memang telah terbukti dapat melindungi bayi apabila terjadi kecelakaan saat berkendara. Seperti halnya terjadi tabrakan atau tiba-tiba saja mobil berhenti mendadak, penggunaannya bisa mencegah anak terkena benturan atau terpelanting.

Tips Memilih Car Seat Untuk Bayi

Sebelum membeli Car Seat, kita perlu mengetahui apa saja kualitas yang perlu diperhatikan. Dalam memilih Car Seat berkualitas bukan berarti harus mahal, tetapi harus sesuai dengan standar keselamatan, simak ulasannya berikut ini:

1. Sudah Memenuhi Standar Keamanan

Suatu produk, termasuk car seat, harus melewati proses standarisasi keamanan. Maka, car seat dengan label SNI adalah suatu keharusan.

Pastikan Car Seat telah memenuhi standar keamanan dengan memperhatikan 5 titik harnes, yaitu 1 tali pengaman antara kaki, 2 tali pinggang dan bahu. Selain memenuhi standar keamanan, para produsen juga berupaya membuat produknya menjadi lebih aman. Hal ini dapat dijadikan sebagai poin pertimbangan sebelum membeli car seat bayi.

Standar keamanan yang telah diakui dunia untuk baby car seat adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanannya di tandai dengan huruf “E” di label tersebut. Label ini sudah memiliki  standar ECE R44/04 dan ECE R129 sebagai standar lebih tinggi disebut Size.

2. Cek Bahan yang Nyaman

Saat akan membeli, perhatikan bahan yang nyaman untuk bayi. Sebab, bayi sangat sensitif terhadap kondisi yang panas. Maka, penting untuk diperhatikan bahan yang digunakan, pastikan bahan kursi duduk tidak panas dan tebal. Pasalnya, bahan yang terlalu tebal bisa menjadi sumber biang keringat dan menimbulkan  kelembaban pada punggung bayi.

3. Sesuaikan dengan Berat dan Umur Bayi

Setiap produk atau jenis Car Seat diciptakan dapat menahan berat tertentu. Maka sebelum membeli, pastikan berat badan bayi sesuai dengan kemampuan Car Seat. Hindari penggunaan kursi yang tidak mampu menampung beban anak karena dapat membahayakan anak dan menjadi tak nyaman karena kursi terasa sempit.

4. Periksa Kondisi Car Seat

Agar bayi tetap aman duduk dikursinya, periksa kondisi alat tersebut secara lengkap sebelum digunakan. Cek bagian tali pengaman bayi saat duduk, pastikan pengamannya kuat dan tidak rusak. Sehingga, bayi akan nyaman dan aman selama perjalanan.

Selain tips diatas, yang perlu diperhatikan ialah bantalan yang baik karena akan membuat bayi merasa nyaman selama perjalanan bila bayi sedang tertidur pulas.

5. Cari Tau Penggunaan Car Seat

Sebelum membeli, alangkah baiknya lakukan riset secara online tentang penggunaannya terlebih dahulu. Carilah kursi yang tepat berdasarkan umur dan berat dan tinggi bayi. Hal ini untuk memberikan kenyamanan  bayi dengan kursi yang pas, dengan artian tidak terlalu kecil sehingga sempit dan juga kebesaran.

6. Memiliki Busa Tambahan

Saat berkendara, tentunya kita tidak dapat menghindari goncangan tang terjadi. Goncangan ini bisa berbahaya untuk bayi karena ia bisa terbentur dan terluka. Maka, pastikan bahwa car seat dilengkapi busa tambahan, terutama pada area kepala dan kaki. Hal ini bertujuan untuk mencegah benturan keras pada sang buah hati.

7. Perhatikan Fitur Khusus Cat Seat

Setiap produknya dirancang dengan fitur khusus. Contohnya seperti adanya kursi mobil bayi dilengkapi dengan kanopi untuk melindungi bayi dari sinar matahari. Lubang udara pada sandaran agar bayi terasa nyaman.

Nah, itu tadi tips memilih car seat sebelum membeli dan lakukan pemebilian di tempat terpercaya. Semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru