7 Tips Mengatasi Rasa Galau Akibat Putus Cinta, Wajib Dicoba!

Hani Hnsa 0 Komentar

Patah hati bisa dirasakan siapa saja. Perasaan itu tentu menyisakan luka yang mendalam. Lalu, bagaimana tips mengatasi rasa galau? Yuk, simak.

Indiffs – Patah hati bisa dirasakan siapa saja. Perasaan itu tentu menyisakan luka yang mendalam. Bila kamu sedang berada di posisi itu, wajar bila kamu merasa galau, sedih, sakit hati, kecewa, dan tak tahu harus berbuat apa. Namun, jika patah hati dibiarkan terus berlarut, maka lama-kelamaan hidup pun akan terasa semakin kacau. Jadi, tentu saja kamu harus tau tips mengatasi rasa galau dengan cepat.

Tips Mengatasi Rasa Galau

Melansir berbagai sumber, berikut cara dan tips mengatasi rasa galau dan sedih akibat ditinggal kekasih atau putus cinta yang bisa dicoba:

1. Mengontrol Perasaan

Walaupun penting untuk mengekspresikan perasaan kamu, tetapi harus bisa di kontrol juga. Ketika kamu sedih, biarkan diri kamu menangis, menjerit, berteriak, menulis jurnal, lakukan apa pun yang perlu kamu lakukan agar emosi kamu mengalir dengan bebas. Tetapi setelah itu, kamu harus bisa melanjutkan kegiatan lain yang positif, tidak hanya berlarut-larut dalam kesedihan.

2. Lihat Sisi Positif

Respon yang sangat umum dilakukan oleh seseorang yang baru putus cinta adalah mengidealkan hubungan orang lain. Tidak jarang jika seseorang akan menyalahkan diri sendiri karena hubungan tidak berjalan dengan lancar.

Cobalah lihat hal yang positif dari hubungan yang pernah kamu jalani. Ada bisa coba menulis sisi positif dan juga negatif dari mantan atau hubungan kamu.

Cara ini dapat melatih mental kamu dan membantu mengimbangi pemikiran obsesif. Seberapa pun rasa sakit yang kamu alami, percayalah bahwa hal ini akan berlalu. Percayalah bahwa kamu belum ketemu jodoh nya dan seseorang yang spesial dan tepat sedang menunggu kamu.

3. Menyibukkan Diri

Ketika kita melakukan beberapa hal yang dianggap menyenangkan misalnya hobi, terkadang kita suka lupa waktu karena kita enjoy melakukannya.

Nah hal itu bisa menjadi salah satu alternatif kamu biar tidak galau, lho. Kalau kami hobi belanja, ya belanjalah sepuas nya. Sibuk kan diri dengan kegiatan yang menurut kamu menyenangkan. Hal ini agar kamu tidak hanya fokus pada masalah percintaan mu.

4. Hadapi Jangan Dihindari

Permasalahan yang menyebabkan kegalauan adalah hal yang harus kita hadapi. Jika menghindarinya, itu akan membuat kita terus membayangkan nya karena tidak ada penyelesaian. Jadi hadapi saja semuanya, biarkan mengalir dan kegagalan yang kamu rasakan menjadi pelajaran berharga.

5. Mencoba Tersenyum

Merasa sedih merupakan respons alami terhadap perpisahan dan akan menurun seiring waktu. Namun jika kamu ingin meningkatkan kebahagiaan, cobalah untuk tersenyum. Mencoba tersenyum dapat mengirimkan sinyal ke otak kamu bahwa kamu merasa bahagia. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan suasana hati kamu sehingga merasa lebih baik.

6. Tenangkan Diri

Ditinggal kekasih tentu saja membuat kamu merasa shock dan sedih. Akan tetapi, jangan terus meneror mantan karena hal tersebut bisa memperburuk hubungan kamu dengannya. Selain itu, kamu juga akan terus diliputi oleh emosi yang negatif. Jadi, tenangkan diri kamu dan beristirahatlah sejenak agar dapat fokus pada pemulihan diri sendiri.

7. Beri Dirimu Waktu Untuk Bersedih

Menangis dan merasa kesepian bukanlah sebuah hal yang harus kamu hindari, melainkan sebuah perasaan yang wajar untuk kamu rasakan. Namun, jangan menghabiskan seluruh waktumu untuk meratapinya.

Gunakan perasaan itu untuk membantu mu merefleksikan diri dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Terima rasa kesepian yang kamu hadapi dan ingat bahwa setiap hal membutuhkan sebuah proses.

Itulah 7 tips mengatasi rasa galau akibat putus cinta yang bisa kamu lakukan. Manusia sebagai makhluk sosial pasti bisa merasakan berbagai jenis perasaan, ada perasaan senang, sedih, galau. Hubungan asmara adalah sebuah hubungan spesial di antara kedua pasangan, sehingga ketika tidak berjalan dengan baik dapat berdampak terhadap kehidupan seseorang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru