7 Tips Menjaga Kulit Sehat Agar Tetap Cantik dan Awet Muda

Hannii 0 Komentar

Tips menjaga kulit sehat juga bisa menunjang penampilan, sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, cari tau!

IndiffsTips menjaga kulit sehat juga bisa menunjang penampilan, sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Kabar baiknya, menjaga kesehatan kulit wajah nyatanya tidak harus selalu dengan menggunakan produk perawatan wajah bermerek.

Jika dilakukan dengan rutin, beberapa cara perawatan sederhana di rumah ternyata bisa membantu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk merawat kesehatan kulit wajah, serta apa saja hal-hal yang harus dihindari. Merawat kulit dengan benar juga bisa membantu mencegah munculnya berbagai masalah, seperti jerawat, noda hitam, serta kulit kusam.

Tips Menjaga Kulit Sehat

Paparan polusi dan sinar matahari, pertambahan usia, serta berbagai faktor lainnya dapat merusak kesehatan kulit. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, tidak hanya mengganggu penampilan, melainkan juga masalah kesehatan kulit lainnya dapat timbul.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit dengan tepat berikut ini:

1. Kelola Stres Sebaik Mungkin

Hormon kortisol yang dihasilkan tubuh saat stres dapat meningkatkan produksi minyak alami kulit.

Minyak yang berlebih lambat laun bisa menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Inilah mengapa perawatan kulit tidak lengkap tanpa pengelolaan stres yang baik.

Kamu bisa mencoba meluangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai, rehat sejenak dari kesibukan, atau berkonsultasi kepada psikolog bila perlu.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah dan sayur mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit. Sebagai contoh, vitamin C pada jeruk, stroberi, dan brokoli dipercaya mampu mencegah munculnya kerutan di kulit.

Sementara itu, vitamin E yang dapat ditemukan pada alpukat, anggur dan tomat juga memiliki fungsi yang tak kalah penting, yaitu mencegah kerusakan sel kulit karena sifat antioksidan nya.

3. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah melindunginya dari sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit.
Terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan menyebabkan munculnya keriput, bercak-bercak, bahkan kanker kulit.

Kamu bisa melakukan tips melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang mudah ini: Selalu gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruang.

Pilih tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) di atas 15 dan ulangi pemakaian tiap dua jam sekali. Gunakan di wajah dan di seluruh area kulit yang terbuka dan terkena sinar matahari.

Berteduh dan hindari sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Pada periode tersebut, sinar ultraviolet sangatlah kuat.  Kenakan pakaian yang menutup hingga lengan dan kaki bila beraktivitas di bawah terik sinar matahari, misalnya baju lengan panjang, celana panjang, dan topi bertepi lebar.

4. Gunakan Pelembab

Jangan lupakan pelembap wajah. Gunakan produk perawatan ini setelah mencuci muka untuk menjaga kesehatan kulit wajah serta kelembapan alami kulit.

Pelembap wajah yang baik biasanya mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk mengembalikan struktur dan kelembapan alami kulit wajah, menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit.

5. Eksfoliasi

Cara menjaga kesehatan kulit yang ketiga adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi ringan setiap hari, dengan pembersih asam atau toner non-irritating yang melarutkan sel-sel kulit mati pada permukaan.

Proses eksfoliasi membantu kulit tetap bersih dan bercahaya. Menghapus lapisan luar sel kulit mati akan membantu menghaluskan tekstur kulit, meningkatkan tingkat penyerapan produk perawatan kulit, dan mencerahkan kulit kamu.

6. Konsumsi Lemak Sehat

Cara menjaga kesehatan kulit yang ke lima adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji rami, dan alpukat dapat membantu mengisi kembali kemampuan tubuh untuk menciptakan membran sel yang sehat dan kuat. Hal ini dapat melindungi kulit dari polusi lingkungan dengan mengembalikan lapisan penghalang kulit.

Kurang mengonsumsi lemak sehat dapat menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering. Sementara itu, jika rajin mengonsumsi lemak sehat dapat membantu memperbaiki kondisi kulit agar tetap lembap. Makanan sehat dan berlemak lainnya termasuk salmon, biji chia, minyak zaitun, dan telur.

7. Tidak Merokok

Merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada bagian terluar kulit sehingga kulit terlihat pucat. Tidak hanya itu, merokok membuat kulit tampak lebih tua dan berkurangnya elastisitas. Gerakan berulang saat merokok juga mengakibatkan kulit lebih cepat keriput. Bagi kamu yang merokok, konsultasikan pada dokter untuk mengembalikan kesehatan kulit.

Itulah tips menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat. Selamat mencoba untuk kalian yang mempunyai permasalahan kulit ataupun ingin menjaga kulit agar tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru