7 Tips Perawatan Mobil Listrik Agar Performa Tetap Terjaga

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Jika memiliki mobil listrik, penting untuk melakukan beberapa cara perawatan yang berguna untuk menjaga performa kinerja mobil listrikmu.

INDIFFS.COM – Saat ini sudah banyak produsen mobil yang mengeluarkan jenis kendaraan listrik di Indonesia, terutama mobil listrik. Jenis mobil ini pun perlahan mulai digemari oleh pencinta otomotif Tanah Air. Tentunya jika mempunyai mobil listrik hal yang perlu diperhatikan adalah cara perawatan, karena demi menjaga kinerjanya saat digunakan.

Memang sama seperti mobil bensin, mobil listrik juga perlu melakukan pemeliharaan supaya awet. Namun, dalam perawatannya berbeda dengan mobil bensin.

Sebenarnya mobil listrik identik dengan minim biaya perawatan. Hal ini dikarenakan sudah tidak ada lagi komponen mesin konvensional dan sistem mekanikal yang memiliki tingkat kesulitan di setiap bagian mesin.

Namun, pada mobil listrik juga dibutuhkan perhatian khusus demi menjaga performa saat berkendara. Lantas, bagaimana cara merawat kendaraan tersebut agar performa tetap terjaga?

Cara Merawat Mobil Listrik

Berikut ini beberapa tips merawat mobil listrik yang patut kamu simak dan terapkan pada mobil listrikmu agar tak mengalami permasalahan saat digunakan.

1. Jaga Kapasitas Baterai

Salah satu komponen pentingnya adalah baterai, karena mobil ini bergerak sebab dibantu dengan mesin yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Oleh karena itu, baterai harus dirawat dengan cara menjaga kapasitas daya baterai dan tidak dibawah 40 persen.

Apabila mobil jarang digunakan, maka usahakan selalu rutin untuk mengecek minimal tiga bulan sekali, tujuannya adalah untuk mengetahui sisa daya baterai tinggal berapa persen. Sebab jika dipakai melebihi batas tersebut dan terjadi kehabisan baterai, maka akan sulit untuk mencari pengisi daya.

2. Membuat Jadwal Pengisian baterai

Dengan membuat jadwal pengisian baterai, hal ini bertujuan agar baterai tidak mengalami penurunan tegangan daya. Jika mengalami penurunan tegangan daya maka kemungkinan berpotensi membuat usia pakai jadi lebih cepat. Adapun jadwal untuk pengisian baterai yang disarankan adalah setiap dua hari sekali.

3. Parkir di Tempat yang Sejuk

Cara selanjutnya yang harus dilakukan untuk menjaga performanya agar tetap aman dan maksimal mobil listrik perlu juga perhatian, seperti memilih tempat parkir yang sejuk. Hal ini sangat berguna untuk terhindar dari panas cuaca yang nantinya akan berdampak pada kualitas baterainya.

Karena jika hal tersebut dibiarkan maka akan dapat memperpendek usia pakai baterai. Jika terpaksa memarkirkan kendaraan di tempat panas maka sebaiknya tutup dengan sarung mobil untuk menangkal panasnya terik matahari.

4. Rutin Mengganti Minyak Rem

Agar kinerja mobil listrik berfungsi dengan baik sebaiknya rutin untuk melakukan minyak remnya. Hal ini dilakukan untuk membantu kinerja rem pada mobil listrik. Namun, jika penggantian minyak rem tersebut tidak membantu, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rem di pusat layanan resmi segera mungkin.

5. Mengganti Filter AC

Kualitas filter udara harus diperhatikan, biasanya jika harga lebih mahal itu berarti lebih berkualitas, ketimbang dengan harga yang lebih rendah tetapi kualitas mengecewakan. Karena memang mobil listrik memiliki filter udara seperti mobil berbahan bakar fosil. Dimana ini memiliki kegunaan untuk mengurangi serbuk sari, debu jalanan, kotoran, dan partikel berbahaya lainnya yang masuk ke kabin.

6. Ganti Kampas Rem

Cara perawatan selanjutnya ialah mengganti kampas rem, dimana kampas rem menjadi salah satu komponen penyokong pengereman dalam mobil. Karena memang sama halnya pada mobil konvensional, kampas rem yang tipis pada mobil listrik juga dapat membahayakan karena sistem pengereman jadi kurang optimal. Oleh karena itu jika kampas rem sudah tipis, segera ganti kampas agar tak mengalami rem blong saat digunakan.

7. Pemeriksaan Kondisi Ban

Ban menjadi salah satu komponen wajib yang harus rutin diperiksa keadaannya seperti rotasi ban dan posisi ban. Kedua aspek tersebut sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Karena memang rotasi ban membuat laju ban lebih teratur saat di kemudi, sedangkan posisi ban membuat kemudi lebih terasa ringan. Dengan menyesuaikan posisi ban akan meningkatkan jarak tempuh dan mengurangi keausan permukaan ban yang pada akhirnya meningkatkan umur ban kendaraanmu.

Itulah yang sebaiknya dilakukan dalam merawat mobil listrik, dengan melakukan beberapa cara tersebut berguna untuk menjaga kinerja atau performa mobil.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru