7 Tradisi Unik Perayaan Hari Natal di Indonesia, No.6 Paling Aneh!

Hani Hnsa 0 Komentar

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi Natal yang unik. Setiap tradisi unik perayaan natal juga mempunyai makna yang berbeda-beda.

INDIFFS.COM – Selain menghadiri ibadah di gereja, banyak dari umat kristiani yang merayakan Natal dengan berkumpul bersama keluarga. Namun, jarang ada yang tau jika setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi Natal yang unik. Setiap tradisi unik perayaan Natal yang dilakukan ini juga mempunyai makna berbeda-beda dan tentunya menyenangkan.

Tradisi Unik Perayaan Natal

Indonesia terkenal dengan keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke. Tidak berbeda dengan hari besar umat agama lainnya, Indonesia juga memiliki tradisi Natal yang unik di setiap daerahnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut deretan tradisi unik perayaan Hari Natal di Indonesia:

1. Tradisi Bunyi Sirine dan Lonceng di Ambon

Tradisi Bunyi Sirine dan Lonceng di Ambon

Tradisi Bunyi Sirine dan Lonceng di Ambon – Istimewa

Ada satu tradisi natal yang unik di Ambon, sebuah kota di Indonesia ini merayakan natal dengan tradisi menyalakan sirine kapal dan lonceng gereja berbunyi bersamaan. Setelah doa bersama orang-orang akan menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa daerah, mereka berkumpul bersama menari dan menyanyikan lagu daerah dengan iringan musik bernama Tifa.

2. Rabo-Rabo di Jakarta

Rabo-Rabo di Jakarta

Rabo-Rabo di Jakarta – Istimewa

Ternyata di Ibu Kota Jakarta kamu juga bisa menemukan tradisi perayaan hari Natal yang unik, lho! Tradisi yang satu ini bisa kamu jumpai di kawasan Cilincing, tepatnya di Kampung Tugu. Kampung yang disinggahi oleh sekelompok pemeluk agama Kristen berketurunan Portugis ini menyimpan sebuah tradisi bernama Rabo-Rabo.

Dilakukan setiap menjelang hari Natal, tradisi yang memiliki arti “Ekor-Mengekor” dalam bahasa Kreol Portugis ini dilakukan dengan berkeliling kampung dan mengunjungi rumah-rumah sambil menyanyikan lagu keroncong.

3. Wayang Kulit Kristus di Yogyakarta

Wayang Kulit Kristus di Yogyakarta

Wayang Kulit Kristus di Yogyakarta – Istimewa

Pagelaran wayang menjelang Natal ini pun cukup unik, tidak sembarangan. Khusus untuk perayaan Natal, cerita wayang yang disampaikan akan mengingatkan mu kembali tentang Natal itu apa. Warga Yogyakarta memiliki tradisi pagelaran wayang kulit Kristus, sebuah pertunjukan wayang yang menceritakan tentang kelahiran Yesus Kristus.

4. Ngejot dan Penjor di Bali

Ngejot dan Penjor di Bali

Ngejot dan Penjor di Bali – Istimewa

tidak hanya keindahan alam,Bali juga mempunyai keindahan budaya dan tradisinya. Keindahan tersebut terpancar juga lewat perayaan Natal di pulau ini. Di Bali, mereka melakukan sebuah perayaan bernama Ngejot dan Penjor.

Ngejot adalah tradisi memberikan bingkisan menu khas Bali yang juga dilakukan ketika perayaan Galungan. Perayaan Natal di Bali juga dihiasi dengan penjor atau sejenis janur kuning di setiap rumah mereka dan di gereja sebagai tanda perayaan Natal.

5. Meriam Bambu di Flores

Tradisi Unik Perayaan Natal

Meriam Bambu di Flores – Istimewa

Perayaan Natal di Flores, tepatnya di Pulau Nusa Tenggara Timur cukup unik dan meriah. Pasalnya, mereka mempunyai tradisi menyalakan meriam bambu saat malam Natal hingga tahun baru.

Tradisi unik lainnya di Kota Flores adalah lomba membuat “Kandang Natal” di gereja. Acara ini bertujuan untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus di dalam tempat yang penuh kesederhanaan.

6. Papua Khidmat dalam Barapen

Tradisi Unik Perayaan Natal

Papua Khidmat dalam Barapen – Indiffs

Tak kalah unik, di daerah Papua merayakan Natal dengan membakar batu. Salah satu kekayaan budaya Papua ini adalah kegiatan warga yang melakukan bersama-sama. Batu yang di bakar kemudian mereka gunakan untuk memasak berbagai bahan makanan. Dari sekian tradisi-tradisi di Indonesia dalam merayakan Natal, Barapen adalah salah satu yang sangat unik.

7. Marbinda, Sumatra Utara

Tradisi Unik Perayaan Natal

Marbinda, Sumatra Utara – Istimewa

Masyarakat Sumatera Utara tentu tidak asing dengan tradisi ini. Marbinda merupakan sebuah tradisi menyembelih hewan untuk memeriahkan Natal. Hasil daging hewan sembelih tersebut akan membagikan kepada masyarakat. Tradisi ini bertujuan sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan antar warga.

Demikian deretan tradisi unik Perayaan hari Natal di Indonesia. Bagaimana dengan tradisi perayaan Natal di daerah mu?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru