8 Amalan Gerhana Bulan Total Yang Disunahkan Bagi Umat Islam!

Resa Azzahra 0 Komentar

Gerhana bulan adalah bukti dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Oleh karenanya ada beberapa amalan untuk menghadapi gerhana bulan total.

INDIFFS.COM – Fenomena gerhana bulan atau Super Blood Moon total dapat disaksikan di kawasan Indonesia pada 8 November 2022 mendatang. Bagi umat Islam ada beberapa amalan gerhana bulan total yang harus dikerjakan.

Puncak gerhana yang akan terjadi pada pukul 18.00.22 WIB / 19.00.22 WITA / 20.00.22 WIT. Pada puncaknya, gerhana bulan total ini bisa disaksikan di Indonesia.

Amalan Gerhana Bulan Total

Dalam Islam, fenomena gerhana bulan adalah bukti dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Oleh karenanya, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak zikir dan sedekah saat gerhana terjadi.

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan melaksanakan amalan lainnya ketika terjadi gerhana bulan total. Seperti beberapa hal berikut ini:

1. Shalat Sunah Gerhana

Sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan sholat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian maupun total. Pernyataan ini tercantum dalam hadis Shahih Muslim yang berbunyi:

إنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ

Artinya, “Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka shalat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai.”

Sholat gerhana dilakukan tanpa di dahului dengan azan atau iqamat. Yang disunahkan hanyalah panggilan shalat dengan lafadz “As-Shalatu Jamiah”.

2. Bersedekah

Sedekah juga merupakan amalan saat terjadi gerhana bulan yang disunnahkan. Karena banyak keutamaan dalam sedekah ialah salah satunya Allah akan menambah nikmat dan dilapangkan rizkinya.

Bersedekah sendiri merupakan amal ibadah yang sangat besar pahalanya. Selain dapat meringankan beban orang lain, melaksanakannya sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

3. Taubat Dari Maksiat

Taubat merupakan jalan untuk kita dalam menghapus dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan. Sebesar apapun kesalahan manusia, Allah akan mengampuninya jika hamba-Nya sungguh-sungguh dalam bertaubat. Karena setiap muslim yang melakukan taubat dengan baik dan sungguh dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis imam tirmizi dan berbunyi:

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ

Artinya: “Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.”

4. Melakukan Kebaikan

Selain yang telah disebutkan, tiap muslim bisa melakukan amal kebajikan atau kebaikan lainnya saat gerhana. Semoga mendapat balasan setimpal dari Allah SWT. Hal ini juga tercantum dalam hadist tuntunan Islam saat gerhana. Berikut hadistnya,

حَدَّثَنَا أَبُو الوَلِيْد قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ قَالَ حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ عِلَاقَةِ قَالَ سَمِعْتُ
الْمُغِيْرَةُ بْنِ شُعْبَةِ يَقُوْلُ اِنْكَسَفَتْ الشَّمْسُ يَوْمَ مَاتَ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ النَّاسُ اِنْكَسَفَتْ لِمَوْتِ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَأَيَتَانِ مِنْ أَيَاتِ اللهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُواهُمَا فَادْعُوا اللهِ وَصَلّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami, Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami, Zaidah berkata, telah menceritakan kepada kami, Ziyad bin ‘Ilaqah, dia berkata: “Aku mendengar Al-Mughirah bin Syu’bah berkata, “Telah terjadi gerhana matahari ketika wafatnya Ibrahim. Kemudian Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan ia tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka berdoalah kepada Allah dan dirikan salat hingga (matahari) kembali nampak.” (HR Bukhari).

5. Melaksanakan Mandi Sunnah

Mandi sunnah gerhana, dianjurkan untuk dilakukan ketika matahari atau bulan benar-benar mengalami gerhana dan kesunnahan melakukannya adalah sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat sunnah gerhana. Sebab shalat gerhana ini disunnahkan untuk dikerjakan dengan berjamaah. Sholat ini dilakukan sebanyak 2 rakaat dengan beberapa ketentuan di dalamnya. Sholat sunnah gerhana ini boleh dilakukan secara berjamaah maupun tidak berjamaah atau sholat sendirian.

6. Memperbanyak Doa

Amalan selanjutnya yakni perlu memperbanyak doa saat terjadi gerhana itu sendiri. Berikut ini beberapa doa yang dapat di panjatkan, yakni:

  • Doa Mohon Pengampunan
اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا

Artinya: “Ya Allah, sungguh kamu memohon ampun kepada-Mu, karena Kau adalah Maha Pengampun’.

  • Doa Jauh Dari Siksa Api Neraka
رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau (dari segala kekurangan), maka (ampunilah segala kesalahan penjelahan intelektual kami dan) peliharalah Kami dari siksa neraka.

7. Memperbanyak Istigfar

Membaca istighfar bisa dilakukan tiap saat termasuk gerhana. Istighfar membantu muslim mengingat Allah SWT, kebesaran-Nya, dan keinginan mohon ampunan. Berikut bacaan istigfar yang wajib dibaca sebanyak-banyaknya;

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أَتُوبُ إِلَيْه

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

8. Memperbanyak Zikir

Selain menunaikan amalan diatas. Kita dianjurkan untuk membacakan zikir saat gerhana bulan. Hal ini sebagai mana yang telah disebutkan dalam sebuah surat Az-zumar ayat 16 yang berbunyi:

لَهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ ظُلَلٌ مِّنَ النَّارِ وَمِنْ تَحْتِهِمْ ظُلَلٌ ۗذٰلِكَ يُخَوِّفُ اللّٰهُ بِهٖ عِبَادَهٗ ۗيٰعِبَادِ فَاتَّقُوْنِ

Artinya: “Di atas mereka ada lapisan-lapisan dari api dan di bawahnya juga ada lapisan-lapisan yang disediakan bagi mereka. Demikianlah Allah mengancam hamba-hamba-Nya (dengan azab itu). “Wahai hamba-hamba-Ku, maka bertakwalah kepada-Ku.”

Berikut ini bacaan zikir untuk dilantunkan pada saat gerhana bulan:

  • Istigfar 3x

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Artinya, “Aku memohon ampunan Allah.”

  • Tahlil
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

Artinya, “Tiada Tuhan selain Allah yang agung dan santun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Arasy yang megah. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan langit, bumi, dan Arasy yang mulia.

  • Tasbih
سُبحَانَ اللهِ وَالحَمدُ للهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا الله وَاللهُ اَكبَر وَلَا حَولَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيم.

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, dan tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

  • Membaca Hauqola
مَا شَاءَ اللَّهُ لا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Artinya: “Maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).” (QS. al-Kahfi: 39)

  • Takbir
لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَر ,اللهُ اَكْبَر وَللهِ الحَمْدُ

Artinya, “Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar dan segalapuji hanya bagi Allah”.

Itulah amalan-amalan yang bisa kita bacakan saat berlangsung nya gerhana bulan total. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share agar kita mendapatkan pahala atas pengetahuan yang kita bagikan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru