8 Buah yang Baik Untuk Bayi Pendamping MPASI, Mudah Dicerna!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Bayi yang sudah mencapai usia 6 bulan harus mulai diberikan makanan pendamping MPASI. Berikut daftar buah yang baik untuk bayi.

Indiffs – Apabila bayi sudah mencapai usia 6 bulan, itu artinya harus mulai diberikan makanan pendamping MPASI. Untuk mendukung tumbuh kembangnya sejak dini sekaligus mencukupi kebutuhan gizi bayi, makanan yang diberikan kepada bayi harus terdiri atas beragam zat gizi. Selain asupan karbohidrat, protein, vitamin dan zat gizi, Anda juga bisa memberikannya berbagai jenis buah yang baik untuk bayi sebagai pendamping MPASI.

Buah yang Baik untuk Bayi

Supaya buah hati Anda mendapatkan nutrisi yang baik dan tepat. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini daftar buah yang baik untuk bayi:

1. Alpukat

Alpukat adalah buah kaya nutrisi yang dipenuhi dengan vitamin C, vitamin K, dan folat. Anda dapat memasukkan alpukat ke dalam makanan bayi Anda pada usia empat hingga enam bulan. Salah satu cara untuk menyiapkan alpukat adalah dengan menghaluskan nya.

2. Pisang

Pisang adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Itulah mengapa pisang merupakan buah sempurna lainnya untuk menjadi salah satu makanan pertama bayi. Berkat kandungan yang terdapat didalamnya seperti vitamin A, kandungan kalium dan kalsium baik untuk memelihara kesehatan mata dan memperkuat tulang.

3. Mangga

Mangga merupakan sumber vitamin A, B6 dan C yang sangat baik, serta kalium, tembaga dan serat. Camilan manis ini bisa dihaluskan dengan garpu dan dicampur dengan sayuran atau dengan yogurt organik. Manfaat yang diperoleh apabila si kecil mengkonsumsi buah mangga ini yaitu untuk mendukung perkembangan kecerdasan.

4. Apel

Apel memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tumbuh kembang bayi seperti kalsium, Vitamin A, Vitamin C hingga fosfor. Anda dapat memberikan apel yang sudah dikupas kulitnya, dan dikukus sebentar untuk sang bayi.

5. Pepaya

Selain rasanya yang manis dan mudah didapat, pepaya memiliki tekstur yang mudah dicerna. Pepaya kaya akan kandungan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi, vitamin A, vitamin E, asam folat, serta serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan bayi.

6. Buah Naga

Buah naga memiliki rasa yang tidak terlalu manis sehingga ramah untuk lidah bayi. Buah ini juga baik untuk tumbuh kembang bayi karena mengandung banyak vitamin, kalsium dan fosfor. Untuk menu MPASI atau snack, Anda dapat memberikan langsung buah naga pada si kecil tanpa perlu dikukus.

7. Buah Plum

Plum baik dijadikan makanan bayi karena merupakan salah satu buah yang sangat bergizi. Buah ini memiliki tinggi serat, rendah kolesterol, bebas natrium, dan kaya akan vitamin A, C dan Beta-karoten. Serat dan gula alami dalam buah plum juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Cara memberikannya kepada bayi yaitu dengan mengukus nya menjadi puree.

8. Melon

Buah yang baik bagi bayi yang terakhir yaitu melon. Melon adalah buah yang lengkap untuk diperkenalkan ke makanan bayi sekitar sembilan bulan. Melon kaya akan vitamin A dan C serta kaya antioksidan.

Demikian deretan buah yang baik untuk bayi. Tentu saja, selalu tanyakan kepada dokter anak terlebih dahulu sebelum mencoba sesuatu yang baru untuk menyingkirkan alergi atau potensi efek buruk.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru