8 Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Pecah-Pecah

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kondisi bibir yang kering ini akan menyebabkan terluka pada bibir kamu, namun ada beberapa tips agar kondisi bibir kering ini tidak terjadi.

Indiffs – Bibir mudah kering dan mudah pecah-pecah ini menjadi salah satu yang menjadi kekesalan yang dialami oleh sebagian orang pada umumnya. Bibir kering atau pecah pecah ini terjadi karena beberapa penyebab serta faktor yang dialami. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi lingkungan seperti cuaca atau suhu ruangan, kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, atau bisa jadi disebabkan karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kamu. Kondisi bibir kering atau bibir pecah-pecah, menandakan bibir sedang kurang lembap. Ada beberapa upaya dilakukan agar bibir kamu tidak mudah kering dan pecah-pecah. Berikut beberapa tips yang harus dilakukan agar bibir tidak kering dan pecah-pecah:

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Pecah-Pecah

Ada beberapa faktor eksternal yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. berikut sejumlah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab bibir kering ini karena kurangnya asupan minum air putih. Pada saat tubuh tidak mengalami dehidrasi, maka kemungkinan terjadinya bibir pecah-pecah akan semakin kecil. Maka dari itu, kamu harus memperbanyak minum air putih. Dengan memperbanyak minum air putih ini setidaknya sebagai upaya agar menghindari kulit yang kering.

2. Menghindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Kebiasaan ini menjadi salah satu yang memicu bibir pecah-pecah namun, banyak orang masih menganggap membasahi bibir dengan cara menjilatnya bisa meredakan bibir pecah-pecah. Sayangnya ini adalah hal keliru. Mengutip dari Alodokter, menjilat bibir sebenarnya akan memperburuk kondisi bibir. Bibir akan terasa gatal karena air liur lebih cepat menguap.

3. Jangan Menarik Lepas Kulit Bibir yang Terkelupas

Kulit bibir yang terkelupas sebaiknya biarkan saja dan jangan sampai kamu menariknya. Menarik lepas kulit yang mengelupas dengan tangan justru bisa menyebabkan infeksi. Akibatnya, kondisi bibir kering jadi semakin parah. Karena pada saat ini kondisi kulit bibir kamu akan semakin tipis dan sensitif ini menyebabkan bibir kamu akan terasa sakit.

4. Menyehatkan Kondisi Bibir dengan Nutrisi yang Baik

Bibir yang kering dan pecah-pecah ini bisa jadi disebabkan karena nutrisi yang kurang seimbang. Pastikan makanan yang kamu santap mengandung vitamin, mineral, dan protein yang cukup. Selain itu makanlah makanan yang bergizi dan kaya akan vitamih C.

5. Oleskan Madu

Madu juga dapat mencegah bibir kering yang terkena infeksi kuman dan bakteri. Selain itu, madu juga dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati secara lembut dan alami. Namun Pilihlah madu yang berkualitas agar mendapat manfaat yang optimal. Karena madu memiliki kandungan antimikroba, antiperadangan, dan khasiat lain serta di dalam madu dapat menjadi obat alami untuk bibir kering. Hal yang perlu diingat juga, penggunaannya perlu diperhatikan bagi orang yang alergi produk madu.

6. Oleskan Minyak Kelapa

Mengoleskan minyak kelapa ini terbukti bisa melembabkan kulit, menghilangkan peradangan, sekaligus mencegah infeksi bakteri akibat bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir kering secara alami dengan minyak kelapa cukup praktis. Tinggal oleskan minyak kelapa ke permukaan bibir, namun pastikan jangan di makan ya.

7. Memakai Pelindung Bibir

Karena aktivitas yang kamu lakukan di luar ruangan khususnya serta paparan sinar matahari yang menyoroti bibir kamu yang akan mengakibatkan bibir kamu semakin kering serta berpecah. Sebaiknya saat beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa melindungi bibir dengan memakai pelembab. Menggunakan pelindung bibir seperti memakai pelembap bibir atau lip balm merupakan salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah yang mudah dilakukan.

8. Menghindari Kebiasaan Merokok

Perlu kamu ketahui, asap rokok diketahui mampu mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir, lalu menyebabkannya mengering. Dan parahnya lagi, bibir kamu bisa lebih mudah pecah-pecah. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan masalah lain pada mulut, seperti sariawan dan nyeri gusi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan yang satu ini.

Itulah beberapa tips yang harus kamu upayakan agar menghindari kulit bibir yang kering serta pecah-pecah. Namun yang terpasti yang harus di lakukan ialah minum air putih yang cukup karena itu akan menjaga kekeringan pada tubuh kamu dan salah satunya pada bibir kamu. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru