8 Cara Ampuh Berhenti Merokok Secara Alami Dan Efektif

Admin 0 Komentar

Beberapa perokok yang ingin berhenti sepenuhnya tidak bisa melakukan ini karena sudah terlanjur kecanduan, simak cara berhenti merokok berikut ini!

INDIFFS.COMMerokok dapat merugikan kesehatan seseorang, entah itu bagi diri sendiri maupun perokok pasif. Untuk menghentikan kebiasaan ini merupakan tantangan tersendiri bagi para perokok. Hal ini diakibatkan karena kandungan dalam rokok dapat menimbulkan efek kecanduan. Namun bukan berarti tidak bisa berhenti dari kebiasaan ini, karena ada beberapa cara agar tidak merokok seperti berikut ini.

Cara Berhenti Merokok

Berikut ini ada beberapa cara efektif berhenti merokok yang dapat Anda coba lakukan:

1. Bulatkan Tekad Anda

Cara berhenti merokok yang paling efektif adalah dengan menentukan alasan dan membulatkan tekad. Alasan ini akan menjadi motivasi Anda untuk tidak merokok lagi. Beberapa contoh alasan untuk berhenti merokok, misalnya melindungi keluarga dari risiko perokok pasif, menurunkan risiko penyakit, atau ingin tampak awet muda.

2. Hindari Pemicu Kebiasaan Merokok

Saat sedang berusaha berhenti merokok, sebisa mungkin hindari faktor atau kebiasaan yang dapat membuat Anda kembali merokok, seperti minum kopi dan alkohol atau berkumpul dengan sesama perokok. Jika terbiasa merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain sebagai pengganti, misalnya dengan mengunyah permen karet atau menggosok gigi.

3. Kurangi Kafein

Minum terlalu banyak kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya dalam satu hari mampu meningkatkan jumlah ketegangan dalam sistem saraf. Jika sudah tegang, hasrat untuk merokok yang dianggap mampu merelaksasi tubuh bisa semakin menjadi-jadi.

4. Kelola Stres

Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok, karena kandungan nikotin di dalamnya dapat memberikan efek relaksasi dengan cepat. Meski demikian, beberapa penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok justru dapat membuat seseorang lebih mudah mengalami stres.

Untuk mengelola stres, ubah kebiasaan merokok secara perlahan dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik atau yang lainnya. Selain itu, sebisa mungkin hindari pula situasi yang bisa mendatangkan stres.

5. Cari Pengganti Rokok

Berdasarkan Lembaga Kesehatan Nasional, permen karet efektif sebagai pengganti nikotin. Dengan mengunyah permen karet, hasrat untuk mengonsumsi nikotin bisa teralihkan atau Anda juga bisa mengganti keinginan untuk merokok dengan ngemil makanan ringan yang sehat.

6. Berolahraga

Olahraga ringan seperti jogging bisa membantu proses berhenti merokok secara permanen. Aktivitas ini dapat meningkatkan mood dan stamina serta menghilangkan stres akibat kecanduan rokok. Gejala-gejala yang timbul saat kamu berhenti merokok seperti insomnia, sulit berkonsentrasi, dan depresi juga bisa diminimalisir dengan berolahraga.

7. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sebagian perokok aktif merasa kurang berselara untuk makan, sebab nikotin didalam rokok dapat mengurangi sensitivitas indra perasa dan penciuman. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan.

Makanan sehat tersebut dapat mengurangi hasrat untuk kembali merokok. Tidak hanya itu, makanan sehat juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mengembalikan selera makan yang berkurang akibat merokok.

8. Cobalah Teknik Relaksasi

Merokok sering dijadikan jalan pintas mengatasi stres. Alhasil, melawan keinginan merokok bisa membuat Anda semakin stres. Teknik relaksasi adalah salah satu cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi stres. Opsi yang bisa dipilih yaitu, melakukan pernapasan dalam, relaksasi otot, yoga, pijat, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Nah itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk berhenti merokok yang efektif, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru