8 Cara Melancarkan Haid Agar Jadwal Kembali Teratur, Apa Saja?

Hani Hnsa 0 Komentar

Tips dan cara melancarkan haid yang tidak teratur secara alami. Untuk kamu yang merasa haid nya tidak teratur yuk cari tahu!

Indiffs – Meski pada umumnya menstruasi tidak lancar bukanlah hal yang mengkhawatirkan, kamu perlu waspada jika kondisi tersebut terjadi berlarut-larut. Pasalnya, menstruasi tidak lancar juga bisa disebabkan oleh penyakit, seperti PCOS atau gangguan tiroid pada wanita. Lantas, bagaimana cara melancarkan haid agar jadwal kembali teratur? Simak di bawah ini!

Cara Melancarkan Haid

Siklus menstruasi normal biasanya berlangsung selama 21 sampai 35 hari. Wajar jika wanita mengalami periode haid lebih cepat atau lambat. Kamu mungkin bisa mencoba cara agar menstruasi kembali normal dan tak terlambat.

1. Istirahat yang Cukup

Jadwal haid yang tidak teratur bisa disebabkan dari kurangnya istirahat yang membuat tubuh menjadi kelelahan. Saking kelelahan, kerja organ di dalam tubuh pun juga jadi kurang seimbang.

Cara melancarkan haid ini bisa dilakukan dengan tidur yang cukup agar pikiran dan tubuh menjadi rileks. Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam dalam semalam untuk melancarkan jadwal haid yang tidak teratur.

2. Olahraga

Olahraga ringan dapat melemaskan otot dan membantu menstruasi sedikit lebih cepat. Namun, hal ini belum terbukti secara ilmiah dan perlu diteliti lebih lanjut. Beberapa wanita bisa mengalami menstruasi terhambat atau tidak lancar karena olahraga yang berlebihan. Oleh karena itu, lakukan olahraga secukupnya untuk membantu mengembalikan sekaligus menyeimbangkan hormon yang dibutuhkan, agar siklus menstruasi kembali teratur.

3. Rajin Minum Air Mineral

Cara melancarkan haid yang mudah tentu saja adalah dengan rajin dan teratur meminum air mineral. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancar nya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan turut lancar pula.

4. Menjaga Berat Badan

Cara melancarkan haid berikutnya adalah menjaga berat badan. Tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk memang dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh, terutama hormon siklus haid.

Oleh karena itu, usahakan untuk berolahraga secara teratur agar berat badan lebih ter-kontrol dengan baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih, sayur, dan buah untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Agar asupan gizi ter-cukupi sehingga produksi hormon tidak terganggu, tentu kamu harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi. Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa lancar.

6. Kurangi Stress

Selain kurang tidur, siklus haid yang tidak teratur juga bisa disebabkan oleh stres. Umumnya, kondisi ini membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang berlebih, sehingga siklus haid pun menjadi berantakan. Jadi, kalau ingin memiliki jadwal haid yang teratur, usahakan untuk hindari stres yang berlebihan ya.

7. Relaksasi

Tingkat stres yang tinggi ternyata berkaitan erat dengan ketidak-teraturan menstruasi. Oleh karena itu, melakukan relaksasi untuk menghilangkan stres diyakini bisa membantu.

Latihan yoga, menulis jurnal, meditasi, menjalani hobi, dan menghabiskan waktu bersama teman atau orang yang dicintai adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menjaga tingkat stres tetap rendah.

8. Meditasi

Salah satu penyebab tidak lancar nya haid adalah stres yang tidak diatur dengan baik. Untuk meredakan nya, cobalah untuk bermeditasi. Walaupun terdengar sederhana, cara ini mampu mengurangi stres dan menyeimbangkan hormon.

Untuk melakukannya, duduklah dengan nyaman tempat yang tenang. Tarik napas, tahan, dan lepaskan secara berulang selama beberapa menit. Fokuskan otak pada tarikan napas, singkirkan pikiran-pikiran yang membuatmu stres dan tertekan. Cara ini bisa kamu lakukan selama 10 menit setiap harinya.

Itulah cara melancarkan haid secara alami agar jadwal kembali teratur. Semoga berhasil, ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru