8 Cara Mencegah Kanker Payudara, Wanita Harus Paham!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kanker payudara bisa menjadi penyebab kematian wanita yang banyak terjadi. Untuk itu kamu wajib tau cara mencegah kanker payudara yang benar

Indiffs – Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang paling sering terjadi pada wanita Indonesia. Untuk itu kita harus tetap menetapkan pola hidup sehat dengan benar. Hal ini dilakukan sebagai upaya cara mencegah kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakutkan oleh semua wanita. Karena kanker payudara dapat membahayakan kondisi tubuh pengidapnya dan bahkan bisa berakibat pada kematian. Angka kematian akibat kanker payudara cukup tinggi, dengan rata-rata 17 kematian per 100.000 penduduk. 

Untuk itulah, pemerintah juga sangat menekankan upaya pencegahan deteksi dari dini sebagai bentuk pencegahan kanker tersebut. Dan kamu bisa memulai nya dari sekarang, dalam upaya pencegahannya.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara mencegah kanker payudara ini kamu harus mengubah gaya hidup dengan baik. Hal ini bisa mengurangi faktor risiko kanker payudara. Kamu bisa melakukan beberapa cara ini dalam langka pencegahan, daripada harus bolak balik ke rumah sakit untuk melakukan perawatan? Kamu bisa melakukan perawatan dirumah dengan cara berikut ini:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Memperhatikan pola makan sangat penting bagi kesehatan tubuh, selain dapat menyehatkan tubuh. Pola makan sehat ini bisa menjadi upaya pencegahan kanker payudara. Dengan mengutamakan asupan buah, sayuran, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, serta makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi, hal ini dapat membantu mencegah serta mengurangi terjadinya penyakit payudara.

2. Lakukan Diet Sehat

Dengan melakukan diet sehat, hal ini bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Diet sehat ini tentunya tak hanya baik untuk menjaga berat badan, melainkan dapat mencegah terjadinya obesitas, menopause hingga gejala kanker payudara akan semakin berkurang. Untuk itu, kamu bisa melakukan diet sehat dengan memakan makanan sehat seperti yang sudah di jelaskan.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga ini dapat membantu menjaga berat badan kamu agar tetap ideal. Selain melakukan diet sehat dan menjaga makanan sehat, kamu juga perlu melakukan olahraga agar tubuh menjadi seimbang. Rutin berolahraga tak hanya bisa mencegah obesitas, melainkan juga dapat mencegah terjadinya kanker payudara. 

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan cara ini dengan berolahraga rutin setidak nya selama 30 menit setiap hari. Kamu juga dapat melakukan olahraga apapun yang kamu sukai. Hal ini juga bisa dilakukan oleh pengidap kanker payudara, karena berolahraga dapat membantu mengurangi efek samping pengobatan komplikasi dari pengobatan, kekambuhan, stres, depresi hingga memperbaiki suasana hati. 

4. Kurangi Merokok atau Hindari

Pasalnya, merokok sudah terbukti dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, dan salah satunya yakni kanker payudara. Kanker payudara yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok pada wanita mudah atau sudah lanjut, sebaiknya berhenti dan hindari dari sekarang. asap rokok juga dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Bagi penderita payudara, merokok dapat meningkatkan kemungkinan komplikasi dari pengobatannya. Cobalah untuk berhenti merokok dengan pelan-pelan dan mulai dengan mengurangi jumlah batang rokok yang diisap setiap harinya.

5. Istirahat yang Cukup

Dengan melakukan istirahat yang cukup ini memang tak dapat mencegah terjadinya payudara, melainkan hal ini dapat meningkatkan kebugaran tubuh, dan secara tak langsung dapat menghindari risiko serta dapat membantu proses pemulihan yang dijalani. Dan usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Kurangi Stres

mengurangi stres memang tidak langsung berfungsi menghindari risiko kanker payudara. Namun, jika kamu kondisi seperti ini dapat memperburuk kesehatan. Sebaiknya kurangi stres dengan cara yang sehat, seperti melakukan olahraga, meditasi. Jika kamu menerapkan nya kualitas hidup akan menjadi sehat dan hal ini dapat meringankan efek samping pengobatan dan gejala tersebut.

7. Hindari Minuman Berahkohol

Faktanya, alkohol sudah dikenal tak baik bagi kesehatan tubuh. Semakin banyak kamu meminumnya makan semakin besar peluang terkena penyakit berbahaya lainnya, seperti kanker payudara, karena minuman ini dapat meningkatkan kadar estrogen  yang menyebabkan kerusakan DNA dalam tubuh. Untuk itu sebaiknya jauhi alkohol sejak dini, dengan tak membiasakan mengonsumsi nya.

8. Periksaan Secara Mandiri 

Teknik pemeriksaan mandiri dikenal dengan istilah SADARI, kamu bisa melakukannya di depan cermin dengan beberapa langkah ini.

  • Cara Pemeriksaan Untuk Semua Kalangan
  1. Berdirilah dengan posisi lengan di samping tubuh.
  2. Perhatikan ukuran payudara. Umumnya payudara wanita memiliki ukuran yang tidak sama.
  3. Letakkan tangan pada pinggang dan kencangkan otot dada.
  4. Membungkuk di depan cermin, perhatikan dan raba untuk melihat adanya perubahan pada payudara.
  5. Periksa apakah ada cairan yang keluar dari puting dengan menekan sekitar putih menggunakan jempol dan telunjuk.
  • Cara Pemeriksaan Lain Saat Mandi
  1. Balurkan sabun pada payudara, angkat sati tangan ke belakang kepala.
  2. Gunakan jari tangan sebelah untuk menekan bagian payudara.
  3. Lakukan hal yang sama pada payudara yang kedua.

Dan itulah cara mencegah terjadinya kanker payudara yang wajib untuk kamu ketahui.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru