8 Cara Mengatasi Bosan Saat Kuliah Online, Sering Dilupakan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Belajar daring memang sering membuat kita bosan, sehingga belajar tidak fokus. Untuk itu, yuk coba beberapa cara mengatasi bosan berikut ini!

Indiffs – Saat menerapkan sistem pembelajaran online, yang artinya kegiatan belajar akan dilakukan dengan sistem daring. Hal ini awal nya sangat menyenangkan, karena tak perlu untuk pergi ke sekolah atau kampus. Tetapi setelah dirasakan, ada beberapa waktu yang membosankan. Untuk itu, banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi bosan saat kuliah.

Karena rasa bosan ini bisa menurunkan semangat, bahkan sangat berpengaruh terhadap nilai. Terkadang juga kita sangat merindukan kelas tatap muka, dan ingin kembali melakukan pembelajaran tersebut.

Dalam mode pendidikan online lainnya, pengajaran dilakukan secara langsung dan seorang mentor terlibat dengan siswa secara langsung dan menggunakan alat online untuk mengajar siswa.

Modus live online masih lebih baik karena siswa harus terlibat dengan mentor sehingga aktif dan mengurangi kebosanan mereka. Dalam video yang direkam, beban belajar dan tetap terlibat sepenuhnya ada pada siswa dan ini adalah masalah kebosanan yang melanda siswa. Kabar baiknya adalah, dengan memasukkan beberapa kebiasaan sederhana, dan dengan mengubah pandangan terhadap kelas online, siswa benar-benar dapat mengalahkan kebosanan.

Cara Mengatasi Bosan Saat Belajar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa kebiasaan dan cara untuk mengatasi bosan. Ingin tau lebih lanjut? Simak beberapa cara berikut ini:

1. Tidur yang Cukup

Siapa yang tau bahwa kebosanan bisa dikaitkan dengan kurang tidur? Ya, karena rasa lelah akan membuat kemampuan kita untuk fokus menjadi hilang. Hal-hal yang biasanya menarik bagi kita atau yang setidaknya dapat kita toleransi mungkin akan hilang ketika kita tidak mendapatkan tidur yang nyenyak. Namun sayang nya, kebanyakan siswa tidak cukup tidur, sehingga otak tak dapat berfungsi, fokus dan berkembang.

2. Baca Semua Materi yang Disediakan

Pastikan kamu telah meluangkan banyak waktu untuk membaca materi yang sudah disediakan, menonton video apapun atau melihat pratinjau konten multimedia. Hal ini dapat mendorong kita untuk dapat memilih gagasan tentang topik apa dan minat kita pun umumnya akan meningkat.

Karena jika kamu pertama kali mendengar materi di kelas online, kamu mungkin akan merasa bingung dengan isinya, sehingga kamu benar-benar memeriksanya segera setelah kelas dimulai.

3. Jangan Terlalu Keras pada Diri

Jika kamu tau, bahwa kelas yang akan datang akan membuatmu bosan dan menghitung ubin atau menulis sesuatu di buku, bersabarlah dengan diri kamu sendiri. Sebaiknya berjuang untuk tetap fokus, tenanglah karena kamu telah melakukan apa yang bisa kamu lakukan.

4. Memiliki Rencana atau Rutin Belajar

Terlepas dari apakah kamu seorang individu, orang tua yang sibuk, atau di antara keduanya. Memiliki waktu untuk belajar dan menghadiri kelas tanpa kewajiban lain, merupakan cara utama untuk tidak terlalu sibuk sehingga kamu bosan hanya karena tidak bisa fokus. Bekerja dengan orang lain untuk membuat rencana belajar atau rutinitas untuk meminimalkan gangguan dan frustrasi.

5. Hindari Gangguan

Batasi gangguan yang mungkin mengharuskan untuk meninggalkan ponsel atau mendiamkannya. Cobalah untuk belajar dimana kamu sedikit atau tidak ada kebisingan disekitar saat menjalankan kuliah online.

6. Buat Tempat Belajar Khusus

Tempat belajar khusus untuk duduk dengan materi yang akan dibahas akan membantu mengurangi gangguan dan mempertahankan organisasi. Belajar di lingkungan yang bebas dari kekacauan adalah cara lain untuk bersiap mengalahkan kebosanan.

7. Jangan Menunda Tugas

Jangan pernah menunda tugas yang diberikan oleh dosen. Waktu untuk mengerjakan sangat banyak, dan sebaiknya kerjakan setelah proses daring selesai. Cambuk diri sendiri untuk segera mengerjakan tugas.

Bila ada tugas yang menumpuk pada hari itu juga, bisa dibagi menjadi beberapa hari. Tetapi lebih baik selesaikan sekarang juga, karena jika di diamkanakan bosan dan malas untuk mengerjakannya.

8. Koneksi Jaringan Lancar

Jaringan koneksi yang kurang bagus dengan sinyal yang terputus-putus akan mempengaruhi rasa bosan. Oleh karena itu, cari tempat yang bisa dijamin jaringan internet yang lancar. Cari tempat yang dirasakan sinyal tidak akan terputus ketika mendengarkan dosen menyampaikan materi perkuliahan.

Itulah 8 cara mengatasi bosan saat menghadapi kelas online, coba aja yuk cara ini dijamin rasa bosan hilang!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru