8 Cara Mengatasi Depresi Menurut Psikologi, Mudah Dilakukan!

Hannii 0 Komentar

Depresi adalah kelainan mental yang paling umum terjadi. Bagaimana cara mengatasi depresi yang mudah dilakukan? Yuk, cari tau!

Indiffs – Depresi adalah kelainan mental yang paling umum terjadi. The World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 350 juta orang menderita depresi di seluruh dunia. Depresi ditandai dengan perasaan harga diri yang rendah, kesedihan ekstrim yang dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan dan semangat dalam aktivitas sehari-hari. Berikut cara mengatasi depresi yang bisa kamu lakukan, simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Depresi

Melansir dari WebMD, psikiater dan direktur Program Penelitian dan Klinik Depresi di UCLA lan Cook, MD menjelaskan cara mengatasi depresi secara alami bisa dilakukan dengan membuat rutinitas baru, menghilangkan pikiran negatif hingga mencukupkan waktu tidur.

Meski begitu, cara mengatasi depresi menurut psikologi sangat dianjurkan untuk mengonsultasikan dengan ahli. Penderita depresii akan mendapat arahan tepat bagaimana mengatasi gejala depresi dan mendapat obat yang tepat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasinya menurut psikologi:

1. Tidur yang Cukup

Kamu mungkin merasa kesulitan untuk tidur saat depresi. Namun, tidur yang terlalu sedikit dapat memperburuk kondisi depresi. Kamu dapat memulai tidur dan bangun pada waktu yang sama seperti hari, pada waktu yang lama.

2. Melakukan Rutinitas

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah cobalah untuk melakukan lebih banyak rutinitas bernilai. Jika merasa sedang depresi, menurut psikiater Ian Cook, MD harus melakukan rutinitas.

Depresi dapat menghancurkan struktur dari hidup penderitanya dan berlangsung pada hari berikutnya. Menetapkan jadwal harian untuk memulai melakukan rutinitas bisa menjadi cara mengatasi depresi menurut psikologi.

3. Berolahraga

Mengatasi depresi dapat dengan melakukan olahraga yang mampu membantu meningkatkan mood. Olahraga secara rutin dapat membuat kamu merasa lebih baik. Keuntungan berolahraga ini berefek panjang karena mendorong otak untuk berpikir positif.

4. Meditasi

Meditasi dapat memberikan sensasi ketenangan yang bisa membantu untuk mengatasi stres dan depresi. Cobalah untuk melatih pernapasan dalam dan relaksasi otot ketika melakukan meditasi.

5. Selalu Bersyukur kepada Tuhan

Sudah kita ketahui bersama bahwa manusia di dunia tentu tidak akan pernah lepas dari permasalahan hidup. Hampir dapat dipastikan setiap orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Hal inilah yang kemudian harus disadari bahwa kita tidak hidup sendiri dan masih banyak orang di luar sana yang mengalami masalah lebih besar.

Salah satu puncak kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan.

6. Aktif Mengikuti Kegiatan Sosial

Seseorang yang mengidap gangguan mental pada fase tertentu kerap merasa kesepian. Hal ini dipicu akibat perasaan sensitif yang meningkat, sehingga rentan merasa tersingkirkan.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi orang depresi adalah dengan mengikuti kegiatan sosial di lingkungan sekitar. Dengan mengikuti kegiatan di lingkungan sekitar, akan membuat Anda semakin terbuka dan diterima oleh lingkungan sekitar. Sehingga hal ini dapat mencegah Anda dari perasaan terisolasi dan tentunya bisa mengatasi gangguan mental.

7. Menekuni Hobi yang Disukai

Kecenderungan orang yang mengalami depresi adalah menarik diri dari pergaulan dan aktivitas yang dulu disenangi. Hobi yang dulu disukai, kini ditinggalkan karena sudah kehilangan minat. Padahal, menekuni hobi bisa membantumu keluar dari depresi. Atau setidaknya, mengalihkan pikiran negatif untuk sejenak.

Kembalilah menekuni hobi lama untuk mengatasi depresi. Ekspresikan dirimu secara kreatif lewat musik, seni, tulisan, olahraga atau apa pun yang kamu sukai. Akan lebih baik jika kamu bergabung dalam komunitas hobi, sebab kamu bisa bertemu banyak orang dan mendapatkan energi positif dan kehangatan dari mereka.

8. Mencari Teman Curhat

Jika kamu sedang merasa terpuruk, jangan sendirian. Kamu dapat berbagi cerita dengan keluarga atau sahabat dekat yang dipercaya. Luapkan seluruh permasalahan yang terjadi sehingga dengan berbagi perasaan dapat membuat hati lebih lega.

Itulah 8 cara mengatasi depresi. Banyaknya tekanan yang didapatkan dari berbagai aspek memang membuat kamu mudah depresi. Tetap selalu menjaga hati dan pikiran agar tetap tenang dalam menghadapi berbagai masalah hidup.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru