8 Cara Mengatasi Grogi Saat Melakukan Interview Pekerjaan

Admin 0 Komentar

Berikut beberapa cara mengatasi grogi atau gugup yang bisa kamu lakukan pada saat melakukan interview atau wawancara pekerjaan.

INDIFFS.COMInterview atau wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Tentunya, momen ini kerap menjadi kondisi yang mendebarkan dan bahkan sering membuat grogi.
Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa grogi dan ngeblank saat interview pekerjaan.

Cara Mengatasi Grogi

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa gugup yang berlebih:

1. Persiapkan Segalanya dengan Matang

Persiapan awal sangat lah dibutuhkan oleh setiap orang saat melakukan interview pekerjaan. Kamu juga bisa melakukan persiapan dengan matang, karena pengetahuan merupakan kekuatan yang akan membuat tampil percaya diri.

Nah dalam hal ini, perlu menambah wawasan kamu dengan cara mengetahui dan mengenali seputar perusahaan dan nantinya akan berkaitan dengan kepribadian kamu. Jika telah mempersiapkan nya dengan matang, mungkin kamu akan bisa menjawab pertanyaannya.

2. Positif Thinking

Cara mengatasi grogi pada saat melakukan interview kerja selanjutnya ialah dengan berpikir positif. Pada saat melakukan wawancara, positif thinking ini sangat lah di perlukan karena akan membuat kamu tenang.

Jangan sampai memikirkan hal-hal yang tidak senang, sehingga akan membuat diri kamu down dan berputus asa terhadap jawabanmu.

3. Coba untuk Berlatih

Selanjutnya, jika akan melakukan interview pekerjaan sebaiknya kamu berlatih. Bahkan, dengan menghafal saja itu tidak akan menjamin kamu akan terhindar dari rasa gugup atau grogi. Namun, dengan berlatih seperti berbicara di depan kaca itu akan membuat kamu menganggap bahwa bayangan di kaca adalah pewawancara. Dengan melakukan hal itu, sedikitnya akan mengurangi rasa gugup.

4. Percaya Diri

Ketika kamu di wawancara hal terpenting ialah tampil percaya diri yang akan meyakinkan pihak HRD dengan jawaban kamu. Oleh karena itu, tingkatkan rasa percaya diri dengan meyakini kemampuan dan kamu akan meyakinkan pihak pewawancara dengan tampilan yang sedang di cari oleh perusahaan.

5. Menganggap Pewawancara sebagai Teman

Cara selanjutnya untuk mengatasi gugup saat di wawancara ialah dengan menganggap orang yang mewawancarai kamu sebagai teman.

Jika kamu menganggap sebagai teman, mungkin akan tampil lebih percaya diri dan memberikan jawaban yang terbaik. Akan tetapi, perlu di perhatikan langkah ini merupakan pengibaratan dan tetap jangan bicara seenaknya.

6. Jauhkan dari Kesan Menyombongkan Diri

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah hindari sikap yang memiliki kesan menyombongkan diri. Jika menyombongkan diri terhadap wawasan yang kamu punya, bisa jadi pihak perusahaan tidak akan antusias.

7. Mempelajari Pertanyaan-Pertanyaan Interview

Sebaiknya sebelum melakukan interview pekerjaan, kamu harus mempelajari soal-soal yang akan di ajukan oleh pihak perusahaan. Hal ini dilakukan agar pada saat menjawab pertanyaan yang di berikan, kamu tidak akan merasa bingung karena tidak sesuai dengan gambaran. Itulah mengapa mempelajari pertanyaan-pertanyaan ini sangat di perlukan.

8. Menjaga Diri dengan Baik

Pada saat melakukan wawancara, pastinya akan tampil dengan membawa tubuh kamu. Hal ini sangat di perlukan karena jika kondisi badan sedang sehat mungkin kamu akan tampil lebih percaya diri, namun jika kondisi badan sedang tidak baik tentunya ini akan mengganggu konsentrasi.

Itulah beberapa cara atau tips yang harus kamu lakukan untuk mengatasi rasa gugup atau grogi ini. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru