8 Cara Mengatasi Keputihan Wanita Dengan Bahan Alami

Resa Azzahra 0 Komentar

Keputihan adalah proses lazim & keputihan biasanya hilang sendirinya. Namun jika merasa tak nyaman bisa gunakan cara mengatasi keputihan ini

Indiffs – Keputihan adalah proses alami dan lazim dalam tubuh. Namun jika Anda risih dengan adanya keputihan, Anda bisa lebih memperhatikan kebersihan vagina sebagai salah satu cara sebagai upaya mengatasi keputihan dengan cara alami.

Keputihan akan terjadi ketika wanita memasuki masa menstruasi. Tapi ada kemungkinan keputihan yang tidak normal akibat dari masalah kesehatan, seperti infeksi tertentu. Keputihan abnormal ini bisa berwarna kecokelatan, kuning, abu-abu, atau hijau. Cairan juga mungkin lebih tipis ataupun tebal. Baunya pun berubah menjadi lebih amis atau mirip logam. Selain itu, ada gejala yang menyertai seperti sakit atau gatal di bagian vagina.

Cara Mengatasi Keputihan

Meskipun keputihan ini normal, akan tetapi jika mengalami keputihan dalam jumlah banyak bisa membuat wanita  merasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan cara dibawah ini:

1. Perhatikan Kebersihan Vagina

Selalu memperhatikan kebersihan area vagina hingga anu setelah dari toilet untuk mencegah adanya bakteri. Dan sebaiknya cuci vagina dengan air secara lembut. Setelah dari kamar mandi, jangan lupa untuk selalu mengusap dari depan ke belakang, hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina.

2. Menjaga Area Intim

Sebaiknya jaga area intim agar tetap kering. Pasalnya, area intim yang lembap adalah kondisi yang disukai oleh bakteri dan jamur untuk bertumbuh. Hal ini akan terjadi infeksi pada vagina hingga munculnya keputihan. Sebaiknya jaga selalu area intim saat mengalami keputihan dan ganti celana dalam ketika sudah terasa basah.

3. Jangan Sembarangan Memakai Produk Kewanitaan

Sebaiknya lebih teliti lagi dalam mencari produk kewanitaan. Pasalnya, ada produk kewanitaan yang dapat merusak keseimbangan mikrobiota alami yang terdapat pada vagina. Apalagi apa yang Anda pakai merupakan sabun beraroma. Saat membersihkan vagina, Anda tidak perlu memasukkan sabun langsung ke dalam. 

Tidak memakai produk kewanitaan juga tidak akan apa-apa, pasalnya vagina adalah organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Jadi jika Anda salah memilih bukannya dapat membantu mengatasi keputihan, malah bisa memperparah keputihan.

4. Kompres Dingin

Jika Anda merasa tak nyaman, merasa seperti gatal atau bengkak pada vagina pada saat mengalami keputihan. Anda bisa menggunakan kompresan air dingin guna meringankan rasa tak nyaman. Caranya dengan mengopres vagina menggunakan es atau waslap lembut yang direndam dalam air dingin.

5. Meminum Air Beras

Air beras memiliki sumber pati yang mempunyai sifat demulcent yang dapat mengobati peradangan dan gatal-gatal. Anda bisa mencobanya dengan cara mencuci beras dan saring airnya lalu minum secara rutin sampai keputihan membaik.

6. Mengonsumsi Pisang

Kandungan serat tinggi dalam pisang dapat mengatasi keputihan yang tidak normal. Dengan mengonsumsi pisang yang matang merupakan cara mudah serta efektif untuk menghentikan masalah adanya keputihan.

7. Mengonsumsi Yoghurt

Yoghurt yang memiliki rasa asam serta menyegarkan merupakan salah satu cara terbaik dalam menghilangkan keputihan yang memiliki bau tak sedap. Jadikan yoghurt sebagai cemilan rutin agar keputihan dapat teratasi.

8. Rebusan Daun Sirih

Zat yang terdapat pada daun sirih memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur, buktinya banyak produk pembersihan miss v yang menggunakan ekstrak sirih. Cara nya, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun siri dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setengahnya dan minum air rebusan nya setiap hari, bisa juga dengan mengaplikasikannya pada vagina.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru