8 Cara Mengatasi Mual dengan Cepat dan Tanpa Obat, Manjur!

Hannii 0 Komentar

Cara mengatasi mual bisa dilakukan secara alami dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

INDIFFS.COM – Cara mengatasi mual bisa dilakukan secara alami dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Umumnya, seseorang bisa mengalami mual akibat mabuk perjalanan atau karena mencium suatu aroma yang terlalu menyengat.

Dalam istilah medis, mual dikenal sebagai nausea. Ketika berakhir muntah, efek itu disebut vomitus. Pada dasarnya, rasa mual merupakan reaksi peringatan tubuh bahwa ada yang tidak beres di organ pencernaan atau tubuh sedang kemasukan racun (toksin).

Penyebab mual antara satu orang dengan yang lainnya beragam. Ada orang yang sensitif terhadap aroma, kondisi visual yang menjijikkan, makanan, obat-obatan dan efek kondisi medis tertentu.

Melansir Cleveland Clinic, rasa mual bukanlah penyakit, melainkan gejala dari sejumlah kondisi tertentu, mulai dari infeksi, keracunan, migrain atau tanda-tanda awal kehamilan karena perubahan hormon.

Cara Mengatasi Mual

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara mengatasi mual secara alami yang bisa dilakukan di rumah dengan hasil yang efektif.

  • Ambil Nafas Dalam-Dalam Secara Teratur

Saat mual, coba kendalikan pernapasan jadi lebih dalam dan teratur. Ambil napas dalam-dalam lewat hidung dan hitung sampai tiga hitungan, setelah itu tahan napas selama tiga hitungan, baru hembuskan napas sampai hitungan ketiga. Lakukan pernapasan dalam ini sampai mual reda.

  • Perbanyak Menghirup Udara Segar

Salah satu cara mengatasi mual yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan memperbanyak menghirup udara segar. Cara mengatasi mual dengan menghirup udara segar bisa membantu menghalau udara atau aroma yang menjadi penyebab rasa mual.

  • Konsumsi Minuman atau Menghirup Aroma Peppermint

Cara mengatasi mual selanjutnya yang bisa dilakukan mengunakan minuman dengan bahan peppermint. Selain itu, bisa juga dengan menghirup aroma peppermint.

Tumbuhan peppermint bermanfaat meredakan mual berkat efek aroma terapi yang dihasilkan. Cara menggunakannya cukup dengan peppermint ke dalam minuman hangat untuk dikonsumsi atau menghirup produk aroma terapi dengan bahan peppermint.

  • Pijat Sampai Rileks

Stres termasuk salah satu penyebab mual. Untuk itu, coba buat pikiran rileks dengan pijat. Ketika mual menyerang, coba pijat lengan bagian bawah, kaki bagian bawah atau bagian otot-otot yang tegang selama 20 menit.

  • Meditasi

Seperti pijat yang dapat mengendurkan otot dan membuat pikiran rileks, meditasi juga bisa membantu mengatasi mual. Coba lakukan meditasi dengan fokus pada napas panjang sembari memejamkan mata selama beberapa saat. Kamu bisa membayangkan sedang berada di tempat santai selama meditasi.

  • Gunakan Jahe

Kamu bisa memanfaatkan jahe yang ada di dapur untuk meredakan mual. Menurut NCBI yang diterbitkan dalam PubMed Central, sejak dulu jahe sudah digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi mual ataupun muntah.

Selain mudah didapat dan murah, jahe juga aman dan efektif meredakan mual yang dialami. Kamu bisa makan potongan kecil jahe dan meminum air rebusan atau teh jahe.

  • Tetap Terhidrasi

Tidak makan atau minum ketika mengalami mual berisiko menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Meski terasa sulit, tapi kamu harus tetap minum air putih agar mual tidak semakin parah. selain air putih, minuman seperti teh dan infused water buah-buahan juga bisa menjadi sumber hidrasi saat mual.

  • Istirahat

Selama mual kambuh, terutama mual karena infeksi virus dan gangguan pencernaan, coba untuk banyak istirahat. Hindari stres yang bisa membuat pikiran makin stres dan mual semakin parah.

Itulah 8 cara mengatasi mual yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika mual terkait perawatan kanker atau mabuk perjalanan, konsumsi obat untuk mencegah muntah penyebab mual umumnya tidak berbahaya. Namun, kamu perlu waspada dehidrasi apabila mual sampai memicu muntah terus-menerus.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru