8 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah, Yuk Ubah Pola Hidup!

Resa Azzahra 0 Komentar

Jika kamu memiliki penyakit darah rendah, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah berikut ini sebagai obat sehari-hari

INDIFFS.COM – Tekanan darah rendah atau hipotensi dengan tekanan darah kurang dari 90/60mmHg. Tekanan darah rendah bisa terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung lama alias kronis. Untuk itu sebaiknya bagi pengidap perlu mengetahui cara untuk mengatasi tekanan darah rendah dengan benar dan efektif. 

Tekanan darah dapat diukur dengan menggunakan milimeter air raksa (mmHg). Tekanan darah rendah atau hipotensi paling sering didefinisikan sebagai pembacaan yang lebih rendah dari 90 mmHg di atas 60 mmHg. Namun, kebanyakan dokter hanya akan menggambarkan tekanan darah rendah sebagai masalah jika seseorang memiliki gejala tekanan darah rendah.

Darah rendah tidak menjadi masalah jika tidak ada gejala yang muncul. Namun, ketika tekanan darah rendah menyebabkan gejala, itu bisa menjadi tanda bahwa darah tidak cukup sampai ke organ. Jika ini terjadi terlalu lama, dapat menyebabkan konsekuensi serius, termasuk:

  • Terkejut
  • Pukulan
  • Serangan jantung
  • Gagal ginjal

Cara Mengatasi Darah Rendah

Kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah rendah tidak memerlukan obat atau inversi medis lainnya untuk meningkatkan tekanan darah. Inilah beberapa cara untuk mengatasi tekanan darah rendah.

1. Makan Lebih Banyak Garam

Berlawanan dengan saran populer, diet rendah sodium tidak baik untuk semua orang dengan masalah tekanan darah. Orang dengan tekanan darah rendah harus mempertimbangkan untuk meningkatkan asupan natrium mereka secara moderat untuk membantu meningkatkan tekanan darah.

2. Hindari Minuman Beralkohol

Alkohol dapat menurunkan tekanan darah lebih lanjut, sehingga orang dengan tekanan darah rendah harus menghindari minum alkohol dalam jumlah berlebihan.

3. Silangkan Kaki Sambil Duduk

Menyilangkan kaki sambil duduk terbukti meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi masalah. Untuk orang dengan gejala tekanan darah rendah, menyilangkan kaki dapat membantu meningkatkan tekanan darah dengan sedikit usaha.

4. Rutin Minum air

Minum lebih banyak air dapat membantu meningkatkan volume darah, yang dapat mengurangi salah satu penyebab potensial tekanan darah rendah. Ini juga dapat membantu menghindari dehidrasi .

5. Sering Makan Dengan Porsi Kecil

Lebih sering makan sepanjang hari dapat membantu dengan tekanan darah rendah. Ini karena makanan dengan porsi kecil dapat membantu mencegah penurunan tekanan darah yang terkait dengan makan makanan yang lebih besar dan lebih berat.

6. Pakai Stoking Kompresi

Stoking kompresi membantu mengurangi jumlah darah yang tersangkut di tungkai bawah dan kaki, jadi pindahkan ke tempat lain. Stoking kompresi juga digunakan untuk membantu meringankan tekanan dan rasa sakit yang berhubungan dengan varises .

7. Hindari Perubahan Posisi Mendadak

Duduk atau berdiri dengan cepat dapat menyebabkan perasaan pusing atau kemungkinan pingsan pada orang dengan tekanan darah rendah. Dalam kasus ini, jantung tidak memompa cukup darah ke seluruh tubuh dengan cukup cepat untuk menjelaskan perubahan posisi atau ketinggian yang tiba-tiba.

8. Makan Makanan Seimbang

Tekanan darah rendah dan efek samping lainnya dapat terjadi jika kamu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Rendahnya kadar vitamin B12, asam folat, dan zat besi dapat menyebabkan anemia. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak dapat membuat cukup darah dan dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Demikianlah beberapa cara mengatasi darah rendah secara cepat yang bisa kamu lakukan dan perhatikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru