8 Cara Mengatasi WhatsApp Pending Padahal Sinyal Lancar

Hani Hnsa 0 Komentar

WA pending ditandai pesan tidak bisa terkirim dan muncul ikon jam di bubble chat. Lalu, bagaimana cara mengatasi WhatsApp pending? simak.

INDIFFS.COM – Dalam kondisi tertentu, aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA bisa saja mengalami gangguan. Salah satu gangguan tersebut seperti pesan WhatsApp tidak bisa terkirim alias pending. Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi WhatsApp pending.

Salah satu penyebab WhatsApp pending atau tidak terkirim kemungkinan ada pada penerimaan sinyal yang kurang bagus. Jadi, hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek sinyal operator yang digunakan, bisa saja hilang atau sedang mengalami gangguan.

Namun, yang menjadi masalah yaitu kenapa WhatsApp pending padahal sinyal bagus? Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama bagi pesan yang di kirim sifatnya penting.

Cara Mengatasi WhatsApp Pending

Masalah WhatsApp pending padahal sinyal bagus salah satunya bisa disebabkan lantaran terdapat bug pada aplikasi. Bug di aplikasi WhatsApp bisa berpotensi mengganggu pengoperasian layanan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara untuk mengatasi WhatsApp ketika pending alias tidak terkirim:

1. Pastikan HP Ter-koneksi dengan Internet

Sebelum memasuki tahap untuk cara mengatasi WhatsApp pending, yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa HP kamu benar-benar ter-koneksi dengan jaringan internet. Mungkin bisa saja kamu lupa menyalakan paket data, sehingga kamu tidak bisa mengirim pesan di WhatsApp.

Kalaupun kamu sedang tidak mengaktifkan paket data, mungkin kamu bisa ter-koneksi dengan WiFi. Pastikan bahwa HP kamu memang sudah ter-koneksi dengan internet, karena bagaimanapun WhatsApp membutuhkan internet agar bisa digunakan.

2. Ubah Setting Jaringan ke 3G atau 4G Only

Bila pesan WhatsApp kamu sering pending atau tidak sampai, maka kamu bisa mengecek jaringan internet yang kamu pakai. Sebab bisa saja jaringan internet yang kamu pakai sedang error.

Selain itu, pastikan setting HP kamu sedang menggunakan jaringan internet terbaik agar pesan WhatsApp bisa dikirim lebih cepat. Jika perlu. ubah setting jaringan selular HP dengan menggunakan jaringan 3G atau 4G saja.

3. Hapus Cache

Cache merupakan data sementara yang tersimpan oleh HP dengan tujuan untuk mempercepat waktu proses aplikasi ter-install. Sayangnya, menumpuk nya data chace membuat performa HP kerap menurun.

Menumpuk nya data chace biasanya dihasilkan oleh aplikasi yang paling sering kamu gunakan. maka dari itu, tidak masalah melakukan hapus cache HP. Cara ini terbukti efektif mengatasi masalah WhatsApp pending.

4. Memperbarui Versi Aplikasi WhatsApp

Cara untuk mengatasi WhatsApp pending padahal sinyal bagus juga bisa dilakukan dengan memperbarui versi aplikasinya. Pembaruan versi aplikasi WA biasanya membawa perbaikan pada sejumlah gangguan.

5. Manfaatkan Mode Pesawat

Cara selanjutnya yaitu kamu bisa menyalakan mode pesawat di dalam menu setting lalu mematikannya lagi setelahnya. Jika kamu mengaktifkan lalu mematikan mode pesawat, maka itu sama dengan me-restart kembali semua jaringan yang terhubung pada HP.

Tapi, terkadang tidak cukup sekali melakukan cara ini, ada kondisi dimana harus melakukannya berkali-kali terlebih dahulu. Biasanya jaringan internet akan kembali normal dan kamu bisa mengakses internet kembali.

6. Upgrade WhatsApp

Sering kali terdapat notifikasi untuk meng-upgrade aplikasi yang dimiliki. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang mengabaikannya. Padahal ini adalah saran yang baik demi kelancaranmu dalam menggunakan aplikasi. Begitu juga dengan WhatsApp, jika kamu belum meng-upgrade versi terbarunya, bisa jadi menyebabkan pesan yang harusnya terkirim menjadi pending.

7. Restart HP

Permasalahan pending nya WhatsApp tidak melulu mengenai jaringan internet ataupun aplikasi lain yang ada di HP. Bisa jadi masalah WhatsApp pending timbul karena HP kamu yang agak bermasalah. Untuk mengatasinya, cari sinyal memberikan solusi untuk melakukan restart pada HP kamu.

Cobalah untuk melakukan restart pada HP, kemudian jalankan lagi aplikasi WhatsApp seperti biasa. Kirim ulang pesan WhatsApp yang sebelumnya mengalami pending. Biasanya, dengan cara ini maka WhatsApp akan lebih lancar dan normal.

8. Cek Gangguan Server WhatsApp

Untuk memeriksa apakah server WhatsApp tengah mengalami gangguan, sehingga pesan jadi pending atau tidak bisa terkirim, caranya adalah dengan mengakses situs web https://downdetector.id.

Situs tersebut akan menyediakan laporan jika terjadi gangguan pada server di beberapa platform digital, tak terkecuali WhatsApp. Jika ditemukan gangguan server WhatsApp, tunggulah sejenak hingga pengembang berhasil mengatasinya.

Demikianlah informasi terkait cara mengatasi WhatsApp ketika pending padahal sinyal bagus dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru