8 Cara Menjaga Pori-Pori Wajah Agar Tetap Cantik Saat Nataru

Resa Azzahra 0 Komentar

Sebentar lagi hari natal dan tahun baru nih! Siap untuk tampil cantik? Berikut ini ada cara mudah menjaga pori-pori agar wajah tetap cantik.

INDIFFS.COM – Cara menjaga pori-pori sangat penting untuk kita ketahui. Sebab kita menjadi kurang pede ketika akhir tahun dan pekan wajah kita banyak jerawat karena pori-pori tersumbat. Produksi sebum berlebihan merupakan penyebab tersumbat nya pori-pori menjadi membesar, sehingga kulit wajah terlihat kusam dan mudah berjerawat.

Fungsi pori-pori wajah yaitu untuk keringat keluar melalui kulit serta membuang racun. Namun, pori-pori wajah dapat menjadi bermasalah ketika ia menjadi membesar atau tersumbat. Pori-pori wajah yang tersumbat karena kelenjar minyak dapat menjadi penyebab dari munculnya komedo hingga jerawat.

Cara Menjaga Pori-Pori Wajah

Lantas, sebenarnya bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah? Simak penjelasannya berikut ini ya.

  • Selalu Rutin Membersihkan Wajah

Rutinlah mencuci wajah dengan benar agar pori-pori terjaga. Ada juga beberapa hal yang penting untuk di perhatikan. Ketika membersihkan wajah sebaiknya gunakan air hangat, basuh wajah menggunakan handuk atau kain lembut. Hindari menggosok wajah terlalu kasar agar tidak terjadi iritasi. Jangan lupa pilih face wash atau pembersih wajah yang lembut dan bersifat noncomedogenic, tujuannya untuk mencegah pori-pori wajah tersumbat.

  • Pakai Tabir Surya

Hal ini penting dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat mengurangi elastisitas kulit dan membuat pori-pori tampak lebih besar. Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 selama 15 menit sebelum beraktivitas diluar. 

  • Gunakan Pelembap

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak adalah menghindari pelembap, karena khawatir kulit wajah mereka akan semakin berminyak. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah untuk mengecilkan pori-pori sekaligus menjaga wajah tetap lembap dan elastis.

  • Double Cleanse

Kotoran di wajah kadang tidak bisa terangkat hanya dengan mencuci wajah dengan sabun. Maka dari itu, rajinlah melakukan double cleanse alias membersihkan wajah secara ganda bisa membantu mengecilkan pori-pori. Caranya, bisa menggunakan toner, micellar water, atau gel pembersih sebelum mencuci wajah.

  • Rutin Masker Wajah

Menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan alami, seperti oatmeal dan tomat, juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah serta mencegah pori-pori tersumbat dan terlihat besar. Pakai secara rutin 1–2 kali seminggu dapat mengatasi pori-pori besar pada wajah. Ada beragam masker wajah yang dapat digunakan untuk kecocokan wajah mu.

  • Tetap Terhidrasi

Air putih tak hanya berpengaruh bagi kesehatan tubuh, melainkan sangat penting bagi kesehatan wajah yakni kecantikan. Air dalam tubuh diklaim dapat melembapkan kulit secara internal dan mengeluarkan racun dari pori-pori dengan meningkatkan kesehatan seluruh kulit. 

  • Konsumsi Makanan Sehat

Perawatan kulit wajah dari dalam bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Hindari makanan yang mengandung banyak gula jika kamu ingin kulit lebih sehat. Ini merupakan perawatan kulit wajah dari dalam tubuh karena hal tersebut juga menjadi faktor pendukung.

  • Hindari Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah merupakan kebiasaan yang sering kita lupakan. Sebaiknya cuci tangan dengan sabun hingga bersih, setelah itu boleh menyentuh wajah. Sebab jika kita menyentuh wajah dengan tangan kotor, bakteri di tangan dapat berpindah ketanggan dan memicu penyumbatan. 

Demikianlah beberapa cara sederhana yang dapat kita lalukan dalam menjaga kesehatan kulit wajah dari pori-pori kesumbat. Semoga dapat membantu ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru