8 Cara Mudah Membasmi Kutu Kasur Bersarang, Dijamin Efektif!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kutu kasur kerap membuat seseorang tak nyaman, untuk itu kamu perlu mengtahui cara membasmi kutu kasur dengan mudah. Simak disini!

INDIFFS.COM – Kehadiran bedbugs atau kutu kasur tak dapat diremehkan begitu saja. Pasalnya bukan hanya mengganggu, tapi kutu kasur ini menjadi sumber penyakit bagi manusia. Untuk itu, membasmi kutu kasur ini sangat penting di perhatikan.

Namun, keberadaan kutu kasur ini tak bisa dibasmi begitu saja dengan menggunakan obat serangga atau insektisida. Sebab, kutu kasur dapat dengan mudah berpindah pada pakaian, perabot, hingga perlengkapan tidur.

Cara Membasmi Kutu Kasur

Karena ukurannya kecil, banyak yang tidak menyadari bahwa serangga ini hinggap di kulit dan menyebabkan gatal hingga alergi. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu harus memahami cara basmi kutu kasur yang benar, diantaranya sebagai berikut:

1. Mencari Sumber Hama Berasal

Ini menjadi hal pertama yang harus kamu lakukan, agar dapat menghilangkan kutu kasur tersebut. Pasalnya dengan mengetahui sumbernya berasal. Kita dapat dengan mudah membasminya.

Adapun beberapa tanda keberadaannya ialah seperti, bintik hitam di kasur yang mungkin itu ialah kotoran kasur. Kemudian, perhatikan pula bekas cangkang berwarna ke kuningan yang tertinggal di sekitar kasur.

Kamu juga bisa memeriksa di celah-celah sempit sekitar kasur. Seperti kepala kasur, bantal, hingga di balik pigora dinding.

2. Gunakan Vacum Cleaner

Vacum cleaner menjadi cara yang paling cepat dan mudah. Caranya juga sangatlah mudah, arahkan saja vacum ke berbagai celah tersembunyi di sekitar area yang telah kamu ketahui keberadaannya. Misalnya seperti di sekitar kasur termasuk sela lemari, bawah karpet, hingga pada celah barang-barang elektronik.

3. Menjemur Kasur

ini menjadi selain cara diatas, kamu juga bisa melakukan cara ini. Meski terbilang sederhana menjemur kasur juga dapat menghilangkan kutu kasur. Yang mana nantinya serangga kutu kasur tersebut akan kepanasan dan meninggal kan area tersebut.

Namun, jangan lupa juga untuk menjemur bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari langsung. Selama proses penjemuran, sebaiknya pindahkan barang yang ada di kamar agar debu dan tungau tidak menyebar ke tempat lain.

4. Menaburkan Silica Gel

Mungkin sebagian dari kamu pernah menemukan bungkusan silica gel? ya silica gel dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan kutu kasur lho. Yang mana silica gel sendiri berfungsi untuk mencegah kelembapan yang berlebihan pada produk

Nah, silica gel ini biasa kamu temui di kemasan suatu produk. Dengan menaburkan silica gel di seluruh kasur, kutu kasur akan mati secara perlahan.

5. Perbaiki Tembok atau Lantai yang Retak

Siapa sangka, ternyata salah satu penyebab munculnya kutu kasur ini merupakan tembok datu lantai yang retak. Nah untuk itu, apabila terdapat retakan di tembok atau lantai, segera perbaiki dengan cara ditambal.

Hal ini bertujuan agar kutu tidak memiliki tempat persembunyian di rumah kamu. Sebaiknya juga gunakan vacum cleaner untuk menyedot kutu hingga tuntas pada retakan tersebut.

6. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh dapat membantu membasmi kutu karena baunya yang kuat dan tajam. Namun dengan menyemprotlan minyak pohon teh di area kasur, ini dapat membuat kutu kasur tidak nyaman, nantinya kutu kasur akan hilang.

7. Garam

Bukan hanya menjadi sebagai salah satu bahan dapur, garam juga dapat difungsikan sebagai alternatif untuk menghilangkan kutu kasur. Untuk melakukannya, kamu bisa mencampurkan garam dengan air secukupnya dan memasukannya ke dalam botol semprot. Kemudian, Gunakan garam untuk menyemprot semua area yang diduga menjadi sarang kutu kasur.

8. Cuka

Lagi-lagi bumbu dapur yang bisa dijadikan sebagai bahan penghilang kutu kasur. Ya, cuka dipercaya dapat basmi kutu kasur yang bersarang. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Yakni dengan masukkan cuka ke dalam botol semprotan, kemudian semprot cuka ke tempat bersarangnya kutu kasur. Untuk melakukan cara ini, kamu tidak perlu mencampurkan cuka dengan air.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kasur yang bersarang di tempatmu. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru