8 Dampak Minuman Keras Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

Hanni Hnsa 0 Komentar

Dampak minuman keras bagi kesehatan tentunya sudah banyak diketahui orang-orang, apalagi jika mengonsumsi nya secara berlebihan.

INDIFFS.COM – Dampak minuman keras bagi kesehatan tentunya sudah banyak diketahui orang-orang, apalagi jika mengonsumsi nya secara berlebihan. Walaupun begitu, masih banyak saja orang-orang yang tidak menghiraukan berbagai dampak buruk minuman keras bagi kesehatan tubuh.

Seseorang yang mengonsumsi alkohol berlebih bahkan berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan, seperti rusaknya organ vital, dehidrasi, hingga menurunnya kerja otak. Bahkan tidak sedikit juga terkuak temuan orang meninggal setelah menenggak minuman keras, terutama secara berlebih dan di oplos.

Dampak Minuman Keras

Bahaya minuman keras bagi kesehatan perlu segera dihindari agar tidak menimbulkan penyakit. Mengonsumsi alkohol, terlepas dari banyak atau tidaknya, tetap saja tidak mengurangi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh zat tersebut.

Melansir dari berbagai sumber, berikut dampak minuman keras bagi kesehatan tubuh dan mental:

  • Meningkatkan Risiko Kanker

Selain itu, bahaya minuman keras bagi kesehatan berikutnya adalah meningkatkan risiko kanker. Semakin sering kamu minum alkohol, semakin besar pula risiko terkena kanker dan meninggal akibat penyakit tersebut.

Alkohol adalah senyawa karsinogen yang dapat sangat mudah memengaruhi bagian sekitar kepala dan leher. Selain kanker hati, jenis kanker lain yang juga dapat terjadi akibat sering mabuk adalah kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker usus besar, bahkan kanker payudara.

Bahkan, minum minuman keras dalam jumlah banyak dan rutin, apalagi diikuti oleh kebiasaan merokok telah dikaitkan dengan peningkatan kanker mulut dan tenggorokan hingga 80 persen pada pria dan 65 persen pada wanita.

  • Kerusakan Hati

Alkohol adalah racun dan adalah tugas hati kita untuk mengeluarkannya dari tubuh. Tetapi, hati tak bisa bekerja dengan baik jika kita minum terlalu banyak dan terlalu cepat. Dampak negatif minuman keras alkohol dapat membunuh sel-sel hati dan menyebabkan sirosis.

Mengutip Mayo Clinic, sirosis adalah tahap akhir jaringan parut (fibrosis) hati yang disebabkan oleh berbagai bentuk penyakit dan kondisi hati, seperti hepatitis dan alkoholisme kronis. Penggunaan alkohol dalam jangka panjang dan berat akan membuat hati menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Perlemakan Hati

Perlemakan hati adalah penumpukan lemak pada hati yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak atau terlalu sering. Umumnya, gejala perlemakan hati tidak dirasakan penderitanya . Meski demikian, penyakit ini bisa berkembang menjadi peradangan hati (hepatitis).

Perlemakan hati dapat disembuhkan dengan cara menghentikan konsumsi minuman beralkohol, menjalani pola makan yang sehat, berolahraga secara rutin, dan menjaga berat badan tetap ideal.

  • Menimbulkan Masalah Pencernaan

Bahaya minuman keras bagi kesehatan lainnya adalah menimbulkan masalah pencernaan. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan.

Rusaknya saluran pencernaan ini membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan sempurna, sehingga kamu mudah mengalami kekurangan nutrisi. Selain merusak pencernaan, bahaya alkohol yang dikonsumsi berlebih juga dapat menyebabkan luka di dinding lambung (gastritis) bahkan kanker di saluran pencernaan.

  • Penuaan Dini

Merangkum WebMD, alkohol dikaitkan erat dengan usia dalam banyak hal. Misalnya, seseorang harus cukup umur dulu untuk meminumnya secara legal. Sementara itu, begitu usia sudah matang dan memilih mengonsumsi alkohol, seseorang bisa berhadapan dengan risiko menua lebih cepat (penuaan dini).

Minum banyak alkohol dapat berdampak langsung pada kesehatan tubuh dan mental seseorang seiring bertambahnya usia. Alkohol juga memiliki beberapa efek tidak langsung yang siap dirasakan di kemudian hari.

  • Organ Vital Jadi Lebih Lemah

Alkohol dapat memengaruhi cara kerja beberapa organ vital dan membuatnya menua lebih cepat. Sementara peminum berat lebih cenderung memiliki sirosis (kerusakan permanen pada hati), bahkan minum dalam jumlah sedang dapat menyebabkan masalah seperti penyakit hati berlemak. Alkohol juga dapat mempersulit ginjal untuk melakukan pekerjaannya.

  • Kecanduan Alkohol

Membuat kecanduan juga merupakan salah satu bahaya minuman keras bagi kesehatan. Meskipun menyadari bahaya alkohol, orang yang kecanduan akan terus-menerus mengonsumsi minuman beralkohol dan sulit untuk berhenti. Pada akhirnya, kebiasaan tersebut akan berdampak pada kesehatan maupun kehidupan sosial kamu.

  • Depresi

Bahaya minuman keras bagi kesehatan juga dapat memengaruhi mental. Sebagian orang menganggap bahwa mabuk dapat membantu mengatasi Depresi. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Mengonsumsi minuman keras secara berlebihan justru dapat menyebabkan atau memperberat depresi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mabuk memiliki risiko lebih tinggi untuk bunuh diri dan mengalami gangguan kecemasan. Hal ini terjadi karena saat kamu minum miras terlalu banyak, fungsi zat kimia otak yang mengatur mood akan terganggu, sehingga muncul gejala depresi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru