8 Fakta Unik Ikan Hiu Yang Jarang Diketahui

Ternyata ada hal-hal unik dari ikan hiu yang jarang diketahui. Simak yuk fakta unik yang jarang diketahui, berikut fakta ikan hiu:

indiffs – Siapa yang tidak takut jika melihat ikan hiu secara langsung? Ikan ini salah satu jenis ikan yang sebagian besar spesiesnya mempunyai ukuran raksasa, hiu dikenal sebagai predator laut paling berbahaya. Meski ikan hiu seringkali dikenal sebagai predator berbahaya, namun hal tersebut tidak selalu benar. Apa saja ya fakta unik dari ikan hiu? Berikut fakta unik mengenai ikan hiu yang jarang diketahui:

1.  Hiu Hidup Lebih Tua dari Dinosaurus

Ternyata hiu ditemukan jauh sebelum dinosaurus ada. Hiu muncul 410 juta tahun yang lalu, sementara dinosaurus ditemukan 230 juta tahun yang lalu. Namun, nasibnya berbeda dengan dinosaurus yang mengalami kepunahan massal 66 juta tahun yang lalu. Hiu dapat bertahan karena mengarungi samudra untuk berpindah tempat.

2. Hiu Punya Beberapa Kepribadian

Layaknya manusia, hiu juga mempunyai sifat kepribadian. Penelitian terbaru menemukan sejumlah hiu dapat memberi reaksi yang berbeda di situasi tertentu. Beberapa hiu ada yang mempunyai sifat pemalu dan mudah stres, ada pula yang berani dan tidak gampang stres.

3. Punya Masa Mengandung Paling Lama

Pada jenis tertentu, hiu mempunyai waktu mengandung paling lama dari binatang mana pun di dunia. Contohnya, spesies Chlamydoselachus anguineus atau Frilled Shark mengandung selama 3,5 tahun. Maka dari itu, hiu termasuk hewan dengan perkembangbiakan yang lambat. Apabila satu hiu mati, maka butuh waktu lama untuk kembali ada hiu baru dilahirkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hiu sejenis ini tidak banyak di lautan karena masa kehamilan yang lama.

4. Ukuran Hiu Mengecil dari Masa ke Masa

Perubahan iklim membuat ukuran tubuh hiu mengalami evolusi menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Air hangat menyebabkan hiu butuh lebih banyak energi untuk beraktivitas dan metabolisme tubuh. Selain itu, perubahan iklim juga berdampak pada berkurangnya ketajaman indra penciuman hiu untuk berburu.

5. Ikan Hiu Betina Hidup Berjauhan dengan Ikan Hiu Jantan

Selama penelitian yang berlangsung empat bulan, para ilmuwan mencatat 264 ikan hiu jantan dan 132 ikan hiu mako betina di kawasan Pulau Paskah, mereka menemukan bahwa ada pembagian yang jelas antara tempat tinggal ikan hiu mako betina dan jantan. Seorang ilmuwan berteori bahwa ini mungkin karena fakta, bahwa jantan sering menggigit pasangan yang diinginkannya, sehingga betina berusaha menghindarinya, namun fakta lainnya, gigitan menjadi bagian dari hubungan reproduksi ikan hiu betina dan jantan.

6. Tidak Semua Ikan Hiu adalah Predator yang Ganas

Untuk waktu yang lama, diketahui bahwa hiu martil berkepala kecil memakan ganggang hingga 62,1%. Sampai saat ini, tidak jelas apakah ikan tersebut bisa mencernanya, tetapi pada tahun 2018 dikonfirmasi melalui analisis isotop bahwa mereka memang hiu omnivora pertama yang diketahui.

7. Beberapa Spesies Ikan Hiu Dapat Mencapai Usia yang Luar Biasa

Para peneliti pada tahun 2016 menggunakan penanggalan radiokarbon dari 28 Ikan Hiu di Greenland dan menghasilkan temuan, bahwa satu betina mungkin bisa berusia sekitar 400 tahun.

8. Tidak Semua Ikan Hiu Ada di Air Asin

Ikan Hiu banteng adalah salah satunya, ia lebih baik menahan garam di dalam tubuh mereka, sehingga mereka bisa melakukan perjalanan di air tawar.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru