8 Kebiasaan Makan Yang Bikin Cepat Lapar, Jangan Disepelekan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Berikut terdapat beberapa kebiasaan makan yang di lakukan sehari-hari yang memengaruhi tubuh cepat merasa lapar.

Indiffs – Rasa lapar bisa menjadi tanda bahwa tubuh saat sedang membutuhkan asupan makanan. Biasanya rasa lapar ini menghilang setelah mengisi perut, tetapi kadang ada kondisi dimana perut mudah sekali lapar. Padahal, baru saja makan satu sampai dua jam yang lalu. Kondisi perut yang cepat lapar dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu dari kebiasaan makan.

Kebiasaan Makan yang Bikin Cepat Lapar

Terdapat beberapa kebiasaan makan yang kita lakukan sehari-hari dapat memengaruhi tubuh cepat merasa lapar:

1. Makan yang Terlalu Cepat

Rasa lapar yang datang kembali meskipun sudah menyantap suatu hidangan bisa jadi disebabkan karena Anda makan terlalu cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ketika makan terlalu cepat, seseorang akan merasa kurang kenyang ketimbang mereka yang makan dengan lebih lambat.

Bila Anda adalah salah satu orang yang terbiasa makan dengan cepat, mulai lah mencoba untuk mengunyah makanan lebih lambat lagi.

2. Makan Porsi Besar Tetapi Jarang

Ada mitos bahwa makan dengan porsi kecil namun sering akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Padahal, tubuh terbiasa dengan jarak makan yang sudah Anda lakukan setiap hari. Sehingga, ketika membiasakan diri untuk makan dengan porsi kecil namun sering, tubuh akan mengharapkan makanan setiap beberapa jam sekali.

Disarankan untuk makan dengan porsi besar karena cenderung lebih memuaskan rasa lapar. Usahakan membuat jarak antar makan besar setiap empat atau lima jam. Rutinitas ini akan membuatmu lebih jarang memikirkan makanan.

3. Tidak Memperhatikan Asupan Protein

Terkadang beberapa kebanyakan orang lupa memperhatikan asupan protein pada saat jam makan. Padahal kebiasaan makan seperti ini bisa membuat cepat lapar. Protein memiliki sifat pengurang rasa lapar yang dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak. Asupan protein yang cukup juga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi hormon yang mempengaruhi perasaan kenyang dan menunda hormon lapar.

4. Banyak Memakan Karbohidrat Olahan

Makanan dengan karbohidrat olahan dari tepung seperti roti, pizza dan pasta membuat perut lebih cepat lapar. Hal ini karena makanan karbohidrat olahan diproses dengan menghilangkan serat, vitamin dan mineral.

Selain yang berbahan dasar tepung, makanan seperti permen, soda dan makanan yang dipanggang dengan soda juga termasuk sebagai karbohidrat olahan. Cobalah untuk mengganti asupan dengan makanan yang dapat membuat kenyang lebih sama, seperti gandum, sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

5. Gula Darah Tinggi dan Resistensi Insulin

Penyebab cepat lapar meskipun sudah makan selanjutnya adalah gula darah yang tinggi dan resistensi insulin, memiliki dua hal tersebut secara signifikan dapat meningkatkan rasa lapar.

6. Makan Sambil Melakukan Hal Lain

Alasan yang sangat umum mengapa banyak orang masih merasa lapar setelah makan atau ngemil adalah makan sambil melakukan hal lain.

Ini mungkin menghemat waktu, tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan makan yang terganggu lebih mudah lapar daripada mereka yang tidak. Mengapa demikian? Karena, Anda lebih cenderung fokus pada apa yang dilakukan daripada apa yang Anda makan.

Untuk mengatasinya, lakukan yang terbaik agar dapat menghindari gangguan selama waktu makan atau camilan dan fokus hanya pada menikmati makanan Anda saja.

7. Kurang Meminum Air Putih

Hidrasi merupakan satu hal penting untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minum air yang cukup juga berdampak pada peningkatan kesehatan otak dan jantung, serta mengoptimalkan kinerja organ di dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan.

8. Kekurangan Serat

Jika pola makan yang kita konsumsi selalu kekurangan serat, maka itu bisa menjadi penyebab cepat lapar. Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menjaga rasa lapar agar tidak muncul lebih cepat. Makanan berserat tinggi juga mampu memperlambat laju pengosongan perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan rendah serat.

Demikianlah 8 kebiasaan makan yang bikin cepat lapar, jangan disepelekan ya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru