8 Keutamaan Al-Matsurat, Dianjurkan Dibaca Pagi Dan Sore Hari

Admin 0 Komentar

Al-Matsurat merupakan kumpulan dzikir dan doa yang dikumpulkan oleh Imam Hasan Al-Bana yang memiliki keutamaan apabila diamalkan.

INDIFFS.COMAl-Matsurat merupakan kumpulan dzikir dan doa yang dikumpulkan oleh Imam Hasan Al-Bana. Bacaannya diambil dari hadis-hadis Nabi Muhammad dan ayat-ayat Al-Quran. Kata Ma’tsur memiliki arti yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW. Ada berbagai keutamaan Al-Matsurat jika mengamalkannya setiap pagi dan sore hari.

Keutamaan Al-Matsurat

Berikut ini terdapat berbagai macam keutamaan dalam membaca dan mengamalkan Al-Matsurat.

1. Disempurnakan Nikmat

Berdasarkan hadis Nabi yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Saunni telah dijelaskan bahwa barang siapa yang membaca ‘Allahumma inniasbahtu minka fi nikmati’ sebanyak tiga kali saat pagi dan sore hari maka Allah SWT. akan menyempurnakan nikmat atas dirinya, sehingga seseorang akan mendapat banyak limpahan kenikmatan baik itu dari segi rohani maupun jasmani.

2. Dicukupkan Segala Kebutuhannya

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Turmudzi bahwa, “Barang siapa yang membaca bacaan surat Al-Matsurat yaitu surat Al-Falaq dan An-Nass di pagi dan sore hari sebanyak 3 kali maka Allah SWT. akan mencukupkan segala kebutuhannya di dunia.”

3. Sebagai Tanda Syukur

Keutamaan Al-Matsurat yang lainnya yaitu sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud telah diterangkan bahwa jika seorang muslim membaca ‘Allahumma ashbaha…’ pada sore hari maka sejatinya dia telah bersyukur untuk kehidupan malamnya.

4. Teramasuk Ahli Syurga

Dalam Al-Matsurat kita juga membaca ‘Allahumma anta rabbi…‘ dan dalam riwayat Bukhari bahwa yang membacanya di siang hari. Kemudian mati hari itu sebelum sore hari maka dia termasuk ahli surga, dan siapa yang membaca pada malam hari yakin dengannya lalu ia mati sebelum pagi hari, maka dia termasuk ahli surga.

5. Rumah Terlindung dari Gangguan Setan

Hadis riwayat At-Thabrani dalam kitab Al-Kabir dan Al-Hakim menerangkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca 10 ayat dari surat Al-Baqarah di dalam rumahnya maka setan tidak akan mampu masuk ke dalam rumah tersebut hingga keesokan harinya. Kesepuluh ayat itu adalah empat ayat pertama surat Al-Baqarah, satu ayat kursi, dua ayat setelah ayat kursi, dan ditutup dengan tiga ayat terakhir surat Al-Baqarah.”

6. Mendapat Pahala Lebih Banyak

Berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Muslim telah diterangkan bahwa Rasulullah menemui Juwariyah yang berada dalam mushalanya. Beliau bertanya kepadanya mengapa dia berlama-lama berada di dalam mushala, padahal jika Juwariyyah membaca ‘Subhanallahu wabihandihi …’ sebanyak tiga kali maka pahalanya lebih berat dari apa yang telah dilakukan Juwariyah yaitu berlama-lama berada dalam mushala.

7. Dilindungi dari Bahaya dan Ancaman

Dari Utsman bin Affan RA berkata bahwa Rasulullah bersabda,”Tidak ada seorang hamba membaca pada pagi hari setiap hari dan pada sore hari setiap malam, ‘Bismillaahi lladzi laa yadzurru m’asmihi syai’un…‘ tiga kali maka tidak ada satu pun yang membahayakannya.” (HR. Abu dawud dan Turmudzi).

8. Mendapat Keridhaan dari Allah

Berdasarkan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Tirmidzi telah dijelaskan bahwa jika seorang muslim membaca ‘radhitubillahi rabba…‘ di waktu sore hari dengan ikhlas maka Allah SWT akan memberikan keridhaan kepadanya atas semua pekerjaan yang dilakukannya. Inilah salah satu manfaat dan keutamaan dalam membaca dzikir Al-Matsurat.

Demikian beberapa keutamaan dan manfaat jika seseorang mengamalkan dzikir Al-Matsurat pagi dan petang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru