8 Keutamaan Membaca Basmallah, Mendatangkan Keberkahan

Admin 0 Komentar

Sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk membaca basmallah sebelum melakukan aktivitas, serta terdapat keutamaan bagi orang yang membacanya.

INDIFFS.COM – Sebagai seorang umat muslim di anjurkan untuk membaca basmallah sebelum menjalankan segala aktivitas. Dengan membaca lafal ini dapat menjadi sebuah doa untuk meminta keberkahan serta keridhoan Allah SWT. Basmallah menjadi kalimat yang sering diamalkan sebagai dzikir. Juga, dengan membaca lafal basmallah ini, memiliki manfaat serta keutamaan yang luar biasa. 

Adapun lafal bismillah yang sering dibacakan, ialah:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahiim

Anjuran Membaca Basmallah

Seorang muslim di anjurkan untuk membaca, lafal bismillah sebelum mengerjakan aktivitas. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang pentingnya membaca basmallah tiap kali mengawali aktivitas.

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Artinya: “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillah’, maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahan nya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqath nya).

Adapun dalam Riwayat lain yang menjelaskan,

كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللهِ فَهُوَ أَبْتَرُ – أَوْ قَالَ : أَقْطَعُ –

Artinya: “Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka terputus berkahnya.” (HR. Ahmad)

Menurut pandangan Syekh Muhammad Mutawalli Asy Sya’rawi membaca ucapan basmallah ini memiliki keutamaan serta rahasia yang besar.

Salah satu alasannya adalah untuk memperoleh berkah dalam hal yang dimulai dengan menyebut nama Allah SWT itu. Menurutnya, ketika seseorang melakukan sesuatu, tindakannya membutuhkan banyak energi. Energi atau kekuatan itu haruslah diminta kepada Allah SWT yang Mahakuasa.

Itulah mengapa kita di anjurkan untuk berdoa dengan membaca bismillah sebelum melakukan pekerjaan yang akan dilakukan.

Keutamaan Membaca Bismillah

Adapun beberapa keutamaan besar yang didapat ialah,

  • Dekat dengan Allah

Seperti yang telah di ketahui bahwa di dalam lafal bismillah terdapat nama Asmaul Husna, Imam Abu Muhammad Abdur Rahman ibnu Abu Hatim mengatakan di dalam kitab Tafsir-nya:

 حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُسَافِرٍ، حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْمُبَارَكِ الصَّنْعَانِيُّ، حَدَّثَنَا سَلَّامُ بْنُ وَهْبٍ الجَنَديّ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عن بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. فَقَالَ: "هُوَ اسْمٌ مِنْ أَسْمَاءِ اللَّهِ، وَمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ اسْمِ اللَّهِ الْأَكْبَرِ، إِلَّا كَمَا بَيْنَ سَوَادِ الْعَيْنَيْنِ وَبَيَاضِهِمَا مِنَ الْقُرْبِ

Telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Ja’far ibnu Musafir, telah menceritakan kepada kami Zaid ibnul Mubarak As-San’ani, telah menceritakan kepada kami Salam ibnu Wahb Al-Jundi. Telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Tawus, dari Ibnu Abbas, bahwa Usman bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang basmallah. Beliau menjawab: Basmallah merupakan salah satu dari nama-nama Allah; antara dia dan asma Allahu Akbar jaraknya tiada lain hanyalah seperti antara bagian hitam dari bola mata dan bagian putihnya karena saking dekatnya.

  • Menutupi Aurat dari Jin

Keutamaan membaca basmallah selanjutnya ialah menutupi aurat dari penglihatan jin,

سَترُ ما بين أعينِ الجنِّ وعوْراتِ بني آدمَ، إذا دخل أحدُهم الخلاءَ أن يقولَ: بسمِ اللهِ

“Kamu akan menutupi apa yang ada di antara mata jin dan aurat anak-anak Adam. Ketika salah satu dari mereka memasuki toilet dia harus mengatakan: bismillah.”

  • Menghancurkan Setan

Telah kita tahu, bahwa setan merupakan musuh seorang muslim. Untuk itu kita dianjurkan untuk membaca basmallah dan meminta perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dan terlindungi dari godaan nya. Sebagaimana tertuang dalam hadist riwayat berikut,

قال صلى الله عليه وسلم: مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَ ذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ 

Artinya: “Apabila seorang hamba membaca kalimat bismillah, niscaya setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.” (HR.Muslim)

  • Mendatangkan Keberkahan

Dengan membaca bismillah, sebelum melakukan aktivitas yang dilakukan akan mendapatkan keberkahan dalam menjalankan.

كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللهِ فَهُوَ أَبْتَرُ – أَوْ قَالَ : أَقْطَعُ –

Artinya: “Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka terputus berkahnya.” (HR. Ahmad) 

Dengan mengucap lafal bismillah inilah, maka setan tidak akan mengganggu aktivitas yang kamu kerjakan.

  • Dicatat Sebagai Orang Baik

Dengan membaca serta mengamalkan basmallah, akan dicatat sebagai orang baik dan di jauhkan dari kekafiran dan kekufuran. Sebagaimana tertuang dalam Hadist berikut,

وقال صلى الله عليه وسلم: مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ 

Artinya: “Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka namanya akan ditulis sebagai orang yang baik dan terbebas dari kekafiran dan kekufuran.” (HR. Abu Daud)

  • Menghapus Dosa Kecil

Keutamaan membaca bismillah selanjutnya ialah dapat menghapus dosa, sebagaimana tertuang dalam hadist riwayat berikut,

وقالَ صلى الله عليه وسلم:مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّةً لَمْ يَ بْ قَ مِنْ ذُ نُوبِهِ ذَرَّةٌ 

Artinya: “Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.” (HR. Muttafaqun Alaih)

  • Malaikat Mencatat 400 Kebaikan

Sebagaimana ini tertuang dalam riwayat berikut,

وقال صلى الله عليه وسلم: مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْ مَائَةِ حَسَنَةٍ 

Artinya: “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca kalimat bismillah, kecuali Allah memerintahkan malaikat mencatat amal untuknya empat ratus kebaikan.” (HR. Muslim)

  • Terhindar dari Gunjingan

Nabi Muhammad SAW bersabda :

اِذَا قُمْتُمْ فَقُوْلُوْا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فَاِنَّ النَّاسَ اِذَا اغْتَابُوْكُمْ يَمْنَعُهُمُ الْمَلِكُ عَنْ ذَلِكَ

“Apabila kalian bangkit, maka ucapkanlah “Bismillaahir Rohmaanir Rohiim” (Dengan menyebut nama Allah yang selalu Penyayang, lagi Sangat Penyayang) dan “Shallallahu ‘ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi washohbihi wasallam” (Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada Baginda kami, Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau), maka sesungguhnya manusia, apabila mereka menggunjing kalian, maka Sang Raja (Allah SWT) akan mencegah mereka dari hal itu (gunjingan mereka)”. (Dalam Kitab Lubabul Hadits, dilansir dari muslimat nu kota Malang)

Itulah anjuran untuk membaca basmallah sebelum mengerjakan pekerjaan atau aktivitas, serta terdapat keutamaan bagi orang yang membacanya. Dengan membaca basmallah juga merupakan bentuk memohon perlindungan serta meminta keberkahan kepada Allah SWT. Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru