8 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil, Nomor 3 Mengagetkan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Berkat kandungan nutrisi, air kelapa muda ini dipercaya memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

INDIFFS.COM – Selain memiliki rasa segar, air kelapa sering disebut sebagai minuman yang bermanfaat untuk tubuh. Karena didalamnya terkandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Berkat kandungan nutrisinya itu, air kelapa muda dipercaya memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat beberapa manfaat minum air kelapa muda untuk kesehatan ibu hamil:

1. Mengandung Elektrolit Esensial

Selama kehamilan, kebutuhan elektrolit meningkat karena berbagai kondisi seperti mual dan diare. Kondisi tersebut sering membuat tubuh dehidrasi. Apalagi, jika Anda mengalami hipermesis gravidarium atau rasa mual ekstrem.

Tubuh Anda akan mengalami kekurangan elektrolit akibat muntah berlebihan. Nah, air buah ini memasok semua elektrolit esensial yang dibutuhkan ibu hamil seperti mineral, natrium, kalsium, kalium, dan fosfor. Kandungan elektrolit ini dapat menenangkan tubuh dan memberikan energi.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Menurut penelitian menyebutkan, orang yang mempunyai tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium rendah dalam tubuhnya. Oleh karena itu, air kelapa muda yang secara alami mengandung kalium dapat membantu mengatur tekanan darah.

Penelitian terbaru juga menyebutkan, dapat membantu peningkatakan HDL, atau kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Nah, itulah kenapa air buah ini dapat membantu ibu hamil terhindari dari penyakit kardiovaskular.

3. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Kandungan kalsium yang  penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Meski demikian, kandungan kalsium di dalamnya tidak dapat dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Hidrasi Alami

Air kelapa mengandung sekitar 95 persen air dari sumber yang terpercaya dan murni. Hal ini membuat air buah ini menjadi pilihan yang tepat selama kehamilan. Kandungan ini membuat air kelapa muda sebagai sumber hidrasi yang baik.

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Air kelapa muda dipercaya dapat mencegah infeksi pada saluran kemih. Dikatakan demikian karena dapat membantu membersihkan saluran kemih dan kandung kemih.

Selain itu juga di percaya mampu meningkatkan fungsi ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun di butuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

6. Menjernihkan Air Ketuban

Selama kehamilan, bayi akan menelan air ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine, lalu menelannya kembali untuk menjaga agar volume air ketuban tetap stabil. Namun jika menelan air ketuban yang keruh, bayi bisa mengalami sindrom aspirasi mekonium yang menyebabkan infeksi, masalah pernafasan, bahkan kematian.

Hal ini bisa dicegah dengan konsumsi air buah ini. Dengan kandungan elektrolit dan antioksidan di dalamnya, air ini juga dapat menyerap lendir dan kotoran dari air ketuban sehingga membuatnya tetap jernih.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa muda juga dipercaya dapat menurunkan dan mengontrol gula darah. Hal ini karena memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Namun, tidak di anjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia selama kehamilan, segera periksakan diri ke dokter.

8. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit merupakan gejala yang cukup umum di alami oleh ibu hamil. Bila tidak segera di tangani, kotoran akan menumpuk di organ-organ pencernaan dan menimbulkan penyakit.

Air kelapa muda dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang bisa melawan bakteri di organ pencernaan. Hal itu karena dapat mengubah asam larut menjadi monolarium yang merupakan antivirus untuk melawan bakteri pencernaan.

Nah, itulah beberapa manfaat air kelapa muda bagi kesehatan ibu hamil. Meski memiliki banyak manfaat, jangan sampai Anda hanya mengonsumsi air kelapa ini tanpa diimbangi air putih ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru