8 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Yuk Cari Tau Deh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Bukan hanya daging buahnya yang kaya manfaat. Manfaat daun sirsak sangat banyak dan bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

IndiffsSirsak salah satu buah yang banyak digemari lantaran rasanya yang asam manis. Tak hanya itu, buah ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan air yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya daging buahnya yang kaya manfaat, daunnya juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan manfaat daun sirsak sangat banyak. Bahkan seringkali daun dari tanaman sirsak menjadi obat herbal dengan perpaduan bahan alami lainnya.

Salah satu kandungan dalam daun sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan adalah acetogenin. Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh. Tak hanya itu, ada beberapa manfaat dari daun sirsak diantaranya sebagai berikut ini:

1. Obat Sariawan

Selain nutrisi yang melimpah, buah sirsak juga kaya akan Vitamin C-nya. Banyaknya kandungan vitamin ini dapat membuat sariawan yang kamu derita berangsur sembuh. Jika Anda mengalami sariawan, daun sirsak juga bisa digunakan untuk obat. Cara mengobati nya cukup mudah tumbuk daun sirsak kemudian rebus, lalu minum air rebusan nya.

2. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat ini muncul karena kandungan asam urat yang tinggi dan ditandai denan rasa sakit pada sendi. Untuk mengobati asam urat Anda bisa menggunakan bahan alami daun sirsak. Pasalnya, kandungan pada daun sirsak seperti, acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak (pilih yang agak tua) dengan 3 gelas air mineral. Rebus lah hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum dengan rutin setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

3. Mengobati Diabetes

Penyakit ini banyak di derita orang tanpa mengenal usia. Untuk mengobati diabetes maka Kadar gula di dalam darah harus dikontrol. Untuk mengatasi penyakit ini agar tidak semakin parah perlu usaha untuk menurunkan gula darah, salah satunya dengan daun sirsak.

Kandungan senyawa yang ada pada daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Karena daun sirsak mengandung banyak antioksidan yang di dalamnya terdapat senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Faedah dari antioksidan adalah untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

4. Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium atau tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

5. Mengobati Kolesterol

Khususnya bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, juga bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

6. Mengobati Kanker

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan acetogenin di dalam daun sirsak ternyata memiliki sifat antikanker yang kuat. Bahkan diketahui cara kerja dari daun sirsak ini hampir sama dengan pengobatan kemoterapi yang menghambat pembelahan DNA sel kanker.

Jika pembelahan sel dihambat, penyakit kanker bisa dicegah bahkan bisa disembuhkan. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa merebus ke dalam air kemudian minum setiap hati

7. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur menjadi masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Cara mengatasinya bisa dengan konsumsi bahan alami, seperti rutin mengkonsumsi daun sirsak. Kandungan tryptophan di dalam daun sirsak bisa memberikan efek rasa mengantuk yang akan membuat anda bisa lebih cepat tertidur. Dengan demikian insomnia bisa teratasi.

8. Menyembuhkan Infeksi dan Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya yakni bisa menyembuhkan infeksi karena daun ini memiliki kandungan flavonoid, saponin, alkaloid, dan tanin yang berperan sebagai anti bakteri. Senyawa aktif tersebut juga bisa melindungi paru-paru dari infeksi virus. Serta mampu meningkatkan imun tubuh.

Kandungan antioksidan seperti asam linoleat, annocatalin, annohexocin, dan anomurine di dalam daun sirsak ternyata berfungsi untuk melawan berbagai penyakit. Selain itu, senyawa baik lainnya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imun yang kuat, Anda bisa terhindar dari penyakit.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru