8 Manfaat Ikan Asin Bagi Kesehatan, No 5 Mengejutkan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ikan asin yang banyak disukai oleh hampir semua masyarakat ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Yuk simak manfaat ikan asin ini

IndiffsIkan asin adalah salah satu lauk makan yang banyak digemari masyarakat. Selain sambal dan kerupuk, ikan asin juga juga sering hadir menjadi pelengkap makanan. Tak hanya menggiurkan lidah. Ikan asin memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat ikan asin ini salah satunya dapat membantu kesehatan gigi dan tulang.

Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa ikan ini yang sering digunakan sebagai bahan lauk pauk itu, hanya dimakan untuk kalangan masyarakat bawah saja. Padahal kalau kamu tahu, ternyata ikan asin mengandung banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Manfaat Ikan Asin Bagi Kesehatan

Meski menawarkan manfaat bagi kesehatan, terlalu banyak mengonsumsinya juga ternyata berisiko. Jadi sebaiknya konsumsi dengan sewajarnya ya.  simak saja langsung manfaatnya berikut ini:

1. Data Menyembuhkan Luka

Manfaat dari ikan yang menggiurkan ini yakni, dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan asin berasal dari zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram ikan asin.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat yang kedua yakni, Kandungan kalsium dan fosfor menjadi salah satu kandungan yang paling tinggi pada ikan asin. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, antara lain menambah tinggi badan selama masa pertumbuhan, mencegah kelainan tulang, dan memperkuat struktur tulang.

3. Sumber Energi Tubuh

bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Apalagi jika dipadukan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi. Karena dari sebanyak 100 gram ikan asin kering bisa memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. 

4. Menjaga Sistem Imun

Ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kenapa begitu? Karena kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Jika sistem kekebalan tubuh kamu baik, maka kamu tidak akan mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Dan tak disangka juga Ikan asin memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa jenis kandungan ikan asin yang baik untuk manfaat kesehatan kulit kamu, seperti vitamin E, selenium, omega 3 dan asam lemak esensial.

6. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin juga sangat baik untuk ketahanan dan kekebalan tubuh kamu. Manfaat vitamin A ini, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kamu, seperti, mencegah katarak, mencegah mata minus dan plus serta mencegah degenerasi makula.

7. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah dan mencegah anemia. Sehingga dari kandungan Zat besi di dalam ikan asin ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia (gejala kekurangan darah).

8. Membantu Pertumbuhan Otot

Senyawa kandungan Protein ini akan sangat berguna untuk membangun otot dan meningkatkan massa otot, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program pembentukan otot. Ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gram protein per 100 gram

Dan itulah 8 manfaat ikan asin yang jarang diketahui. Yuk ketahui dari sekarang!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru